skip to main content

Analisa Crashing Project Menggunakan Metode Time Cost Trade Off Pada Pembangunan Mooring Boat Milik PT. Pertamina Trans Kontinental Akibat Modifikasi Desain Bottom Keel

*Sheila Ayu Kirana Prabani  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Imam Pujo Mulyatno  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Deddy Chrismianto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Citation Format:
Abstract
Suatu proyek dapat dikatakan baik dan berjalan lancar jika dalam keberjalanannya sesuai dengan perencanaan awal, dan memperhatikan tiga komponen penting, yaitu waktu, biaya dan mutu. Pada tugas akhir ini, objek penelitian yang dipilih ialah pembangunan Mooring Boat milik PT. Pertamina TransKontinental yang mengalami keterlambatan pembangunan akibat permasalahan stabilitas kapal. Dalam hal ini akan dilakukannya percepatan durasi pekerjaan untuk meminimalisir keterlambatan serta mendapatkan biaya optimal setelah percepatan dengan analisa metode Time Cost Trade Off melalui opsi penambahan tenaga kerja dan penambahan jam kerja (Lembur). Hasil yang didapat ialah komparasi dari dua alternatif yang digunakan terhadap hasil percepatan pekerjaan dengan biaya paling optimal. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan pada pekerjaan launching and testing yang terdapat pada jalur lintasan kritis didapatkan hasil waktu dan biaya optimum akibat penambahan Jam Kerja (Lembur) dengan percepatan durasi sebesar 3 hari dari durasi normal 37 hari menjadi 34 hari dan penambahan biaya sebesar Rp. 4.600.000,00 sehingga biaya total menjadi Rp. 16.200.000,00 sedangkan total biaya pada durasi normal Rp. 11.600.000,00. Sementara, hasil perhitungan akibat penambahan Tenaga Kerja pada pekerjaan yang sama diperoleh percepatan durasi sebesar 4 hari dari durasi normal 37 hari menjadi 33 hari melalui pengurangan biaya sebesar Rp. 100.000,00 sehingga biaya pekejaan tersebut menjadi Rp. 11.500.000,00. Kesimpulannya, pilihan terbaik untuk mempercepat durasi dengan biaya optimal pada penelitian ini adalah dengan penambahan tenaga kerja, dikarenakan menghasilkan waktu dan biaya proyek optimal sebanyak 4 hari sehingga untuk mengerjakan pekerjaan bagian Launching and Testing dapat dipercepat menjadi 33 hari dan biaya yang perlu dikeluarkan Rp. 11.500.000,00.
Fulltext View|Download
Keywords: Crashing Project; Penambahan Tenaga Kerja; Penambahan Jam Kerja (Lembur); Time Cost Trade Off;
  1. I. Soeharto, Manajemen Proyek Jilid 1
  2. (Dari Konseptual sampai Operasional),
  3. Edisi Kedu., vol. 60, no. 5. Jakarta, 1999
  4. A. Muharani, I. P. Mulyatno, and S. J
  5. Sisworo, “Optimasi Percepatan Proyek
  6. Pembangunan Kapal Kelas I Kenavigasian
  7. dengan Metode Pendekatan Analisa Time
  8. Cost Trade Off,” J. Tek. Perkapalan, vol
  9. , no. 3, 2020
  10. R. Arvianto and F. S. Handayani,
  11. “OPTIMASI BIAYA DAN WAKTU
  12. DENGAN METODE TIME COST
  13. TRADE OFF ( TCTO ) ( Studi Kasus
  14. Proyek Bangunan Rawat Inap Kelas III
  15. dan Parkir RSUD Dr . Moewardi Various
  16. things can happen in the execution of
  17. construction projects that could lead to
  18. increased duration ,” pp. 69–74, 2017
  19. Darmayudha and K. Armaeni, “Analisa
  20. Program Percepatan Pada Proyek
  21. Konstruksi Dengan Metode Penambahan
  22. Jam Kerja ( Studi Kasus Proyek
  23. Pembangunan Agranusa Signature Villa
  24. Nusa Dua Bali ),” Tek. Sipil, vol. 4, pp
  25. –47, 2015
  26. A. Frederika, “Analisis Percepatan
  27. Pelaksanaan Dengan Menambah Jam Kerja
  28. Optimum Pada Proyek Konstruksi (Studi
  29. Kasus: Proyek Pembangunan Super Villa,
  30. Peti Tenget-Badung),” J. Ilm. Tek. Sipil,
  31. vol. 14, no. 2, pp. 113–126, 2010
  32. W. I. Ervianto, “Manajemen proyek
  33. konstruksi.” Andi, Yogyakarta, 2005
  34. A. F. Setiawan, “Smart Project Plan With
  35. Microsoft Office Project 2007,” PC Media
  36. Jakarta, 2008
  37. T. H. Ali, Prinsip-prinsip Network
  38. Planning. Gramedia Pustaka Utama, 1992
  39. S. Baba, “Metode Jalur Kritis (CPM),”
  40. Cpm, pp. 24–35, 2017

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.