Analisa Pengaruh Penggunaan Chine Terhadap Performa Kapal Studi Kasus Pilot Boat 15m Dengan Metode Computational Fluid Dynamics (CFD)

Bagus Wijaya Pratama  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Parlindungan Manik ST,MT.  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
*Ir. Kiryanto MT.  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 16 Nov 2018; Published: 6 Sep 2019.
Open Access
Citation Format:
Abstract

Pilot Boat dikategorikan sebagai kapal cepat merupakan kapal yang berfungsi bagi petugas pandu untuk naik/turun ke/dari kapal yang dipandu di perairan wajib pandu, perairan pandu luar biasa dan di luar perairan wajib pandu saat masuk/keluar pelabuhan/sandar dan lepas ke/dari dermaga/tambatan. Dalam upaya mengetahui pengaruh penggunaan chine terhadap performa kapal, maka dilakukan variasi perubahan terhadap sudut dan dimensi chine. Dengan perubahan kecepatan yang dilakukan kelipatan 5 dari 5-30 knot. Dalam penelitian ini dilakukan simulasi untuk menganalisa hambatan kapal dan olah gerak kapal menggunakan metode Computational Fluid Dynamics (CFD)pada kapal pilot boat 15m. Anlisa yang dilakukan adalah hambatan kapal dan olah gerak kapal, dalam penilitian ini hanya dilakukan analisa olah gerak kapal pitching dan rolling. Selanjutnya hasil dari simulasi CFD akan divalidasi menggunkan validasi numerik dengan menggunakan kriteria residual sebesar 10-3 untuk hambatan kapal. Untuk analisa olah gerak kapal menggunakan 2 sudut heading 900 dan 180o dengan tinggi gelombang 1m dan 2m. Dari hasil yang diperoleh model 3 memiliki hambatan total paling minimal sebesar 17908N dan model 5 memenuhi kriteria NORDFORSK untuk tinggi gelombang 1m dan 2m.

Keywords: Chine, Analisa Hambatan, Analisa Olah Gerak, Kapal Cepat, CFD

Article Metrics:

  1. D. Savitsky, On the Subject of High-Speed Monohulls, Greek Section of the Society of Naval Architects and Marine Engineers, 1–24, 2003.
  2. R. Marshall, The Language of Hull Shapes All About Powerboats, pp. 13-25 : International Marine, 2002.
  3. D. Frisk & L. Tegehall, Prediction of High-Speed Planing Hull Resistance and Running Attitude, Chalmers : Chalmers University of Technology, 2015.
  4. B. Muller-Graf, The Effect of an Advanced Spray Rail System on Resistance and Development of Spray of Semi-Displacement Round Bilge Hulls, Proceeding Fast Sea Transportation (FAST’91), Trondheim, Vol.1 : 125-142, 1991.
  5. D . J. Kim, S. Y. Kim, Y. J. You, K. P. Rhee, S. H. Kim and Y. G. Kim, "Design of high-speed planing hulls for the improvement of resistance and seakeeping performance", Ocean Engineering, vol. 5, pp. 161-177, 2013.
  6. N. B. Basir, A. Trimulyono, and A. W. B. Santosa, "Analisa Pengaruh Penggunaan Chine Pada Hambatan Kapal Ikan Tipe Katamaran ", Jurnal Teknik Perkapalan, 3(2), 183-192, 2015.
  7. F. D. Luca and C. Pensa, "The Naples Warped Hard Chine Hulls Systematic Series", Ocean Engineering, vol. 139, pp. 205-236, 2017.
  8. F. F. Yuliansyah, D. Chrismianto & A. W. B. Santosa, "Analisa Hambatan Total dan Lift Force pada Kapal Crew Boat", 2(4), 49–57, 2014.
  9. C. E. Febrian, D. Chrismianto, and G. Rindo, "Analisis Hambatan dan Gaya Angkat dari Modifikasi Stephull dengan Variasi Sudut pada Kapal Pilot Boat 15 Meter ALU Menggunakan Metode CFD", Jurnal Teknik Perkapalan, 6(1), 1-10, 2018.
  10. M. Salas, R. Luco, P. K. Sahoo, N. Browne, and M. Lopez, "Experimental and CFD Resistance Calculation of a Small Fast Catamaran", Australian Maritime College, 2015.
  11. Y. E. Priharanto, M. Z. Latif A. & D. Prasetyo, "Penilaian Hambatan Total Kapal Transportasi Antar Pulau Tipe Longboat", 1(2), 102–109, 2017.
  12. Romadhoni, "Analisa Olah Gerak Kapal Di Gelombang Reguler Pada Kapal Tipe Axe Bow", Jurusan Teknik Perkapalan Politeknik Negeri Bengkalis, 13(2), 61–68, 2016.
  13. P. Manik, "Analisa Gerakan Seakeeping Kapal pada Gelombang Reguler", Kapal, 4(1), 1–10, 2007.
  14. Kiryanto, "Analisa Teknis Stabilitas Dan Olah Gerak Kapal Patrol Speed Boat Grass Carp Di Perairan Rawa Pening Jawa Tengah", Kapal, 7(2), 1–14, 2010.
  15. NORDFORSK, The Nordic Cooperative Project, Seakeeping Performance of Ships, Assessment of a Ship Performance in a Seaway, Trondheim, Norway : MARINTEK, 1987.