BibTex Citation Data :
@article{JTP27395, author = {Muhammad Hakim and Ahmad Zakki and Berlian Arswendo}, title = {Perancangan Desain Propeller Floating Fuel Station Berbasis B-Series dengan Variasi Sudut Rake dan Sudut Skew Menggunakan Metode CFD}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {8}, number = {4}, year = {2020}, keywords = {Propeller; B-Series; Skew; Rake; Thrust}, abstract = { Floating fuel station solusi yang tepat untuk memudahkan akses bahan bakar bagi wilayah yang susah menjangkau SPBU. F loating fuel station ini dirancang dengan sistem propulsi untuk memudahkan dalam beroperasi. Berdasarkan hasil perhitungan tahanan dipilihlah propeller dengan jenis B-Series tipe B4-40 untuk dianalisis, sedangkan variasi yang dilakukan dalam perancangan ini adalah variasi sudut rake dan sudut skew untuk menentukan propeller mana yang memiliki performa yang paling optimal. Dari 16 model yang dianalisis didapatkan hasil berupa propeller dengan variasi sudut rake 15 ° skew 1 0° memiliki nilai thrust paling tinggi sebesar 32,591 KN. Propeller dengan variasi sudut rake 0 ° skew 4 0° memiliki nilai torque paling rendah sebesar 3,417 KN.m. N ilai efficiency terbesar terjadi pada propeller dengan variasi sudut rake 0° sudut skew 3 0° sebesar 43,36% . Propeller yang menghasilkan performa paling besar untuk floating fuel station ini adalah propeller dengan variasi sudut rake 0 ° sudut skew 3 0° dikarenakan memiliki nilai efisiensi terbesar. }, pages = {501--508} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/27395} }
Refworks Citation Data :
Floating fuel station solusi yang tepat untuk memudahkan akses bahan bakar bagi wilayah yang susah menjangkau SPBU. Floating fuel station ini dirancang dengan sistem propulsi untuk memudahkan dalam beroperasi. Berdasarkan hasil perhitungan tahanan dipilihlah propeller dengan jenis B-Series tipe B4-40 untuk dianalisis, sedangkan variasi yang dilakukan dalam perancangan ini adalah variasi sudut rake dan sudut skew untuk menentukan propeller mana yang memiliki performa yang paling optimal. Dari 16 model yang dianalisis didapatkan hasil berupa propeller dengan variasi sudut rake 15° skew 10° memiliki nilai thrust paling tinggi sebesar 32,591 KN. Propeller dengan variasi sudut rake 0° skew 40° memiliki nilai torque paling rendah sebesar 3,417 KN.m. Nilai efficiency terbesar terjadi pada propeller dengan variasi sudut rake 0° sudut skew 30° sebesar 43,36%. Propeller yang menghasilkan performa paling besar untuk floating fuel station ini adalah propeller dengan variasi sudut rake 0° sudut skew 30° dikarenakan memiliki nilai efisiensi terbesar.
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License