BibTex Citation Data :
@article{JTP27370, author = {Endah Aprianti and Parlindungan Manik and Muhammad Iqbal}, title = {ANALISA PENERAPAN MODIFIED BOW TIPE AXE DAN MODIFIED BOW TIPE AX TERHADAP HAMBATAN DAN SEAKEEPING PADA KAPAL TANKER 112 METER}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {8}, number = {4}, year = {2020}, keywords = {Modified Axe Bow, Modified Ax Bow, Bulbous Bow, Hambatan, Seakeeping}, abstract = { Axe Bow merupakan pengembangan dari Inovasi Enlarged Ship Concept (ESC) yang didesain pada tahun 1995 oleh Delf University dan dikembangkan oleh Damen Shipyard. Sementara itu, NKK Corp telah mengembangkan busur berbentuk kapak yang disebut konsep Ax Bow . Kedua jenis Bow tajam tersebut telah terbukti memberikan dampak berkurangnya Hambatan dan perubahan nilai Seakeeping akibat karakteriksitik bentuk haluan kapal yang runcing dan sempit, haluan tersebut dapat membelah dan menerjang gelombang dengan mudah sehingga mampu mengurangi Pitching pada Kapal berkecepatan relatif tinggi untuk jenis Axe Bow. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisa Hambatan dan Seakeeping terhadap perubahan bentuk Bow dari Bulbous Bow menjadi Modified Axe Bow dan Modified Ax Bow apabila diterapkan kepada Kapal Tanker berkecepatan rendah. Penelitian ini menggunakan software pemodelan 3D dan software CFD untuk Analisa Hambatan dan Seakeeping. Hasil dari perubahan bentuk Bow Kapal mengakibatkan perubahan nilai Hambatan dan Seakeeping yang terjadi pada Kapal . Hasil Analisa Hambatan didapatkan bahwa penggunaan Modified Axe Bow dan Modified Ax Bow mampu mengurangi Hambatan yang lebih disebabkan berkurangnya dari Hambatan Gelombang. Sedangkan Hasil dari Analisa Seakeeping terjadi perubahan nilai dengan adanya penerapan Modified Axe Bow dan Modified Ax Bow dan menunjukkan dari ketiga jenis Bow telah memenuhi Kriteria standar NORDFORSK 1987. }, pages = {571--580} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/27370} }
Refworks Citation Data :
Axe Bow merupakan pengembangan dari Inovasi Enlarged Ship Concept (ESC) yang didesain pada tahun 1995 oleh Delf University dan dikembangkan oleh Damen Shipyard.Sementara itu, NKK Corp telah mengembangkan busur berbentuk kapak yang disebut konsep Ax Bow. Kedua jenis Bow tajam tersebut telah terbukti memberikan dampak berkurangnya Hambatan dan perubahan nilai Seakeeping akibat karakteriksitik bentuk haluan kapal yang runcing dan sempit, haluan tersebut dapat membelah dan menerjang gelombang dengan mudah sehingga mampu mengurangi Pitching pada Kapal berkecepatan relatif tinggi untuk jenis Axe Bow. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisa Hambatan dan Seakeeping terhadap perubahan bentuk Bow dari Bulbous Bow menjadi Modified Axe Bow dan Modified Ax Bow apabila diterapkan kepada Kapal Tanker berkecepatan rendah. Penelitian ini menggunakan software pemodelan 3D dan software CFD untuk Analisa Hambatan dan Seakeeping. Hasil dari perubahan bentuk Bow Kapal mengakibatkan perubahan nilai Hambatan dan Seakeeping yang terjadi pada Kapal . Hasil Analisa Hambatan didapatkan bahwa penggunaan Modified Axe Bow dan Modified Ax Bow mampu mengurangi Hambatan yang lebih disebabkan berkurangnya dari Hambatan Gelombang. Sedangkan Hasil dari Analisa Seakeeping terjadi perubahan nilai dengan adanya penerapan Modified Axe Bow dan Modified Ax Bow dan menunjukkan dari ketiga jenis Bow telah memenuhi Kriteria standar NORDFORSK 1987.
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License