slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
Studi Kekuatan Penggunaan Sandwich Plate System (SPS) pada Konstruksi Helicopter Deck Kapal Landing Ship Tank (LST) 7000 DWT | Soamole | Jurnal Teknik Perkapalan skip to main content

Studi Kekuatan Penggunaan Sandwich Plate System (SPS) pada Konstruksi Helicopter Deck Kapal Landing Ship Tank (LST) 7000 DWT

*Muhamad Yamin Soamole  -  Departemen, Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ahmad Fauzan Zakki  -  Departemen, Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
Untung Budiarto  -  Departemen, Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Citation Format:
Abstract

Seiring dengan perkembangan industri teknologi melalui inovasi riset mambuat perkembangan material mengalami perkembangan yang pesat. Dengan berkembangnya teknologi material menimbulkan variasi material yang dapat di aplikasikan pada konstruksi kapal  yang memiliki karakteristik yang dapat memberikan keuntungan yang dapat dikembangkan. Material yang memiliki keuntungan salah satunya adlah hadirnya penggunaan material SPS (Sandwich Plate System) jenis material dalam bentuk komposit lapisan. Telah banyak digunakan pada berbagai bidang konstruksi selain dikapal ternyata material SPS (Sandwich Plate System) telah terlebih dahulu digunakan pada konstruksi gedung dan jembatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penggunaa sandwich pada  konstruksi helicopter deck sehingga dapat diketahui perbandingan berat dan tegangan maksimum dapat memenuhi standar atau safety factor dari rules ada. Permodelan dan analisa menggunakan software permodelan, software berbasis finite element analysis untuk mengetahui besaran respons struktur berupa nilai tegangan. Hasil analisa pada penelitian ini  memenuhi batas maksimum tegangan rules LR (tegangan max < 175 Mpa), Tegangan maksimum terbesar beban statis terjadi pada konstruksi helicopter deck menggunakan sandwich sebesar 13,3 Mpa, dengan deformasi terbesar terjadi pada konstruksi helicopter deck menggunakan sandwich sebesar 3,24 mm serta tegangan maksimum terbesar beban dinamis terjadi pada konstruksi helicopter deck menggunakan sandwich sebesar 40,6 Mpa pada ketinggian 300mm dengan deformasi terbesar terjadi pada konstruksi helicopter deck menggunakan sandwich sebesar 6,77 mm dan akibat penggunaan sandwich plate system dapat menurunkan berat konstruksi sebesar 6% untuk keseluruhan konstruksi.

Fulltext View|Download
Keywords: Sandwich Plate System, Helicopter Deck, Berat Konstruksi, Tegangan
  1. E. Utomo, "Penggunaan Sandwich Panel (Pelat Baja dan Synthetic Resin) Pada Konstruksi Kapal," 2016
  2. L. I. Engineering, "SPS The Sandwich Plate System Heavy Engineering Composite from Intelligent Engineering & Safe Concordia SPS Overlay," 2015
  3. S. Arfan, Analisa Kekuatan Konstruksi Helideck Pada Konversi Kapal Tanker MT. Geudondong Pertamina (Persero) menjadi FPSO, 2013
  4. A. Hidayatulloh, Analisa Kekuatan Struktur Helideck Pada Kapal Landing Ship Tank (LST) KRI. Teluk Bintuni 7000 DWT dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga, 2017
  5. M. A. Brooking and Kennedy. S.J.: The performance, safety and production benefits of SPS structures for double hull tankers, in: Proceedings of the RINA Conference on Double Hull Tankers, 25-26.02, London, UK, pp. 1-2. 2004
  6. G. L. Rottman, Landing Ship Tank (LST) 1942-2002, New Vanguard No.115: Osprey Publishing, 2005
  7. D. J. P. Udara, in Peraturan Direktur Jendral Perhubungan Udara Nomor 40 , 2015
  8. A. W. B. Santosa & I. P. Mulyatno, Pengantar Ilmu Perkapalan, Teknik Perkapalan, Undip, Semarang. 2012
  9. A. F. Molland, The maritime engineering reference book: a guide to ship design, construction and operation. Charon Tec., A Macmillan Company. Hungary. 2008
  10. E. P. Popov, Mechanics of Material, 2nd Edition. New Jersey: Prentice- Hall, Inc.1978
  11. D. L. Logan, A first Course in The Finite Element Method, Fourth Edition. Canada: Nelson Education Ltd. 2008
  12. S. J. Kennedy. Composite Steel Structural Sandwich Plate System. United States Patent, Ottawa, Canada. 1995

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.