Analisa Penambahan Hull Vane dengan Tipe Foil NACA 4412 terhadap Hambatan dan Gaya Angkat pada Kapal Pilot Boat 15 Meter dengan Variasi Sudut Serang dan Kedalaman Foil Menggunakan Metode CFD

*Surya Yusuf Afriansyah  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
Untung Budiarto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
Parlindungan Manik  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
Received: 21 Nov 2018; Published: 6 Sep 2019.
Open Access
Citation Format:
Abstract
Kapal patroli merupakan kapal berkecepatan tinggi yg digunakan untuk berpatroli mengamankan suatu daerah.. Pada saat kapal berpatroli mempunyai hambatan kapal (resistance). Untuk mengurangi nilai hambatan pada kapal dengan menggunakan  Hull Vane. Hull Vane adalah fixed foil yang terletak di bawah garis air pada bagian buritan kapal. Aliran gelombang disekitar Hull Vane tersebut akan mengakibatkan gaya angkat sehingga dapat menambah gaya dorong kapal dan mengurangi hambatan kapal. Ukuran hull vane yang digunakan pada penelitian ini yaitu panjang chord foil 0,27 m dan span foil 3,312 m. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan konfigurasi sudut dan kedalaman foil pada hull vane yang menghasilkan gaya angkat paling besar serta hambatan yang paling kecil. Penelitian ini menggunakan program komputer berbasis Computational Fluid Dynamic (CFD). Penelitian dilakukan dengan menganalisa dan menghitung hambatan total kapal. Berdasarkan hasil analisa menggunakan software Tdyn 12.2.3.0 didapatkan nilai gaya angkat terbesar yaitu 29,4768 KN untuk variasi sudut serang 2 derajat dan kedalaman 100% T. Nilai hambatan total diperkecil 35,112%.. Nilai tersebut terjadi pada Froude Number 1,085.Dari beberapa variasi hull vane yang dilakukan didapatkan variasi hull vane yang paling efektif yaitu untuk variasi sudut serang 2 derajat dan kedalaman 100% T.
Keywords: hull vane ; kapal patroli ; gaya angkat ; hambatan ; Computational Fluid Dynamic (CFD)

Article Metrics:

  1. S. Amendments, “Safety of Life at Sea ( SOLAS ),” no. July, pp. 1–2, 2014.
  2. G. Karafiath and S. C. Fisher, “The Effect of Stern Wedges on Ship Powering Performance,” Nav. Eng. J., vol. 99, no. 3, pp. 27–38, 2008.
  3. W. L. Cave and D. S. Cusanelli., “Effect of Stern Flaps on Powering Performance of the FFG-7 Class,” Mar. Technol., vol. 30, no. 1, pp. 39–50, 1993.
  4. K. Uithof, N. Hagemeister, B. Bouckaert, P. G. van Oossanen, and N. Moerke, “A Systematic Comparison of the Influence of the Hull Vane ® , Inter- Ceptors , Trim Wedges , and Ballasting on the Performace of the 50M AMECRC Series # 13 Patrol Vessel,” Warsh. 2016 Adv. Technol. Nav. Des. Constr. Oper., no. June, pp. 15–16, 2016.
  5. I. Andrews, V. K. Avala, P. Sahoo, and S. Ramakrishnan, “Resistance Characteristics For High-Speed Hull Forms with Vanes,” vol. 2, no. October, pp. 5–10, 2015.
  6. W. Maheswara, B. Untung, and A. F. Zakki, “Analisis Pengaruh Hull Vane Tipe NACA 4412 Sudut 10o Terhadap Hambatan dan Seakeeping pada Kapal Perintis 750 DWT Dengan Variasi Jumlah dan Posisi Foil Hull Vane menggunakan Metode CFD,” Tek. Perkapalan, 2015.
  7. C. E. Febian, D. Chrismianto, and G. Rindo, “Analisis Hambatan dan Gaya Angkat dari Modifikasi Step Hull dengan Variasi Sudut Pada Kapal Pilot Boat 15 Meter ALU menggunakan Metode CFD,” University Diponegoro, 2017.
  8. I. H. Abbott and A. E. V. Doenhoff, Theory of Wing Sections: Including a Summary of Airfoil Data. New York: Dover Publication, Inc, 1949.
  9. NACA, “NACA 4412 - NACA 4412 airfoil.” [Online]. Available: http://airfoiltools.com/airfoil/details?airfoil=naca4412-il. [Accessed: 04-Apr-2017].
  10. R. Bhattacharyya, Dynamics of Marine Vehicles with Aerodynamic Surfaces. New York: John Wiley & Sons, 1978.
  11. M. Salas, R. Luco, P. K. Sahoo, N. Browne, and M. López, “Experimental and CFD resistance calculation of a small fast ship,” Int. Conf. high Perform. Veh., no. October 2015, pp. 215–229, 2004.
  12. S. Y. Afriansyah, U. Budiarto, and P. Manik, “Analisa Penambahan Hull Vane dengan Tipe Foil NACA 4412 terhadap Hambatan dan Gaya Angkat pada Kapal Pilot Boat 15 Meter dengan Variasi Sudut Serang dan Kedalaman Foil Menggunakan Metode CFD,” 2018.