skip to main content

Desain Konseptual Hybrid Engine System pada Kapal Tugboat 1636 HP dengan Kombinasi Diesel Engine dan Electric Motor Yang di Suplai Tenaga Baterai

*Timothy Andromeda Saragih  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Hartono Yudo scopus  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Imam Pujo Mulyatno scopus  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Hybrid Engine System adalah penggunaan penggerak ganda pada system penggerak yang sudah di temukan sejak tahun 1902 oleh Ferdinan Porsche. Sementara itu beberapa penelitian dan perusahaan telah mengembangkan system ini di kapal, salah satunya Tugboat. Penerapan system ini pada penelitian sebelumnya di kapal, telah terbukti memiliki dampak berkurangnya konsumsi bahan bakar realtime dan Time Between Overhaul (TBO) dari sebuah mesin konvensional. Penggunaan Bahan Bakar Minyak pada mesin internal combustion engine (konvesional) perlu diminimalisir penggunaannya untuk efisiensi jangka panjang. Penelitian pada tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisa pengurangan komsumsi bahan bakar mesin utama kapal terhadap penerapan engine hybrid system. Pengerjaan diawali dengan menganalisa hambatan kapal menggunakan software, dengan metode Van Oortmeersen. Data hambatan yang telah didapat akan digunakan sebagai acuan untuk menentukan daya disetiap mode operasi tugboat. Variasi daya pada setiap mode operasi (standby, cruising, & assisting) digunakan untuk menentukan jumlah konsumsi BBM tugboat. Hasil analisa didapat konsumsi bahan bakar system permesinan hybrid mengurangi konsumsi BBM sebesar 19,06% dibanding system permesinan konvensional.
Fulltext View|Download
Keywords: Tugboat; BBM; Hybrid; Konvensional
  1. T. Bimantoro, I. Ariana, and I. Gerianto, “Analisa Penerapan Sistem Hybrid Pada Kapal KPC - 28 Dengan Kombinasi Diesel Engine dan Motor Listrik yang Disuplai Dengan Batterai,” Jurnal Teknik ITS, vol. 3, no. 1, pp. 64–69, 2014
  2. R. D. Geertsma, R. R. Negenborn, K. Visser, and J. J. Hopman, “Design and control of hybrid power and propulsion systems for smart ships : A review of developments,” Applied Energy, vol. 194, pp. 30–54, 2017, doi: 10.1016/j.apenergy.2017.02.060
  3. Ardiwijaya, and I. Noor, “Desain Konseptual Hybrid Propulsion Mesin Diesel Dengan Motor Listrik Pada Tugboat 70 Ton Bollard Pull Untuk Aplikasi Di Pelabuhan,” Jurnal Teknik ITS, Vol. 4, No. 2, pp.1-93, 2015
  4. Kuswardana. Aditya, “ANALISIS SISTEM MOTOR PENGGERAK PADA MOBIL LISTRIK DENGAN KAPASITAS SATU PENUMPANG,” Digilib UNNES, pp. 1-52, 2016
  5. E. S. Koenhardono, J. Prananda, and E. Danian, “Analysis of Engine Propeller Matching of DC Motor as a Main Propulsion,” International Journal of Marine Engineering Innovation and Research, vol. 2, no. 1, pp. 8–15,2017, https://doi.org/10.12962/j25481479.v2i1.272
  6. P. Wu and R. Bucknall, “Hybrid fuel cell and battery propulsion system modelling and multi-objective optimisation for a coastal ferry,” International Journal of Hydrogen Energy, vol. 45, no. 4, pp.3193–3208, 2019, doi: 10.1016/j.ijhydene.2019.11.152
  7. M. T. Afif, I. Ayu, and P. Pratiwi, “ANALISIS PERBANDINGAN BATERAI LITHIUM-ION , LITHIUM-POLYMER , LEAD ACID DAN NICKEL-METAL HYDRIDE PADA PENGGUNAAN MOBIL LISTRIK,” Jurnal Rekayasa Mesin , vol. 6, no. 2, pp. 95–99, 2015, doi: 10.21776/ub.jrm.2015.006.02.1
  8. T. Völker, “Hybrid propulsion concepts on ships Harbor Tug Description of harbor tug Load profiles for harbor Tug,” Scientific Journal of Gdynia Maritime University, pp. 11-16, 2015, doi: https://doi.org/10.1007/978-3-658-10958-5_21
  9. J. Aspin and S. Hayman, “The Hybrid Tug Reality – The Business Case for Green Technology in the Tugboat Industry,” The Netherlands Organised by the ABR Company, No. 2, pp. 1–10, 2009
  10. P. De Vos and M. Krijgsman, “Control of Hybrid Ship Drive Systems Control of Hybrid Ship Drive Systems,” COMPIT, no. 15 , 2011

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.