BibTex Citation Data :
@article{JTP30364, author = {Sheila Prabani and Imam Mulyatno and Deddy Chrismianto}, title = {Analisa Crashing Project Menggunakan Metode Time Cost Trade Off Pada Pembangunan Mooring Boat Milik PT. Pertamina Trans Kontinental Akibat Modifikasi Desain Bottom Keel}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {9}, number = {3}, year = {2021}, keywords = {Crashing Project; Penambahan Tenaga Kerja; Penambahan Jam Kerja (Lembur); Time Cost Trade Off;}, abstract = {Suatu proyek dapat dikatakan baik dan berjalan lancar jika dalam keberjalanannya sesuai dengan perencanaan awal, dan memperhatikan tiga komponen penting, yaitu waktu, biaya dan mutu. Pada tugas akhir ini, objek penelitian yang dipilih ialah pembangunan Mooring Boat milik PT. Pertamina TransKontinental yang mengalami keterlambatan pembangunan akibat permasalahan stabilitas kapal. Dalam hal ini akan dilakukannya percepatan durasi pekerjaan untuk meminimalisir keterlambatan serta mendapatkan biaya optimal setelah percepatan dengan analisa metode Time Cost Trade Off melalui opsi penambahan tenaga kerja dan penambahan jam kerja (Lembur). Hasil yang didapat ialah komparasi dari dua alternatif yang digunakan terhadap hasil percepatan pekerjaan dengan biaya paling optimal. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan pada pekerjaan launching and testing yang terdapat pada jalur lintasan kritis didapatkan hasil waktu dan biaya optimum akibat penambahan Jam Kerja (Lembur) dengan percepatan durasi sebesar 3 hari dari durasi normal 37 hari menjadi 34 hari dan penambahan biaya sebesar Rp. 4.600.000,00 sehingga biaya total menjadi Rp. 16.200.000,00 sedangkan total biaya pada durasi normal Rp. 11.600.000,00. Sementara, hasil perhitungan akibat penambahan Tenaga Kerja pada pekerjaan yang sama diperoleh percepatan durasi sebesar 4 hari dari durasi normal 37 hari menjadi 33 hari melalui pengurangan biaya sebesar Rp. 100.000,00 sehingga biaya pekejaan tersebut menjadi Rp. 11.500.000,00. Kesimpulannya, pilihan terbaik untuk mempercepat durasi dengan biaya optimal pada penelitian ini adalah dengan penambahan tenaga kerja, dikarenakan menghasilkan waktu dan biaya proyek optimal sebanyak 4 hari sehingga untuk mengerjakan pekerjaan bagian Launching and Testing dapat dipercepat menjadi 33 hari dan biaya yang perlu dikeluarkan Rp. 11.500.000,00.}, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/30364} }
Refworks Citation Data :
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License