BibTex Citation Data :
@article{JTP20817, author = {Jatie Erlangga}, title = {Studi Analisa Perbandingan Hambatan dan Stabilitas Kapal Penyeberangan Tipe Lambung Monomaran dengan Catamaran Jalur Pelayaran Lembar NTB ke Padang Bai Bali.}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {6}, number = {2}, year = {2018}, keywords = {Hambatan, Stabilitas, Olah Gerak, Monomaran, Catamaran.}, abstract = { Salah satu inovasi dalam bidang produksi kapal adalah rekayasa bentuk lambung kapal yang bertujuan untuk memproduksi kapal dengan performa yang lebih baik. Diantara sekian banyaknya tipe lambung kapal adalah Monomaran dan Catamaran . Analisa perbandingan hambatan, stabilitas, dan olah gerak terhadap model kapal dengan tipe lambung Monomaran dan Catamaran dilakukan untuk mengetahui gambaran performa masing – masing kapal saat beroperasi di rute perairan Lembar NTB ke Padang Bai Bali. Analisa hambatan, stabilitas, dan olah gerak dapat dilakukan dengan menggunakan software Maxsurf . Hasil pengujian hambatan dengan software Maxsurf pada kecepatan 17 knot menunjukan model kapal dengan tipe lambung Catamaran memiliki hambatan sebesar 99,5 kN dengan daya sebesar 1.087,77 Hp , lebih kecil 23 % dibandingkan model kapal Monomaran. Dengan besar displacement yang sama hasil pengujian stabilitas menggunakan software Maxsurf Stability menunjukan bahwa kapal Catamaran memiliki jarak Gz yang lebih besar pada kondisi I, II, dan III, dan telah memenuhi semua kriteria stabilitas yang ditentukan. Hasil pengujian olah gerak menunjukan model kapal Catamaran memiliki respon pitching yang lebih baik dibandingkan model kapal Monomaran pada sudut masuk air 0 0 (depan) dan 90 0 (samping), sedangkan pada sudut masuk air 180 0 (belakang), kapal Monomaran memiliki respon pitching yang lebih baik dibandingkan dengan kapal Catamaran . }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/20817} }
Refworks Citation Data :
Salah satu inovasi dalam bidang produksi kapal adalah rekayasa bentuk lambung kapal yang bertujuan untuk memproduksi kapal dengan performa yang lebih baik. Diantara sekian banyaknya tipe lambung kapal adalah Monomaran dan Catamaran. Analisa perbandingan hambatan, stabilitas, dan olah gerak terhadap model kapal dengan tipe lambung Monomaran dan Catamaran dilakukan untuk mengetahui gambaran performa masing – masing kapal saat beroperasi di rute perairan Lembar NTB ke Padang Bai Bali. Analisa hambatan, stabilitas, dan olah gerak dapat dilakukan dengan menggunakan software Maxsurf.
Hasil pengujian hambatan dengan software Maxsurf pada kecepatan 17 knot menunjukan model kapal dengan tipe lambung Catamaran memiliki hambatan sebesar 99,5 kN dengan daya sebesar 1.087,77 Hp , lebih kecil 23 % dibandingkan model kapal Monomaran. Dengan besar displacement yang sama hasil pengujian stabilitas menggunakan software Maxsurf Stability menunjukan bahwa kapal Catamaran memiliki jarak Gz yang lebih besar pada kondisi I, II, dan III, dan telah memenuhi semua kriteria stabilitas yang ditentukan. Hasil pengujian olah gerak menunjukan model kapal Catamaran memiliki respon pitching yang lebih baik dibandingkan model kapal Monomaran pada sudut masuk air 00 (depan) dan 900 (samping), sedangkan pada sudut masuk air 1800 (belakang), kapal Monomaran memiliki respon pitching yang lebih baik dibandingkan dengan kapal Catamaran.
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License