Studi Analisis Kekuatan Poros Propeller Kapal KMP. Pertiwi Nusantara Akibat Dikenai Torsi Dari Propeller

*Mahendra Guna Satriananta  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Hartono Yudo  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Berlian Arswendo Adietya  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 22 Nov 2018; Published: 23 Jan 2019.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract
Bahan poros propeller yang baik akan mempengaruhi kekuatan dan umur material poros propeller. Salah satu cara pemilihan poros propeller kapal adalah pemilihan material poros propeller maupun memberikan variasi baru pada poros propeller untuk mengetahui kekuatan dan nilai ekonomis poros propeller. Poros propeller berbahan Stainless Steel merupakan jenis bahan poros propeller yang paling banyak digunakan pada kapal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai safety factor dan kekuatan puntir dari variasi poros propeller kapal KMP. Pertiwi Nusantara. Variasi yang dilakukan adalah pengurangan dan penambahan diameter poros propeller dan bahan Manganese Bronze poros propeller sebagai bahan  pembanding. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Safety Factor poros propeller bahan Stainless Steel bernilai 5.2 dan Safety Factor bahan Manganese Bronze bernilai 5.6. Sedangkan kekuatan puntir poros propeller bahan Stainless Steel 33,45 dan kekuatan puntir bahan Manganese Bronze 37,20 N/.
Keywords: Poros Propeller; Kekuatan Puntir; Safety Factor; Nilai Ekonomis

Article Metrics:

  1. Kondo, Yan, "Analisis Investasi Pada Industri Pengecoran Propeller Kapal (Studi Kasus : Cv. Antero Jaya Sakti)." Hasanudin University, 2013.
  2. S. Jatmiko and S. Jokosisworo, “Analisa Kekuatan Puntir dan Kekuatan Lentur Putar Poros Baja ST 60 sebagai Aplikasi Perancangan Bahan Poros Baling-baling Kapal,” J. Tek. Perkapalan, vol. 5, no. 1, 2008.
  3. Nubly M. H, H. Yudo, and Kiryanto, “Analisa Kekuatan Coupling pada Kapal Inspeksi Perikanan SKIPI Kelas ORCA Menggunakan Metode Elemen Hingga,” J. Tek. Perkapalan, vol. 5, no. 4, 2017.
  4. BKI Part. I Vol.III “Rules for Machinery Installation” 2016 Edition. Jakarta. Biro Klasifikasi Indonesia.
  5. Popov E. P. 1978. Mechanics of Materials. 2nd edition. Prentice-Hall.Inc. Englewood Cliffs. New Jersey. USA. ISBN 978-0135713563.
  6. Sumarji, “Studi Perbandingan Ketahanan Korosi Stainless Steel Tipe Ss 304 Dan Ss 201 Menggunakan Metode U-Bend Test Secara Siklik Dengan Variasi Suhu Dan Ph,” J. Rotor, vol. 4, no. 1, 2011.
  7. Setyadi, Iwan, “Pengembangan Pengecoran Berbahan Baku Paduan Manganese Bronze Untuk Propeller Kapal Yang Berbasis Bahan Scrap,” Tangerang. ISSN 1410-3680, 2015.
  8. Imran A. I, “Simulasi Tegangan Von Mises dan Analisa Safety Factor Gantry Crane Kapasistas 3 Ton,” J. Tek. Mesin, vol. 8, no. 2, 2017.
  9. W. Nirbito and T. R. Januar, “Analisa Respon Harmonik Struktur Poros Propeller Kapal Menggunakan Ansys Workbench 14.5,” Indonesia University, 2016.
  10. Anonymous, "Stainless Steel Hot Rolled Round Bar 316 Low Price Per Kg," https://www.alibaba.com/showroom/316l-stainless-steel-round-bar-price-per-kg.html. [Diakses 11 November 2018]