Analisa Perbandingan Engine Propeller Matching Antara Single Screw Propeller Dan Twin Screw Propeller Pada Kapal Tanker 6500 DWT

*Niko Bayu Prasetyo  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
Untung Budiarto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
Deddy Chrismianto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
Received: 28 Apr 2020; Published: 1 Jul 2020.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Kapal harus memiliki sistem penggerak yang sesuai dengan bentuk lambung kapal, sehingga kinerja sistem propulsi menjadi optimal, modifikasi pada sistem propulsi banyak dilakukan demi memenuhi performa kapal. Pada penelitian ini dilakukan modifikasi sistem propulsi dengan penambahan propeller baru, yang awalnya baling-baling tunggal mejadi baling-baling ganda.. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendapatkan interaksi yang optimal antara sistem penggerak dengan bentuk lambung kapal atau yang biasa disebut dengan Engine Propeller Matching. Penelitian dilakukan dengan mengitung hambatan kapal menggunakan metode holtrop, validasi hambatan dilakukan menggunakan metode Computational Fluid Dynamics (CFD). Dilakukan 3 variasi jarak antara center line kapal dengan poros propeller(b)  yang  dicari hambatannya yaitu, 0.2B, 0.175B, dan 0.15B. Setelah didapatkan hambatan kapal dilakukan perhitunagn daya main engine yang akan digunakan, dihasilkan main engine dengan daya 2x1100 HP. Kemudian menghitung thrust dan torque untuk mendapatkan karakteristik tiap propeller, dilakukan validasi thrust dan torque menggunakan metode Computational Fluid Dynamics (CFD).  Penelitian ini terdapat 3 jenis propeller yang dicari karakteristiknya yaitu, propeller B-series, Kaplan, dan AU. Dari hasil perhitungan dilakukan matching engine propeller dimana didapatkan titik matching terbaik pada propeller jenis AU dengan presentase 90% rated power dan 90% rated speed. Sehingga dipilih propeller jenis AU sebagai propeller baru untuk kapal tanker dengan balling-baling ganda.

Keywords: Hambatan; Thrust; Torque; Matching Engine Propeller; CFD

Article Metrics:

  1. S. Mardi, J. Eko, And Others, “Analisa Pengaruh Variasi Bentuk Buritan Kapal Terhadap Hambatan Total Pada Kapal Twin Screw Propeller Menggunakan Metode Cfd,” In Proceedings Conference On Marine Engineering And Its Application, 2018, Vol. 1, No. 1, Pp. 73–78.
  2. A. Wijaya, U. Budiarto, And B. A. Adietya, “Analisa Engine-Propeller Matching Pada Kapal Perintis 500 Dwt,” J. Tek. Perkapalan, Vol. 6, No. 4, 2018.
  3. A. Paska, E. S. Hadi, And K. Kiryanto, “Analisa Engine Propeller Matching Pada Kapal Perintis Baru Type 200 Dwt Untuk Medapatkan Sistem Propulsi Yang Optimal,” J. Tek. Perkapalan, Vol. 4, No. 3, 2016.
  4. S. Samuel, M. Iqbal, And I. Utama, “An Investigation Into The Resistance Components Of Converting A Traditional Monohull Fishing Vessel Into Catamaran Form,” Int. J. Technol., Vol. 6, No. 3, Pp. 432–441, 2015.
  5. S. W. Adji, “Engine Propeller Matching,” Available Oc. Its. Ac. Id/Ambilfile. Php, 2005.
  6. A. Munazid And B. Suwasono, “Pengembangan Foil Naca Seri 2412 Sebagai Sistem Penyelaman Model Kapal Selam,” Kapal J. Ilmu Pengetah. Dan Teknol. Kelaut., Vol. 12, No. 2, Pp. 88–96, 2015.
  7. Y. Nohan, U. Budiarto, And M. Iqbal, “Estimasi Hambatan Total Kapal Tanker Kvlcc2m Dengan Menggunakan Cfd,” J. Tek. Perkapalan, Vol. 3, No. 4, 2015.
  8. E. V Lewis, “Principles Of Naval Architecture Second Revision,” Jersey: Sname, Vol. 2, 1988.
  9. S. Harvald, “Aa. 1983 Resistance And Propulsion Of Ships,” Wileyinterscience, New York, Usa, 1983.
  10. R. Radhiya, H. Yudo, And K. Kiryanto, “Kajian Teknis & Ekonomis Perubahan Kapal Ikan Alat Tangkap Cantrang Menjadi Alat Tangkap Gill Nett Ditinjau Dari Sistem Penggerak Kapal (Studi Kasus Km. Rojokoyosamudro 70 Gt),” J. Tek. Perkapalan, Vol. 4, No. 2, 2016.
  11. P. Manik, “Buku Ajar Propulsi Kapal,” Lemb. Pengemb. Dan Penjaminan Mutu Pendidik. Univ. Diponegoro. Semarang, 2008.
  12. M. Ridwan And Others, “Parameter Design Propeller Kapal,” Kapal J. Ilmu Pengetah. Dan Teknol. Kelaut., Vol. 5, No. 3, Pp. 206–211.
  13. H. Yudo, “Engine Matching Propeller Pada Kapal Untuk Mendapatkan Optimalisasi Pemakaian Mesin Penggerak Kapal Dan Baling--Baling Sebagai Alat Pendorong Kapal,” Kapal J. Ilmu Pengetah. Dan Teknol. Kelaut., Vol. 4, No. 1, Pp. 15–18.