skip to main content

Analisa Pengaruh Anti-Slamming Bulbous bow Tipe Ellips (0-Type) Terhadap Gerakan Slamming dan Hambatan pada Kapal Kontainer MV.Intan Daya 17 Menggunakan Metode CFD

*Muhammad Raditya Daniswara  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Deddy Chrismianto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Eko Sasmito Hadi  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

MV. Intan daya 17 merupakan kapal container (409 Teus) dan memiliki Bulbous bow dengan bentuk titik air terbalik (˅ -Type). Kapal ini  dimiliki oleh PT. Bandar Abadi dengan rute pelayaran Batam-Jakarta. Pada saat kapal di laut, memiliki kemampuan olah gerak kapal (seakeeping) dan mempunyai hambatan kapal (resistance) merupakan aspek yang sangat penting pada perencanaan pembuatan sebuah kapal. Untuk mengurangi nilai Seakeeping dan hambatan pada kapal. Maka membentuk haluan kapal dengan memodifikasi haluan yang lebih rendah dari baseline kapal. Yang dinamakan Anti Slamming bulbous bow. Pada penelitian ini, anti slamming bulbous bow ditambahkan  pada  bulbous bow kapal dengan variasi tinggi anti slamming bulbous bow 10%, 15%, 20% dari tinggi sarat kapal tersebut , memodifikasi panjang bulbous bow( ), lebar bulbous bow( ) dengan ukuran: a.panjang bulbous bow(1,656 m, 3,719 m, 3,903 m), b. lebar bulbous bow (3,995 m, 3,336 m, 2,464m) dan menggunakan bulbous bow tipe ellips (0-Type)   . Dengan tinggi gelombang( = 2 m dan Periode gelombang rata-rata ( = 4s. Pada penelitian ini, semua variasi anti slamming bulbous bow memenuhi standar dari Nordfoks ’87 dengan nilai probabilitas dibawah 0,03. Akibat penambahan anti slamming bulbous bow dan bulbous bow tipe ellips dapat mengurangi hambatan viscous 0,05%-1,9% dari model exiting.

Fulltext
Keywords: anti slamming bulbous bow; hambatan; kapal kontainer
  1. “Vessel details for: INTAN DAYA 17 (General Cargo) - IMO 9822932, MMSI 525100407, Call Sign YBUK2 Registered in Indonesia | AIS Marine Traffic.” [Online]. Available: https://www.marinetraffic.com/en/ais/details/ships/shipid:4902712/mmsi:525100407/imo:9822932/vessel:INTAN_DAYA_17. [Accessed: 26-Jul-2018]
  2. R. Bhattacharya, Dynamics of Marine Vehicles. New York: John Wiley & Sons, 1978
  3. I. Darmawan, E. B. Djatmiko, and M. Murtedjo, “Analisa Slamming Offshore Patrol Boat,” J. Tek. Pomits, vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2012
  4. E. S. Hadi, P. Manik, and M. Iqbal, “Influence of hull entrance angle ‘Perintis 750 DWT’, toward ship resistance: the case study for design development ‘Perintis 750 DWT.,’” MATEC Web Conf., vol. 159, pp. 2–7, 2018
  5. M. Iqbal, G. Rindo, J. T. Perkapalan, F. Teknik, and U. Diponegoro, “Pengaruh Anti-Slamming Bulbous Bow Terhadap Gerakan Slamming Pada Kapal Perintis 200 DWT,” J. Tek. Perkapalan Univ. Diponegoro, pp. 45–54, 2016
  6. M. Atlar, K. Seo, R. Sampson, and D. B. Danisman, “Anti-slamming bulbous bow and tunnel stern applications on a novel Deep-V catamaran for improved performance,” Int. J. Nav. Archit. Ocean Eng., vol. 5, no. 2, pp. 302–312, 2013
  7. M. R. Daniswara, Analisa Pengaruh Anti-Slamming Bulbous Bow Tipe Ellips (0-type) terhadap Gerakan slamming dan hambatan pada kapal kontainer MV. Intan Daya 17 Menggunakan metode CFD “Laporan Tugas Akhir Department S1 Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro.” 2018
  8. “BMKG - Ocean Forecast System.” [Online]. Available: http://peta-maritim.bmkg.go.id/static/. [Accessed: 26-Jul-2018]
  9. P. Adi and Amiadji, “Analisa Penerapan Bulbous Bow pada Kapal Katamaran untuk Meningkatkan Efisiensi Pemakaian Bahan Bakar,” J. Tek. Pomits, vol. 3, no. 1, p. F-13-F-18, 2013
  10. NORDFORSK, 1987, The Nordic Cooperative Project, Seakeeping Performance of ships, In Assessment of a Seaway, Trondheim, Norway: Marintek
  11. B. Ali, N. Firdaus, and Nurhadi, “Analisa Hidrodinamika Kapal Container Sarat Rendah,” J. Ilmu Pengetahuan. dan Teknologi. Kelautan., vol. 14, no. 3, pp. 65–70, 2017

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.