skip to main content

Analisis Pengaruh Profil Rudder Terhadap Kemampuan Manuver Saildrone

*Ashoka Wira Parama Arta  -  Department of Naval Architecture, Universitas Diponegoro, Indonesia
Deddy Chrismianto  -  , Indonesia
Andi Trimulyono  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Peningkatan kemampuan manuver pada kapal penelitian tanpa awak diperlukan untuk memberikan data yang akurat dikarenakan kebutuhan kapal untuk dapat mengikuti jalur ekspedisi yang telah ditetapkan. Penelitian terdahulu mengenai manuver dan rudder menemukan bahwa rudder memberikan dampak yang besar terhadap kemampuan manuver kapal. Kemampuan manuver dinilai dengan parameter kemampuan saildrone dalam melakukan swaying dan yawing. Penggunaan rumus empiris tidak dapat memperhitungkan perbedaan sectional shape pada rudder, sedangkan melakukan eksperimen memakan banyak biaya. Oleh karena itu, digunakan metode CFD dengan turbulence model Reynold Averaged Navier Stokes (RANS) yang dapat memberikan hasil lebih akurat dengan biaya dan beban komputasi yang lebih rendah. Analisis dilakukan terhadap kapal saildrone dengan variasi empat profil yang dikembangkan khusus untuk rudder kapal yaitu fishtail, wedge tail, IFS, dan HSVA. Profil tersebut dibuat dengan luas lateral yang sama agar hasil analisis dapat berfokus pada pengaruh bentuk rudder terhadap kemampuan manuver saildrone. Hasil analisis menemukan bahwa saildrone yang menggunakan profil fishtail memiliki kemampuan manuver paling baik dibandingkan dengan profil lainnya.

Fulltext View|Download
  1. J. M. Larrazabal, M. Santos, “Intelligent rudder control of an unmanned surface vessel,” pp. 1–12, 2016
  2. J. Liu, “Impacts of the rudder profile on manoeuvring performance of ships,” Ocean Eng., vol. 124, pp. 226–240, 2016
  3. H. Yasukawa, Y. Yoshimura, “Introduction of MMG standard method for ship maneuvering predictions,” J. Mar. Sci. Technol., vol. 20, no. 1, pp. 37–52, 2015
  4. B. Johanes, “Analisa Variasi Posisi Rudder Terhadap Efektivitas Manuver Kapal,” Jurnal Teknik Perkapalan ITS, vol 6, 2017
  5. J. Liu, R. Hekkenberg, “Sixty years of research on ship rudders: effects of design choices on rudder performance,” Ships Offshore Struct., vol. 12, no. 4, pp. 495–512, 2017
  6. V. T. Nguyen, “Development of a High Lift Performance Rudder with Wedge Tail,” Osaka Prefecture University, 2016
  7. C. Tretow, “Design of a free-rotating wing sail for an autonomous sailboat,” pp. 10–16, 2017
  8. L. I. Saputra, U. Budiarto, and S. Jokosisworo, “Jurnal teknik perkapalan,” Tek. Perkapalan, vol. 5, no. 2, pp. 421–430, 2017
  9. V. Bertram, Practical Ship Hydrodynamics. 2000
  10. T. H, Design of ship rudders, no. November 1965. University of Hamburg, 1965
  11. J. Liu, R. Hekkenberg., “Hydrodynamic characteristics of multiple-rudder configurations Hydrodynamic characteristics of multiple-rudder configurations,” vol. 5302, no. February, 2017
  12. A. Hasanvand, “Investigating the effect of rudder profile on 6DOF ship turning performance,” Appl. Ocean Res., vol. 92, no. June, 2019
  13. M. Zaky, M. Sano, and H. Yasukawa, “Improvement of maneuverability in a VLCC by a high lift rudder,” Ocean Eng., vol. 165, no. April, pp. 438–449, 2018
  14. Douvi C. Eleni, “Evaluation of the turbulence models for the simulation of the flow over a National Advisory Committee for Aeronautics (NACA) 0012 airfoil,” J. Mech. Eng. Res., vol. 4, no. 3, pp. 100–111, 2012
  15. Ladson. 1988. “CLCD_Ladson_expdata.” Available: https://turbmodels.larc.nasa.gov/NACA0012_validation/CLCD_Ladson_expdata.dat

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.