BibTex Citation Data :
@article{JTP27476, author = {Septyawan Saputra and Ahmad Zakki and Andi Trimulyono}, title = {Analisis Kekuatan Konstruksi Graving Dock Gate Pada Dry Dock 8000 DWT}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {8}, number = {4}, year = {2020}, keywords = {Graving Dock, Floating Caisson Gate, Defleksi, Tegangan, Metode Element Hingga}, abstract = { Floating caisson gate merupakan jenis main gate yang digunakan PT Janata Marina Indah Unit 1.Main gate ini berfungsi untuk menahan air laut saat proses reparasi berlangsung pada graving dock berkapasitas 8000 DWT. Desain konstruksi yang dipakai main gate pada unit 1 merupakan modifikasi wing tank kapal tanker, sehingga kekuatan konstruksi main gate tersebut menjadi penting, mengingat fungsinya yang sangat vital pada proses reparasi kapal. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan nilai tegangan dan defleksi maksimal pada desain asli dan desain pembanding, serta mengetahui detail letak tegangan maksimum pada graving dock gate. Metode solver yang digunakan pada penelitian ini menggunakan bantuan software berbasis metode element hingga. Validasi model dilakukan dengan menggunakan perhitungan defleksi mekanika teknik dan didapatkan nilai eror sebesar 2,83 %. Beban yang digunakan berupa beban tekan hidrostatis air laut saat kondisi perairan normal, pasang dan surut, sehingga setup beban diasumsikan ke dalam 3 kondisi dengan pembagian garis air sesuai elevasi kedalaman (h). Tegangan maksimum terjadi pada model asli dikondisi perairan pasang, dengan nilai tegangan sebesar 164.140 MPa dan defleksi sebesar 3.647 mm. Sementara pada model pembanding, tegangan dan defleksi maksimum terjadi dikondisi periaran pasang dengan nilai tegangan sebesar 132.852 MPa dan defleksi sebesar 3.411mm, dari hasil tersebut semua model main gate memenuhi persyaratan regulasi klasifikasi. }, pages = {491--500} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/27476} }
Refworks Citation Data :
Floating caisson gate merupakan jenis main gate yang digunakan PT Janata Marina Indah Unit 1.Main gate ini berfungsi untuk menahan air laut saat proses reparasi berlangsung pada graving dock berkapasitas 8000 DWT. Desain konstruksi yang dipakai main gate pada unit 1 merupakan modifikasi wing tank kapal tanker, sehingga kekuatan konstruksi main gate tersebut menjadi penting, mengingat fungsinya yang sangat vital pada proses reparasi kapal. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan nilai tegangan dan defleksi maksimal pada desain asli dan desain pembanding, serta mengetahui detail letak tegangan maksimum pada graving dock gate. Metode solver yang digunakan pada penelitian ini menggunakan bantuan software berbasis metode element hingga. Validasi model dilakukan dengan menggunakan perhitungan defleksi mekanika teknik dan didapatkan nilai eror sebesar 2,83 %. Beban yang digunakan berupa beban tekan hidrostatis air laut saat kondisi perairan normal, pasang dan surut, sehingga setup beban diasumsikan ke dalam 3 kondisi dengan pembagian garis air sesuai elevasi kedalaman (h). Tegangan maksimum terjadi pada model asli dikondisi perairan pasang, dengan nilai tegangan sebesar 164.140 MPa dan defleksi sebesar 3.647 mm. Sementara pada model pembanding, tegangan dan defleksi maksimum terjadi dikondisi periaran pasang dengan nilai tegangan sebesar 132.852 MPa dan defleksi sebesar 3.411mm, dari hasil tersebut semua model main gate memenuhi persyaratan regulasi klasifikasi.
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License