BibTex Citation Data :
@article{JTP24683, author = {Rilo Pambudi and Ahmad Zakki and Imam Mulyatno}, title = {Analisa Pengaruh Penggunaan Sandwich Plate System (SPS) pada Konstruksi Alas Dalam Kapal Kontainer}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {7}, number = {4}, year = {2019}, keywords = {Sandwich Plate System; Alas Dalam; Berat Konstruksi; Kontainer; Tegangan}, abstract = { Perkembangan teknologi material semakin berkembang seiring dengan perkembangan industri teknologi yang tidak berhenti untuk selalu melakukan inovasi dalam bidang riset. Salah satunya adalah penggunaan material Sandwich Plate System yang merupakan material inovatif dalam bentuk komposit lapisan.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penggunaan sandwich pada konstruksi alas dalam sehingga dapat diketahui perbandingan berat dan tegangan maksimum dapat memenuhi standar dari rules ada. Permodelan dan analisa menggunakan software berbasis finite element analysis untuk mengetahui besaran respons struktur berupa nilai tegangan . Dari hasil penelitian didapatkan konfigurasi ketebalan sandwich face plate atas 6 mm dan bawah 7 mm sedangkan tebal core material 15 mm (6-15-7). Hasil analisa pada penelitian ini memenuhi batas maksimum tegangan rules LR (tegangan max < 175 Mpa), Tegangan maksimum terbesar terjadi pada konstruksi alas dalam saat kondisi sagging pada loading condition I sebesar 98,4 MPa pada kosntruksi baja dan 99,6 MPa pada konstruksi sandwich serta deformasi terbesar terjadi pada saat kondisi hogging pada loading condition I sebesar 4,00 cm untuk konstruksi menggunakan baja dan 4,15 cm untuk konstruksi menggunakan sandwich. Serta konstruksi akibat penggunaan sandwich plate system pada konstruksi alas dalam dapat menurunkan berat konstruksi sebesar 2,8% untuk keseluruhan konstruksi dan 5,7% untuk konstruksi alas dalam. }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/24683} }
Refworks Citation Data :
Perkembangan teknologi material semakin berkembang seiring dengan perkembangan industri teknologi yang tidak berhenti untuk selalu melakukan inovasi dalam bidang riset. Salah satunya adalah penggunaan material Sandwich Plate System yang merupakan material inovatif dalam bentuk komposit lapisan.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penggunaan sandwich pada konstruksi alas dalam sehingga dapat diketahui perbandingan berat dan tegangan maksimum dapat memenuhi standar dari rules ada. Permodelan dan analisa menggunakan software berbasis finite element analysis untuk mengetahui besaran respons struktur berupa nilai tegangan. Dari hasil penelitian didapatkan konfigurasi ketebalan sandwich face plate atas 6 mm dan bawah 7 mm sedangkan tebal core material 15 mm (6-15-7). Hasil analisa pada penelitian ini memenuhi batas maksimum tegangan rules LR (tegangan max < 175 Mpa), Tegangan maksimum terbesar terjadi pada konstruksi alas dalam saat kondisi sagging pada loading condition I sebesar 98,4 MPa pada kosntruksi baja dan 99,6 MPa pada konstruksi sandwich serta deformasi terbesar terjadi pada saat kondisi hogging pada loading condition I sebesar 4,00 cm untuk konstruksi menggunakan baja dan 4,15 cm untuk konstruksi menggunakan sandwich. Serta konstruksi akibat penggunaan sandwich plate system pada konstruksi alas dalam dapat menurunkan berat konstruksi sebesar 2,8% untuk keseluruhan konstruksi dan 5,7% untuk konstruksi alas dalam.
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License