Analisa Performance Propeller Tipe B-5 Series Pada Kapal Rumah Sakit Tipe Katamaran Dengan Variasi Nilai Blade Area Ratio (AE/AO) Dan Pitch Ratio (P/D) Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamic (CFD)

*Didik Haryadi Santoso  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Berlian Arswendo Adietya  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Good Rindo  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: .
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Kapal Katamaran adalah kapal yang memiliki center of gravity dan center of bouyancy yang cukup tinggi. Maka dari itu, kapal ini membutuhkan beberapa kriteria khusus yaitu baling – baling yang dapat memberikan gaya dorongan besar dengan getaran yang rendah. Maka desain baling – baling harus memiliki nilai thrust besar, nilai tekanan rendah, dan aliran baling-baling yang halus. Penelitian ini membandingkan baling -  baling B-5 series berdiameter 2,01 m, dengan membedakan beberapa aspek yaitu Blade Area Ratio(Ae/Ao) dengan variasi 0.45 , 0.6 , 0.75, dan Pitch Ratio (P/D) dengan variasi 0.6 , 0.8 , 1. Sehingga didapatkan jenis baling – baling yang optimum untuk kapal rumah sakit tipe katamaran dengan bantuan program Computational Fluid Dynamics (CFD). Dalam proses analisa menggunakan software berbasis CFD,  kami mendapatkan hasil dari semua model baling – baling yaitu bentuk aliran, nilai thrust dan nilai pressure yang berbeda sesuai dengan RPM yang diberikan. Dari kesembilan model yang telah dibandingkan didapat model baling – baling yang optimum yaitu B – 5 Series model 5 dengan blade area ratio 0,6 dan pitch ratio 0,8 dengan nilai thrust sebesar 52589 N, nilai torque 62877,3 Nm, rata-rata tekanan 59845,05 Pa, kecepatan rata - rata 18,55 m/s, bentuk aliran teratur, serta nilai effisiensi sebesar 0,756

Keywords: Kapal Katamaran; Propeller; CFD

Article Metrics:

  1. Sabastian, Bondan Al Akbar. 2017, Perencanaan Sistem Penggerak Kapal Katamaran dengan Variasi Jarak Demihull sebagai Kapal Rumah Sakit, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sistem Perkapalan, ITS : Surabaya
  2. Bangkit Setyabudi, Putra. 2016. Analisa Nilai Thrust dan Torque Propeller Tipe B-Series pada Kapal Selam Midget 150M dengan Variasi Skew Angle dan Blade Area Ratio (Ae/Ao) Menggunakan Metode CFD, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Perkapalan, UNDIP : Semarang
  3. Mairuhu, Thomas, 2010,Pengaruh pergantian motor induk di kapal terhadap efisiensi system propulsi, Jurnal TEKNOLOGI, Jurusan Teknik Perkapalan, UNPATTI
  4. Manik, Parlindungan, 2008, Buku Ajar Propulsi Kapal, Jurusan Teknik Perkapalan, UNDIP: Semarang
  5. Cahyaning Ati,Wisnu, 2011, Analisa Pengaruh Variasi Sudut Rake Propeller B-Series Terhadap Distribbusi Aliran Fluida Dengan Metode CFD, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sistem Perkapalan, ITS: Surabaya
  6. Simbolon, Herbet. 2015, Analisa Nilai Maximum Thrust Propeller B-Series dan Kaplan Series Pada kapal Tugboat Ari 400 HP dengan Variasi Diameter, Jumlah Daun, Sudut Rake Menggunakan CFD, Tugas akhir, Jurusan Teknik Perkapalan, UNDIP : Semarang.
  7. Carlton, J.2007. Marine Propellers and Propulsion, 2nd Edition. Butterworth-Heinemann
  8. Purwanto, Ajib Wahab, 2014, Analisa pengaruh variasi hullform terhadap hambatan total kapal selam dengan Metode CFD, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Perkapalan, UNDIP: Semarang
  9. Huda,Nurul, 2013, Analisa pengaruh Energy Saving Device pada Propeller dengan Metode CFD, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Perkapalan, UNDIP: Semarang
  10. Paul Anderson, Jens J.Kappel, Eugen Spangenberg, 2009, Aspects of Propeller Developments for a Submarine, Department
  11. Hafiz, Dian. 2011. Analisa Pengaruh Aliran
  12. Fluida Yang Ditimbulkan Oleh Gerakan
  13. Putaran Propeller Pada Kapal Ikan
  14. Terhadap Tekanan Propeller dengan
  15. Pendekata CFD. Semarang : UNDIP
  16. Utama, I K A P. 2009, Kapal Riset yang Ekonomis dengan Lambung Katamaran. Institut Teknologi Sepuluh Nopember: Surabaya