BibTex Citation Data :
@article{JTP18825, author = {Azhabul Fajar and Deddy Chrismianto and Eko Hadi}, title = {Studi Analisa Slamming & Deck Wetness Akibat Gerakan Heaving – Pitching Coupling & Gerakan Non-Linier Rolling (Studi Kasus Kapal MT. Pandan)}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {5}, number = {4}, year = {2017}, keywords = {Heaving; Pitching; Slamming; Deck Wetness; Non-Linier Rolling}, abstract = { Analisis olah gerak kapal di perairan dikenal sebagai seakeeping yang merupakan bidang studi meliputi perilaku dan unjuk kerja kapal diatas gelombang yang menunjukkan kemampuan kapal untuk mempertahankan fungsi dalam menjalankan misinya di laut. Jadi analisa seakeeping sangat diperlukan untuk melihat kemampuan kapal untuk bertahan dalam kondisi berbahaya pada saat menghadapi cuaca buruk. Penelitian mengenai karakteristik kapal sebenarnya telah banyak dilakukan namun menentukan karakteristik gerak dinamis yang digabungkan seperti heaving – pitching , atau karakteristik gerak Non-Linier rolling serta karakteristik slamming dan deck wetness -nya. Maka dari itu, kajian yang penulis paparkan pada tugas akhir ini adalah studi karakteristik stabilitas dinamis gerakan Heaving – Pitching Coupling dimana berdasarkan hasil perhitungan dan analisa yang dilakukan didapatkan grafik RAO untuk tiap sudut datang gelombang. Dari hasil yang didapatkan, nilai amplitudo, velocity , dan akselerasi pada respon gerak heave dan pitch serta roll rata – rata jatuh pada arah sudut datang gelombang 90 0 ( beam sea ). Kemudian hasil dari analisa slamming dan deck wetness menunjukkan telah sesuai menurut criteria Rules General Operability Limiting Criteria for Ship (NORDFORSK, 1987) . }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/18825} }
Refworks Citation Data :
Analisis olah gerak kapal di perairan dikenal sebagai seakeeping yang merupakan bidang studi meliputi perilaku dan unjuk kerja kapal diatas gelombang yang menunjukkan kemampuan kapal untuk mempertahankan fungsi dalam menjalankan misinya di laut. Jadi analisa seakeeping sangat diperlukan untuk melihat kemampuan kapal untuk bertahan dalam kondisi berbahaya pada saat menghadapi cuaca buruk. Penelitian mengenai karakteristik kapal sebenarnya telah banyak dilakukan namun menentukan karakteristik gerak dinamis yang digabungkan seperti heaving – pitching, atau karakteristik gerak Non-Linier rolling serta karakteristik slamming dan deck wetness-nya. Maka dari itu, kajian yang penulis paparkan pada tugas akhir ini adalah studi karakteristik stabilitas dinamis gerakan Heaving – Pitching Coupling dimana berdasarkan hasil perhitungan dan analisa yang dilakukan didapatkan grafik RAO untuk tiap sudut datang gelombang. Dari hasil yang didapatkan, nilai amplitudo, velocity, dan akselerasi pada respon gerak heave dan pitch serta roll rata – rata jatuh pada arah sudut datang gelombang 900 (beam sea). Kemudian hasil dari analisa slamming dan deck wetness menunjukkan telah sesuai menurut criteria Rules General Operability Limiting Criteria for Ship (NORDFORSK, 1987).
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License