Analisis Pengaruh Variasi Bentuk Perforated Pada Fixed Baffles Untuk Mengurangi Efek Sloshing Pada Ruang Muat Kapal Tanker Menggunakan Metode CFD

*Saeful Huda Mursito  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Eko Sasmito Hadi  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Parlindungan Manik  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 30 Oct 2018; Published: 5 Nov 2018.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Saat ini sebagian besar eksplorasi minyak bumi berada di lautan, dimana kapal digunakan sebagai alat transportasi utama untuk mengangkut minyak bumi tersebut. Kapal tersebut memiliki resiko kecelakaan tinggi karena membawa muatan mudah terbakar dan memeperoleh efek sloshing. Sloshing merupakan sebuah fenomena gerakan bebas dari  fluida dalam sebuah tangki. Fenomena ini sering di sebut dengan free surface effect yang dapat mengakibatkan deformasi pada struktur tangki. Penelitian ini bertujuan mengurangi efek sloshing dari kapal pertamina 17500Ltdwt  yang di timbulkan dengan menggunakan fixed baffle di tambah dengan variasi perforated pada masing-masing baffle. pemodelan tangki yang di gunakan untuk simulasi memiliki panjang 20,10m, lebar 11,85m, tinggi 10m. Analisa menggunakan metode Computational Fluid Dynamic dengan menambah variasi perforated pada fixed baffle yakni tanpa baffle, full baffle, setengah rectangle, full rectangle, full oval, setengah oval,  full circle, dan setengah circle dengan variasi pengisian tangki yakni 30%, 50%, 70%, dan 90%.  Pada penelitian ini dapat diketahui bahwa efek sloshing pada tangki dengan full baffle dapat berkurang 30,54%, full oval perforated dapat berkurang 24,54%, full circle perforated dapat berkurang 24,12%, full  rectangle perforated dapat berkurang 23,34%, setengah rectangle perforated dapat berkurang 22,07%, setengah  oval perforated dapat berkurang 21,09%, setengah  circle perforated dapat berkurang 17,47%.

Keywords: sloshing;free surface effect;baffle;computational fluid dynamic

Article Metrics:

  1. M. Prakarsa, Ananda Ragil ; Chrismianto, Deddy ; Iqbal, “Analisa Pengaruh Sloshing Pada Ruang Muat Kapal Tanker Pertamina 17500 LTDW Dengan Metode CFD (Computational Fluid Dynamic),” J. Tek. PERKAPALAN, vol. 5, no. 1, pp. 163–172, 2017
  2. P. K. Nema and R. No, “Computational study of sloshing behavior in 3-D rectangular tank with and without baffle under Seismic Excitation Computational study of sloshing behavior in 3-D rectangular tank with and without baffle under Seismic Excitation,” NATIONAL INSTITUTE OF TECHNOLOGY, ROURKELA, 2014
  3. A. Brentjes, “Modelling Liquid Sloshing in Rotating Tanks,” 2015
  4. D. J. Ha and Geoje-si, “Anti-sloshing structure for LNG cargo tank,” 2010
  5. W. Wang and Y. Xiong, “Minimising the sloshing impact in membrane LNG tank using a baffle,” Proc. 9th Int. Conf. Struct. Dyn., no. July, pp. 3171–3178, 2014
  6. M. A. Xue, J. Zheng, and P. Lin, “Numerical simulation of sloshing phenomena in cubic tank with multiple baffles,” J. Appl. Math., vol. 2012, 2012
  7. R. A. Rachmadani, E. S. Hadi, and G. Rindo, “PENGARUH VARIASI BENTUK PERFORATED PADA FIXED BAFFLES UNTUK MENGURANGI EFEK SLOSHING PADA PALKA KAPAL IKAN TRADISIONAL 30 GT DI DAERAH BATANG - JAWA TENGAH,” J. Tek. Perkapalan, vol. 4, no. 2, Apr. 2016
  8. R. A. Ibrahim, “Liquid Sloshing DynamicsLiquid Sloshing Dynamics,” 2005
  9. M. Rudman and P. W. Clearly, “Modelling Sloshing In LNG Tank,” Int. Conf. CFD Miner. Process Ind., 2009
  10. D. J. Ha, “ANTI-SLOSHING STRUCTURE FOR LNG CARGO TANK,” 2010
  11. J. H. Jung, H. S. Yoon, C. Y. Lee, and S. C. Shin, “Effect of the vertical baffle height on the liquid sloshing in a three-dimensional rectangular tank,” Ocean Eng., vol. 44, pp. 79–89, 2012
  12. K. H. Halse, “MODELING AND SIMULATION OF SLOSHING MOTION IN MASTER THESIS 2015 FOR MODELING AND SIMULATION OF SLOSHING MOTION IN,” pp. 1–85, 2015
  13. R. Belakroum, M. Kadja, T. H. Mai, and C. Maalouf, “An efficient passive technique for reducing sloshing in rectangular tanks partially filled with liquid,” Mech. Res. Commun., vol. 37, no. 3, pp. 341–346, 2010