skip to main content

Studi Analisa Perbandingan Hambatan dan Stabilitas Kapal Penyeberangan Tipe Lambung Monomaran dengan Catamaran Jalur Pelayaran Lembar NTB ke Padang Bai Bali.

*Jatie Erlangga  -  Diponegoro University, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Salah satu inovasi dalam bidang produksi kapal adalah rekayasa bentuk lambung kapal yang bertujuan untuk memproduksi kapal dengan performa yang lebih baik. Diantara sekian banyaknya tipe lambung kapal adalah Monomaran dan Catamaran. Analisa perbandingan hambatan, stabilitas, dan olah gerak terhadap model kapal dengan tipe lambung Monomaran dan Catamaran dilakukan untuk mengetahui gambaran performa masing – masing   kapal saat beroperasi di rute perairan Lembar NTB ke Padang Bai Bali. Analisa hambatan, stabilitas, dan olah gerak dapat dilakukan dengan menggunakan  software Maxsurf.

Hasil pengujian hambatan dengan software Maxsurf  pada kecepatan 17 knot menunjukan model kapal dengan tipe lambung Catamaran  memiliki hambatan sebesar 99,5 kN dengan daya sebesar 1.087,77 Hp , lebih kecil 23 % dibandingkan model kapal Monomaran. Dengan besar displacement yang sama hasil pengujian stabilitas menggunakan software Maxsurf Stability menunjukan bahwa kapal Catamaran memiliki jarak Gz yang lebih besar pada kondisi I, II, dan III, dan telah memenuhi semua kriteria stabilitas yang ditentukan. Hasil pengujian olah gerak menunjukan model kapal Catamaran memiliki respon pitching yang lebih baik dibandingkan model kapal Monomaran pada sudut masuk air 00 (depan) dan 900 (samping), sedangkan pada sudut masuk air 1800 (belakang), kapal Monomaran memiliki respon pitching yang lebih baik dibandingkan dengan kapal Catamaran.

Fulltext View|Download
Keywords: Hambatan, Stabilitas, Olah Gerak, Monomaran, Catamaran.
  1. Lewis, E.V. (Editor), 1988. Principles of Naval Architecture Second Revision.Volume II. The Society of Naval Architects and Marine Engineers, 601 Pavonia Avenue, Jersey City, NJ
  2. A. Embankment, “Focus on IMO, no. October 2001. International Maritime Organization, London, pp. 1-31, 1997
  3. V. Dubrousky, 2001, ” Multi Hull Ships
  4. “,Backtone Publishing Company, USA
  5. Sahat Parulian Sagala, “ Perbandingan Performa Hullform Lambung Monohull dan Monomaran pada Kapal Ro-Ro 5000GT “, Vol. 4, No. 2 April, 2016
  6. BPS Nusa Tenggara Barat, “Statistik Transportasi November 2017 Provinsi Nusa Tenggara Barat, “ No.85/01/52 Th.VIII, 2 Januari, 2017
  7. BMKG Wilayah III Denpasar,”Prakiraan Cuaca Jalur Penyeberangan,”PJ.026/III/2018
  8. Anonim Hull. 20 Maret 2018. http://en.wikipedia.org/wiki/hull
  9. Anonim Monomaran. 20 Maret 2018. http://id.wikipedia.org/wiki/monomaran
  10. Anonim Catamaran 20 Maret 2018. http://id.wikipedia.org/wiki/catamaran

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.