skip to main content

Optimasi Energy Saving Device (ESD) Propeller Boss Cap Fins (PBCF) dengan Metode Response Surface Method (RSM) terhadap Propeller INSEAN E779A

*Daviensya Giovancha Anabel Malingkas  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Andi Trimulyono  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Deddy Chrismianto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Banyak aspek yang harus diperhatikan dalam perencanaannya untuk mengoptimalkan pengoperasiannya. Salah satunya adalah perencanaan sistem penggerak, salah satunya adalah propeller. Salat satu upaya pengoptimalan propulsi kapal adalah dengan melakukan pemasangan Energy Saving Device (ESD) Propeller Boss Cap Fins (PBCF). Penelitian ini dilakukan untuk mengoptimalkan performa propeller INSEAN E779A dengan pemasangan ESD PBCF. Optimalisasi dilakukan dengan pendekatan statistic menggunakan metode Response Surface Methodology. Metode ini menganalisa permasalahan dimana beberapa variabel independen mempengaruhi variabel respon. Ide dasar metode ini adalah memanfaatkan desain eksperimen berbantuan statistika bertujuan untuk mencari nilai optimal dari suatu respon. Dalam penelitian ini ditentukan variabel optimasinya adalah nilai installation angle dengan nilai awal 60 derajat serta rasio r/R PBCF dengan nilai awal 0.25 dan menggunakan bantuan software Minitab. Model PBCF yang optimal didapatkan dengan memperkecil rasio r/R ke nilai 0.179289 serta nilai tengah installation angle PBCF dengan nilai 52.9298. Dari penelitian ini dapatkan performa propeller optimal dengan nilai thrust 1000.72 kN dengan peningkatan 8% dari sebelum dilakukan pemasangan PBCF
Fulltext View|Download
Keywords: Propeller; Propeller Boss Cap Fins; Response Surface Methodology
  1. A. F. Molland, “The maritime engineering reference book: a guide to ship design, construction and operation,” Elsevier Sci. Ltd, 2011
  2. I. P. M. Bayu Ade Mahaputra, Ahmad Fauza Zakki, “Analisis Pengaruh Konfigurasi Perubahan Sudut Rake Propeller B5-80 Terhadap Fatigue Life pada Kapal Kontainer 3600 TEUs,” Tek. Perkapalan, vol. 8, no. 3, pp. 301–311, 2020
  3. J. H. De Jong, “A Framework for Energy Saving Device (ESD) Decision Making,” Int. Conf. Sh. Effic., 2011, [Online]. Available: https://www.stg-online.org/onTEAM/shipefficiency/programm/06-de-Jong_Marin.pdf
  4. I. Ichwansyah, “Analisa Peningkatan Thrust Akibat Penerapan Energy Saving Device pada Kapal Perintis 500 DWT Menggunakan Metode CFD (COMPUTATION FLUID DYNAMIC),” J. Tek. Perkapalan, vol. 7, no. 3, 2019
  5. S. Gaggero, “Design of PBCF energy saving devices using optimization strategies: A step towards a complete viscous design approach,” Ocean Eng., vol. 159, no. February 2017, pp. 517–538, 2018, doi: 10.1016/j.oceaneng.2018.01.003
  6. H. Ghassemi, A. Mardan, and A. Ardeshir, “Numerical analysis of hub effect on hydrodynamic performance of propellers with inclusion of PBCF to equalize the induced velocity,” Polish Marit. Res., vol. 19, no. 2, pp. 17–24, 2012, doi: 10.2478/v10012-012-0010-x
  7. C. Ma, H. Cai, Z. Qian, and K. Chen, “The design of propeller and propeller boss cap fins (PBCF) by an integrative method,” J. Hydrodyn., vol. 26, no. 4, pp. 586–593, 2014, doi: 10.1016/S1001-6058(14)60066-4
  8. K. Mizzi, Y. K. Demirel, C. Banks, O. Turan, P. Kaklis, and M. Atlar, “Design optimisation of Propeller Boss Cap Fins for enhanced propeller performance,” Applied Ocean Research, vol. 62. pp. 210–222, 2017, doi: 10.1016/j.apor.2016.12.006
  9. G. Staiano, A. Gloria, G. Ausanio, A. Lanzotti, C. Pensa, and M. Martorelli, “Experimental study on hydrodynamic performances of naval propellers to adopt new additive manufacturing processes,” Int. J. Interact. Des. Manuf., vol. 12, no. 1, pp. 1–14, Feb. 2018, doi: 10.1007/s12008-016-0344-1
  10. I. A. C. Abar and I. K. A. P. Utama, “Effect of the incline angle of propeller boss cap fins (PBCF) on ship propeller performance,” Int. J. Technol., vol. 10, no. 5, pp. 1056–1064, 2019, doi: 10.14716/ijtech.v10i5.2256
  11. M. Abdou and A. S. M. Al-Obaidi, “Studying the effect of pitch ratio on sheet cavitation in marine propellers,” J. Eng. Sci. Technol., vol. 13, no. Special Issue on the eighth eureca 2017, pp. 28–38, 2018
  12. M. M. Bernitsas, D. Ray, and P. Kinley, “Wageningen B-Series,” Kt, Kq and Efficiency curves for the wageningen B-series Propellers. p. 102, 1981, [Online]. Available: https://deepblue.lib.umich.edu/bitstream/handle/2027.42/91702/Publication_No_237.pdf?sequence=1&isAllowed=y
  13. A. Trimulyono and Kiryanto, “Analisa Efisiensi Propeller B-Series Dan Kaplan Pada Kapal Tugboat Ari 400 HP Dengan Variasi Jumlah Daun, Sudut Rake Menggunakan CFD,” J. Tek. Perkapalan, vol. 12, pp. 112–120, 2015
  14. M. Response and S. Methode, “Optimalisasi Curve Linesplan Haluan Kapal Perintis 750 Dwt Menggunakan Response Surface Methode (Rsm) Untuk Mengurangi Hambatan,” J. Tek. Perkapalan, vol. 5, no. 4, pp. 810–818, 2017

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.