skip to main content

ANALISA PENERAPAN MODIFIED BOW TIPE AXE DAN MODIFIED BOW TIPE AX TERHADAP HAMBATAN DAN SEAKEEPING PADA KAPAL TANKER 112 METER

*Endah Dyah Aprianti  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Parlindungan Manik  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Muhammad Iqbal  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Axe Bow merupakan pengembangan dari Inovasi Enlarged Ship Concept (ESC) yang didesain pada tahun 1995 oleh Delf University dan dikembangkan oleh Damen Shipyard.Sementara itu, NKK Corp telah mengembangkan busur berbentuk kapak yang disebut konsep Ax Bow. Kedua jenis Bow tajam tersebut telah terbukti memberikan dampak berkurangnya Hambatan dan perubahan nilai Seakeeping akibat karakteriksitik bentuk  haluan kapal yang  runcing dan sempit, haluan tersebut dapat membelah dan menerjang  gelombang dengan mudah sehingga mampu mengurangi Pitching pada Kapal berkecepatan relatif tinggi untuk jenis Axe Bow. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisa Hambatan dan Seakeeping terhadap perubahan bentuk Bow dari Bulbous Bow menjadi Modified Axe Bow dan Modified Ax Bow apabila diterapkan kepada Kapal Tanker berkecepatan rendah. Penelitian ini menggunakan software pemodelan 3D dan software CFD untuk Analisa Hambatan dan Seakeeping. Hasil dari perubahan bentuk Bow Kapal mengakibatkan perubahan nilai Hambatan dan Seakeeping yang terjadi pada Kapal . Hasil Analisa Hambatan didapatkan bahwa penggunaan Modified Axe Bow dan Modified Ax Bow mampu mengurangi Hambatan yang lebih disebabkan berkurangnya dari Hambatan Gelombang. Sedangkan  Hasil dari Analisa Seakeeping terjadi perubahan nilai dengan adanya penerapan Modified Axe Bow dan Modified Ax Bow dan menunjukkan dari ketiga jenis Bow telah memenuhi Kriteria standar NORDFORSK 1987.

Fulltext View|Download
Keywords: Modified Axe Bow, Modified Ax Bow, Bulbous Bow, Hambatan, Seakeeping
  1. New "Ax-Bow" To Increase Ships' Efficiency, Maritime Reporter & Engineering News, Page 30 edition of May 2001
  2. Gelling, J.L., “The Axe Bow: The Shape of Ships to Come” dipresentasikan di 17th International Hiswa Symposium On Yacth Design and Yacth Contruction , Amsterdam, The Netherlands, 2006 hall 6-7
  3. Rhomadhoni and I.K.A.P Utama, “ Analisa Pengaruh Bentuk Lambung Axe Bow pada kapal High Speed Craft Terhadap Hambatan Total, ” Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelautan, 12, No. 2, 2015
  4. Keuning, J.A., Pinker, J., & Walree, F.V, Further Investigation In To The Hydrodynamic Performance of the AXE Bow Concept, Semantic Scholar, Vol. 8 No. 3 hal. 1-15, April 2011
  5. Koichiro Matsumoto, “Ax-Bow” : A New Energy-saving Bow Shape at Sea. Nkk Technical Review, No.86, 2002
  6. Hirota, K., Matsumoto, K., Takagishi, K., Yamasaki, K., Orihara, H. and Yoshida. H, Development of Bow Shape to Reduce the Added Resistance due to Waves and Verification on Full Scale Measurement, International Conference on Marine Research and Transportation, The Island of ISCHIA (Gulf of Naples) Italy, 2005
  7. Ikhsan, M., Manik, P., & Indiaryanto, M., Analisa Pengaruh Penambahan Hull Fixed Fin dengan Variasi Foil dan Sudut Serang terhadap Gaya Angkat dan Hambatan Kapal, Skripsi S-1,Universitas Diponegoro, Semarang, 2019
  8. M. Fouling dan I. Prevention, Ship Resistance, Mar. Fouling Its Prev., no. 580, hal 21–34, 1952
  9. D. Hermanto, Samuel, M. Iqbal, “Analisa Peningkatan Performa Seakeeping Pada Kapal Katamaran Mv. Laganbar Menggunakan Centerbulb Dan Bulbous Bow, ” Jurnal Teknik Perkapalan, 5, no.1, 2017
  10. Hossein Ghaemi1 H.M dan Olszewski. H, Total Ship Operability- Review, Concept and Criteria. Polish Maritime Research Vol. 24, hal. 74-8, 2017

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.