BibTex Citation Data :
@article{JTP22306, author = {Alif Adibah}, title = {Analisa Perbandingan Respons Struktur Full Modelling dengan Parallel Middle Body pada Kapal Chemical Oil Tanker dan Cargo ECC di Perairan Indonesia dan Atlantik Utara}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {7}, number = {1}, year = {2019}, keywords = {Respons Strukur; Teknik Permodelan; Tegangan; Finite Element Analysis}, abstract = { Abstrak Kekuatan struktur kapal erat kaitannya dengan kondisi perairan pada suatu wilayah, serta berpengaruh terhadap respons struktur kapal yang dihasilkan akibat dari pembebanan gelombang yang bervariasi. Analisa perbandingan respons struktur dilakukan pada 2 teknik permodelan dengan menggunakan 2 kondisi pembebanan yang bertujuan untuk mendapatkan ketelitian dan akurasi permodelan dalam perhitungan respons struktur memanjang kapal. Permodelan dan analisa menggunakan software Maxsurf untuk mengetahui besaran momen yang dihasilkan dari pembebanan kondisi gelombang serta Msc.Nastran & Patran, software berbasis finite element analysis untuk mengetahui besaran respons struktur berupa nilai tegangan. Hasil analisa menunjukkan bahwa nilai tegangan pada desain struktur full model lebih besar daripada desain struktur parallel middle body. Penyebabnya, pada desain struktur full model mengalami inaccuracy deformation karena terjadi pembebanan lokal pada strukturnya, sedangkan pada desain struktur parallel middle body terjadi pembebanan global. Didapatkan nilai selisih perhitungan tegangan sebesar 2,94 – 3,69 % untuk kapal Chemical Oil Tanker dan sebesar 1,37 – 5,52 % untuk kapal Cargo ECC pada titik/node penampang yang sama. Teknik permodelan struktur dan teknik pembebanan mempengaruhi hasil perhitungan respons struktur, desain model parallel middle body dianggap memenuhi kriteria perhitungan respons struktur memanjang kapal karena mampu merepresentasikan unsur kekuatan memanjang kapal. }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/22306} }
Refworks Citation Data :
Abstrak
Kekuatan struktur kapal erat kaitannya dengan kondisi perairan pada suatu wilayah, serta berpengaruh terhadap respons struktur kapal yang dihasilkan akibat dari pembebanan gelombang yang bervariasi. Analisa perbandingan respons struktur dilakukan pada 2 teknik permodelan dengan menggunakan 2 kondisi pembebanan yang bertujuan untuk mendapatkan ketelitian dan akurasi permodelan dalam perhitungan respons struktur memanjang kapal. Permodelan dan analisa menggunakan software Maxsurf untuk mengetahui besaran momen yang dihasilkan dari pembebanan kondisi gelombang serta Msc.Nastran & Patran, software berbasis finite element analysis untuk mengetahui besaran respons struktur berupa nilai tegangan. Hasil analisa menunjukkan bahwa nilai tegangan pada desain struktur full model lebih besar daripada desain struktur parallel middle body. Penyebabnya, pada desain struktur full model mengalami inaccuracy deformation karena terjadi pembebanan lokal pada strukturnya, sedangkan pada desain struktur parallel middle body terjadi pembebanan global. Didapatkan nilai selisih perhitungan tegangan sebesar 2,94 – 3,69 % untuk kapal Chemical Oil Tanker dan sebesar 1,37 – 5,52 % untuk kapal Cargo ECC pada titik/node penampang yang sama. Teknik permodelan struktur dan teknik pembebanan mempengaruhi hasil perhitungan respons struktur, desain model parallel middle body dianggap memenuhi kriteria perhitungan respons struktur memanjang kapal karena mampu merepresentasikan unsur kekuatan memanjang kapal.
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License