BibTex Citation Data :
@article{JTP22293, author = {Bagus Pratama and Parlindungan ST,MT. and Ir. MT.}, title = {Analisa Pengaruh Penggunaan Chine Terhadap Performa Kapal Studi Kasus Pilot Boat 15m Dengan Metode Computational Fluid Dynamics (CFD)}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {7}, number = {1}, year = {2019}, keywords = {Chine, Analisa Hambatan, Analisa Olah Gerak, Kapal Cepat, CFD}, abstract = { Pilot Boat dikategorikan sebagai kapal cepat merupakan kapal yang berfungsi bagi petugas pandu untuk naik/turun ke/dari kapal yang dipandu di perairan wajib pandu, perairan pandu luar biasa dan di luar perairan wajib pandu saat masuk/keluar pelabuhan/sandar dan lepas ke/dari dermaga/tambatan. Dalam upaya mengetahui pengaruh penggunaan chine terhadap performa kapal, maka dilakukan variasi perubahan terhadap sudut dan dimensi chine. Dengan perubahan kecepatan yang dilakukan kelipatan 5 dari 5-30 knot. Dalam penelitian ini dilakukan simulasi untuk menganalisa hambatan kapal dan olah gerak kapal menggunakan metode Computational Fluid Dynamics (CFD)pada kapal pilot boat 15m. Anlisa yang dilakukan adalah hambatan kapal dan olah gerak kapal, dalam penilitian ini hanya dilakukan analisa olah gerak kapal pitching dan rolling. Selanjutnya hasil dari simulasi CFD akan divalidasi menggunkan validasi numerik dengan menggunakan kriteria residual sebesar 10 -3 untuk hambatan kapal. Untuk analisa olah gerak kapal menggunakan 2 sudut heading 90 0 dan 180 o dengan tinggi gelombang 1m dan 2m. Dari hasil yang diperoleh model 3 memiliki hambatan total paling minimal sebesar 17908N dan model 5 memenuhi kriteria NORDFORSK untuk tinggi gelombang 1m dan 2m . }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/22293} }
Refworks Citation Data :
Pilot Boat dikategorikan sebagai kapal cepat merupakan kapal yang berfungsi bagi petugas pandu untuk naik/turun ke/dari kapal yang dipandu di perairan wajib pandu, perairan pandu luar biasa dan di luar perairan wajib pandu saat masuk/keluar pelabuhan/sandar dan lepas ke/dari dermaga/tambatan. Dalam upaya mengetahui pengaruh penggunaan chine terhadap performa kapal, maka dilakukan variasi perubahan terhadap sudut dan dimensi chine. Dengan perubahan kecepatan yang dilakukan kelipatan 5 dari 5-30 knot. Dalam penelitian ini dilakukan simulasi untuk menganalisa hambatan kapal dan olah gerak kapal menggunakan metode Computational Fluid Dynamics (CFD)pada kapal pilot boat 15m. Anlisa yang dilakukan adalah hambatan kapal dan olah gerak kapal, dalam penilitian ini hanya dilakukan analisa olah gerak kapal pitching dan rolling. Selanjutnya hasil dari simulasi CFD akan divalidasi menggunkan validasi numerik dengan menggunakan kriteria residual sebesar 10-3 untuk hambatan kapal. Untuk analisa olah gerak kapal menggunakan 2 sudut heading 900 dan 180o dengan tinggi gelombang 1m dan 2m. Dari hasil yang diperoleh model 3 memiliki hambatan total paling minimal sebesar 17908N dan model 5 memenuhi kriteria NORDFORSK untuk tinggi gelombang 1m dan 2m.
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License