slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
Analisa Pengaruh Penambahan Fin Pada Rudder Terhadap Kemampuan Manuvering Kapal Dengan Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamic (Studi Kasus Kriso Container Ship) | Hutapea | Jurnal Teknik Perkapalan skip to main content

Analisa Pengaruh Penambahan Fin Pada Rudder Terhadap Kemampuan Manuvering Kapal Dengan Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamic (Studi Kasus Kriso Container Ship)

*Reinhard Fernando Hutapea  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Parlindungan Manik  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Untung Budiarto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Kemampuan Kapal dalam melakukan manuver yang baik sangat di pengaruhi oleh gaya yang ditimbulkan dari Rudder. Salah satu cara yang digunakan untuk mendapatkan nilai manuver yang baik pada kapal adalah dengan penambahan fin pada rudder. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya angkat rudder serta nilai bermanuver kapal akibat penambahan fin pada rudder kapal. Penelitian ini menggunakan Software ANSYS Fluent 16.0 untuk mengetahui gaya angkat pada rudder dan perhitungan manual dengan metode slender body strip untuk mendapatkan nilai dari komponen-komponen manuver dengan variasi sudut kemudi 10º, 15º, 35º. Berdasarkan hasil analisa, di dapatkan bahwa peningkatan gaya angkat kemudi terbesar terjadi pada sudut rudder 35º yaitu sebesar 4264,90 KN dibandingkan dengan rudder tanpa fin sebesar 4049,81 KN. Nilai manuver yang baik juga didapat dari kemudi dengan menggunankan fin, dimana nilai Steady Turning Diameter berkurang 47,6 m pada sudut 35º, Tactical Diameter berkurang 47,7m, Advance berkurang 24,5 m, dan Transfer berkurang 25,3 m. Sehingga dengan hasil ini, waktu untuk kapal dalam melakukan manuver menjadi lebih cepat.

Fulltext View|Download
  1. Ansys Fluent 14.0, “Theory Guide”, Chapter 4.4: Standart and SST k-ω turbulent models
  2. C.L.Crane, H.Eda and A. Lansburg, “Principles of Naval Architecture”, Volume III, Chapter IX, Controllability
  3. Harvald, Sv. Aa, 1978, Resistence and Propulsion of Ships, John Miley and Sons, New York
  4. Huda, Nurul. 2013. Analisa pengaruh Energy Saving Device pada Propeller dengan Metode CFD, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Perkapalan, UNDIP: Semarang
  5. Journée, J.M.J., Pinkster, Jakob. 2012, INTRODUCTION IN SHIP HYDROMECHANICS, Delft University of Technology : Netherlands
  6. Mahaboob, Mohammad, 2014, Comparative study of Manuevering performance of Conventional and Fishtail rudder of a Ship , International Journal of Engineering and Technical Research, Andhra University Collage of Engineering : Visakhaptnam
  7. Mulyasari, Hardina. 2013. TA. ANALISIS PENGGUNAAN FLAP PADA MODIFIKASI KEMUDI MENYERUPAI BENTUK EKOR IKAN TERHADAP MANEUVERABILITY KAPAL. Teknik Perkapalan. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
  8. Van Lammeren, W. P A., Troost, L. & Konig, J. G., 1948, Resistance Propulsion and steering of ship, The Technical Publishing Company, Holland
  9. Wardana, P.I.K. .2012. TA. Komparasi Daun Kemudi terhadap Gaya Belok dengan Pendekatan CFD. Teknik Perkapalan. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.