Studi Penjadwalan Ulang Pekerjaan Reparasi Pada Kapal MV. Awu Dengan Network Diagram Dan Critical Path Method (CPM))

*Jordan Samuel Hutapea  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Imam Pujo Mulyatno  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Parlindungan Manik  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 21 Aug 2020; Published: 8 Oct 2020.
View
Gambar Overallocated Pekerja Subcont
Subject
Type Research Instrument
  View (35KB)    Indexing metadata
Gambar Overallocated Pekerja Welder
Subject
Type Research Instrument
  View (29KB)    Indexing metadata
Gambar distribusi Pekerja Subcont Setelah Levelling
Subject
Type Research Instrument
  View (34KB)    Indexing metadata
Gambar distribusi Pekerja Welder Setelah Levelling
Subject
Type Research Instrument
  View (26KB)    Indexing metadata
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: EN
Statistics: 15
Abstract

Pekerjaan industri memiliki kecenderungan realisasi berbeda dengan yang sudah direncanakan, termasuk dalam industri galangan kapal. Metode network planning dan metode Critical Path Method merupakan alat yang digunakan dalam sistem penjadwalan, yang produknya merupakan jadwal pekerjaan. Metode ini digunakan untuk menyelesaikan penelitian analisis penjadwalan ulang pada reparasi kapal MV. Awu di galangan Semarang. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mendapatkan network diagram, jalur kritis (Critical Path), perhitungan sumber daya, dan juga produktivitas pada pekerjaan replating dan hull construction. Pada network diagram keseluruhan pekerjaan, pekerjaan replating dan hull construction memiliki durasi selama 18 hari, sedangkan setelah dilakukan crashing didapatkan durasi pekerjaan baru selama 16 hari. Perhitungan produktivitas difokuskan pada pekerjaan replating dan hull construction, karena pekerjaan tersebut memiliki satuan yang jelas dan tidak berubah (kilogram).  Harga produktivitas pekerjaan sebelum dilakukan crashing adalah Rp. 4.560/kg dengan produktivitas bobot pekerjaan sebesar 31.61kg/orang setiap satu hari, setelah dilakukan crashing dengan penambahan tenaga kerja didapatkan harga produktivitas sebesar Rp. 5.130/kg dengan bobot pekerjaan sebesar 29kg/orang setiap satu hari.

 

Note: This article has supplementary file(s).

Keywords: Critical Path Method; Network Planning; Produktivitas

Article Metrics:

  1. G. Rindo, “Teknik Produksi Kapal,” Buku Ajar, Jur. Tek. Perkapalan UNDIP Semarang, 2011.
  2. T. Ahola and A. Davies, “Insights for the governance of large projects: Analysis of organization theory and project management: Administering uncertainty in Norwegian offshore oil by Stinchcombe and Heimer,” Int. J. Manag. Proj. Bus., vol. 5, no. 4, pp. 661–679, 2012.
  3. S. Howick, F. Ackermann, C. Eden, and T. Williams, “Understanding the causes and consequences of disruption and delay in complex projects: how system dynamics can help,” 2009.
  4. G. Regatama, W. Amiruddin, and I. P. Mulyatno, “Analisis Network Planning Reparasi Kapal SPB TITAN 70 Dengan Metode Critical Path Method,” J. Tek. Perkapalan, vol. 7, no. 4, 2019.
  5. W. Agyei, “Project planning and scheduling using PERT and CPM techniques with linear programming: case study,” Int. J. Sci. Technol. Res., vol. 4, no. 8, pp. 222–227, 2015.
  6. S. Wahyu Sriningsih, “ANALISA NETWORK PLANNING REPARASI KM BERLIN NAKROMA DENGAN METODE CPM UNTUK MENGANTISIPASI KETERLAMBATAN PENYELESAIAN REPARASI KAPAL DI PT. DOK DAN PERKAPALAN SURABAYA,” J. Tek. Mesin, vol. 4, no. 02, 2016.
  7. S. Anggriawan, “ANALISA NETWORK PLANNING REPARASI KM TONASA LINE VIII DENGAN METODE CPM UNTUK MENGANTISIPASI KETERLAMBATAN PENYELESAIAN REPARASI (Studi Kasus di PT. Dok dan Perkapalan Surabaya),” J. Tek. Mesin, vol. 3, no. 03, 2015.
  8. A. Ahmadi, S. Suparno, O. S. Suharyo, and A. D. Susanto, “Time Scheduling And Cost Of The Indonesian Navy Ship Development Project Using Network Diagram And Earned Value Method (Evm)(Case Study Of Fast Missile Boat Development),” J. ASRO-STTAL, vol. 9, no. 2, pp. 87–106, 2018.
  9. Y. T. Andhani, I. P. Mulyatno, and others, “Reschedule Reparasi Kapal KN. KUMBA 470 DWT Dengan Critical Path Method Di Galangan Semarang,” J. Tek. Perkapalan, vol. 8, no. 2, 2020.
  10. M. A. Ekemen and H. cSecsen, “Dataset on social capital and knowledge integration in project management,” Data Br., vol. 29, p. 105233, 2020.
  11. I. Soeharto, “Manajemen ProyekDari Konseptual Operasional,” Penerbit Erlangga, Jakarta, 1999.
  12. T. H. Ali, Prinsip-prinsip Network Planning. Gramedia Pustaka Utama, 1992.
  13. Z. Zulfikram, A. Muhyi, and T. Riyadhsyah, “RENCANA WAKTU PELAKSANAAN PROYEK PENINGKATAN JALAN ISKANDAR MUDA DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI MICROSOFT PROJECT 2016,” J. Sipil Sains Terap., vol. 1, no. 03, 2019.
  14. R. Waluyo and S. Aditama, “Pengaruh Resources Leveling Terhadap Alokasi Tenaga Kerja pada Proyek Konstruksi,” J. Ilm. Tek. Sipil, vol. 21, no. 2, 2017.
  15. B. Tijani, J. Xiaohua, and R. Osei-Kyei, “Critical analysis of mental health research among construction project professionals,” J. Eng. Des. Technol., 2020.