skip to main content

Optimalisasi Repair Schedule KN Panah P.207 Dengan Critical Path Method Guna Mempercepat Pengerjaan Repair

*Fajar adha  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik , Universitas Diponegoro, Indonesia
Imam Pujo Mulyatno  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik , Universitas Diponegoro, Indonesia
Kiryanto Kiryanto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik , Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Pekerjaan pada proyek perbaikan kapal seringkali memiliki realisasi pengerjaan yang tidak sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan, Penelitian ini menggunakan metode jalus kritis dan network planning untuk untuk  mempersingkat durasi pengerjaan dan menghitung produktivitas pekerjaan repair kapal KN Panah P.207 di galangan Cirebon,  perbaikan kapal KN Panah P.207 pada mulanya memiliki durasi pengerjaan selama 30 hari kerja, Setelah dilakukan Crashing pada 8 pekerjaan di proyek ini dengan menambah jumlah pekerja sebanyak 13 orang maka di dapat pengurangan durasi sebanyak 2 hari sehingga pengerjaan proyek menjadi 28 hari dengan penambahan biaya sebanyak 1,57% dari biaya awal Rp 198.640.000 menjadi Rp 201.760.000  . Analisa produktifitas pada penelitian ini berfokus pada pekerjaan Sanblasting dan pengecatan lambung dengan pertimbangan pekerjaan tersebut berada dalam jalur kritis dan memiliki satuan pekerjaan tetap sehingga dapat dihitung. Harga produktifitas awal sebelum crashing adalah Rp 2.131/m2  dan indeks produktifitas tenaga kerja 61,02 m2/orang per 8 jam kerja, setelah crashing dengan menambah jumlah tenaga kerja sebanyak 2 orang dari total tenaga kerja 6 orang menjadi 8 orang maka di dapatkan harga produktifitas baru  sebesar Rp 2.209/m2  dengan indeks produktifitas tenaga kerja sebesar 58,84 m2/ orang per 8 jam kerja dan indeks produktivitas galangan meningkat dari 45,76 m2/jam menjadi 58,83 m2/jam.

Fulltext View|Download
  1. R. Nurwanti dan T. W. Pribadi, “Analisa Peningkatan Kualitas Layanan Jasa Reparasi Kapal Di Galangan Kapal Jawa Timur,”Institut Teknologi Sepuluh November, 2016
  2. L. K. Padaga, I. Rochani, and Y. Mulyadi, “Penjadwalan Berdasarkan Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Proyek Reparasi Kapal: Studi Kasus MV. Blossom,” J. Tek. ITS, vol. 7, no. 1, pp. 1–6, 2018
  3. D. Krisnawati dan I. P. Mulyatno, “Analisa Re-Schedule Pembangunan Kapal Baru Sistem Hull Block Construction Method (Hbcm) Dengan Critical Path Method (Cpm) Pada Kapal Tug Boat 2 X 1600 Hp Hull 062 Di Pt. Janata Marina Inda h Unit Ii,” J. Tek. Perkapalan, vol. 3, no. 1, hal. 1–7, 2015
  4. G. P. Arianie dan N. B. Puspitasari,“Perencanaan Manajemen Proyek dalam Meningkatkan Efisiensi dan Efektifitas Sumber Daya Perusahaan (Studi Kasus : Qiscus Pte Ltd),” J. Tek. Industri, vol. 12, no.3, hal. 189, 2017
  5. S. Maryati dan N. Koesdiningsih, “Optimalisasi Waktu Penyelesaian Proyek Pembangunan Gedung Pemasaran Menggunakan Metode Jalur Kritis ( Studi Kasus CV . Barajaya Alumunium Cicalengka 2017 ),” Vol. 3, no.2, 2017
  6. P. Maranresy dan P. P. Bonny F. Sompie, “Sistem pengendalian waktu pada pekerjaan konstruksi jalan raya dengan menggunakan metode cpm,” Sipil Statik,vol. Vol. 3, no. No. 1, hal. Halaman 9, 2015
  7. D. Dwijono, “Optimalisasi Waktu Percepatan Dan Biaya Kegiatan Di Dalam Metode Jalur Kritis Dengan Pemrograman Linier,” J. Terap.Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, hal. 1–9, 2017, doi: 10.21460/jutei.2017.11.4
  8. F. N. Wowor et al., “Aplikasi Microsoft Project Dalam Pengendalian,” J. Tek. Sipil, vol. 1, no. 8, hal. 543–548, 2013
  9. M. Nabillah , M. Basuki, dan E. Pranatal,“Analisa Biaya Dan Waktu Project Crashing Pada Pembangunan Kapal Baru ( Studi Kasus Pemmbangunan Kapal Cargo Ro-Pax 300 Di Pt Adiluhung Sarana Segara Indonesia ),” Semin. Nas. Sains dan Teknol. Terap. VI 2018 Inst. Teknol. Adhi Tama Surabaya, hal. 101–108, 2018
  10. C. Trihendradi, Mastering Microsoft Project 2013, Yogyakarta : Penerbit Andi 2014

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.