BibTex Citation Data :
@article{JTP24682, author = {Seto Yuwantoro and Ahmad Zakki and Hartono Yudo}, title = {Analisa Kekuatan Penerapan Sandwich Plate System (SPS) Pada Tank Deck Kapal Landing Ship Tank (LST) 7000 DWT}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {7}, number = {4}, year = {2019}, keywords = {Sandwich Plate System; Tank Deck; Safety Factor; Tegangan; Berat Konstruksi}, abstract = { Di era modern ini kemajuan teknologi memberikan banyak inovasi salah satunya industri perkapalan, termasuk didalamnya konstruksi struktur kapal, terutama dalam perkembangan material terbarukan untuk diaplikasikan pada konstruksi kapal. Material SPS (Sandwich Plate System) merupakan material dalam bentuk komposit lapisan sebagai penggati material baja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai penerapan sandwich pada konstruksi tank deck sehingga dapat diketahui perbandingan berat dan tegangan maksimum yang memenuhi standar atau safety factor dari class yang di gunakan. Pemodelan dan analisa menggunakan software berbasis finite element. Dari hasil penelitian didapatkan konfigurasi ketebalan SPS face plate atas 4 mm bawah 3 mm sedangkan tebal core material 20 mm (4-20-3) dan pengurangan konstruksi di bagian deck long saat menggunakan SPS. Untuk tegangan von mise pada konstruksi saat menggunakan plate baja pada kondisi air tenang 76 N/mm 2 , kondisi sagging 160 N/mm 2 , kondisi hogging 136 N/mm 2 , dengan berat konstruksi 1424 ,5 ton sedangkan dengan variasi sandwich panel kondisi air tenang 81,3 N/mm 2 , kondisi sagging 165 N/mm 2 , kondisi hogging 142 N/mm 2 , dengan berat konstruksi 1357 ,8 ton. Hasil dari perhitungan ini menunjukkan tegangan maksimal saat menggunakan variasi SPS dan kapal dalam keadaan sagging sebesar 165 N/mm 2 , deformasi sebesar 7,24 cm dan penurunan berat konstruksi 4,5 % dari baja. }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/24682} }
Refworks Citation Data :
Di era modern ini kemajuan teknologi memberikan banyak inovasi salah satunya industri perkapalan, termasuk didalamnya konstruksi struktur kapal, terutama dalam perkembangan material terbarukan untuk diaplikasikan pada konstruksi kapal. Material SPS (Sandwich Plate System) merupakan material dalam bentuk komposit lapisan sebagai penggati material baja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai penerapan sandwich pada konstruksi tank deck sehingga dapat diketahui perbandingan berat dan tegangan maksimum yang memenuhi standar atau safety factor dari class yang di gunakan. Pemodelan dan analisa menggunakan software berbasis finite element. Dari hasil penelitian didapatkan konfigurasi ketebalan SPS face plate atas 4 mm bawah 3 mm sedangkan tebal core material 20 mm (4-20-3) dan pengurangan konstruksi di bagian deck long saat menggunakan SPS. Untuk tegangan von mise pada konstruksi saat menggunakan plate baja pada kondisi air tenang 76 N/mm2, kondisi sagging 160 N/mm2, kondisi hogging 136 N/mm2, dengan berat konstruksi 1424,5 ton sedangkan dengan variasi sandwich panel kondisi air tenang 81,3 N/mm2, kondisi sagging 165 N/mm2, kondisi hogging 142 N/mm2, dengan berat konstruksi 1357,8 ton. Hasil dari perhitungan ini menunjukkan tegangan maksimal saat menggunakan variasi SPS dan kapal dalam keadaan sagging sebesar 165 N/mm2 , deformasi sebesar 7,24 cm dan penurunan berat konstruksi 4,5 % dari baja.
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License