Studi Analisa Slamming & Deck Wetness Akibat Gerakan Heaving – Pitching Coupling & Gerakan Non-Linier Rolling (Studi Kasus Kapal MT. Pandan)

*Azhabul Hayatul Fajar  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Deddy Chrismianto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Eko Sasmito Hadi  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: .
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Analisis olah gerak kapal di perairan dikenal sebagai seakeeping yang merupakan bidang studi meliputi perilaku dan unjuk kerja kapal diatas gelombang yang menunjukkan kemampuan kapal untuk mempertahankan fungsi dalam menjalankan misinya di laut. Jadi analisa seakeeping sangat diperlukan untuk melihat kemampuan kapal untuk bertahan dalam kondisi berbahaya pada saat menghadapi cuaca buruk. Penelitian mengenai karakteristik kapal sebenarnya telah banyak dilakukan namun menentukan karakteristik gerak dinamis yang digabungkan seperti heaving – pitching, atau karakteristik gerak Non-Linier rolling serta karakteristik slamming dan deck wetness-nya. Maka dari itu, kajian yang penulis paparkan pada tugas akhir ini adalah studi karakteristik stabilitas dinamis gerakan Heaving – Pitching Coupling dimana berdasarkan hasil perhitungan dan analisa yang dilakukan didapatkan grafik RAO untuk tiap sudut datang gelombang. Dari hasil yang didapatkan, nilai amplitudo, velocity, dan akselerasi pada respon gerak heave dan pitch serta roll rata – rata jatuh pada arah sudut datang gelombang 900 (beam sea). Kemudian hasil dari analisa slamming dan deck wetness menunjukkan telah sesuai menurut criteria Rules General Operability Limiting Criteria for Ship (NORDFORSK, 1987).

Keywords: Heaving; Pitching; Slamming; Deck Wetness; Non-Linier Rolling

Article Metrics:

  1. H. Priatno, Dany., Iskendar. Ketakstabilan Memanjang Kapal Bersayap Sebelum Tinggal Permukaan. Pusat Teknologi Industri dan Sistem Transportasi Deputi TIRBR – BPPT
  2. Baso, Suandar., Asri, Syamsul., Rosmani. Prediksi Gerak Heave dan Pitch Kapal Feri di Gelombang Nonlinier Menggunakan A Coupled Eulerian Scheme With Lagrangian Particle. Makassar: Jurusan Teknik Perkapalan, Universitas Hasanuddin
  3. Sriyana. Kerusakan Unit Lapis Lindung Breakwater Akibat Gelombang Acak Spektrum Bretschneider. Semarang: Jurusan Teknik Sipil, Universitas Diponegoro
  4. Akhwady, Rudhy., Mukhtasor., D Armono, Haryo., Musta’in, Mahud. 2014. Pengaruh Gelombang Reguler dan Irreguler Terhadap Koefisien Transmisi Peredam Gelombang Ambang Terbenam Tipe Silinder Berongga (Bottle Reeftm). Jakarta: Staf Balitbang KKP RI
  5. Hasanudin, ST; Ir. Wasis Dwi Aryawan, M.Sc, Ph.D; Ir. Hesty Anita Kurniawati, M.Sc. Studi Pengaruh Gelombang Terhadap Ship Capsizing Probability Menggunakan Safe Basin Erosion. Surabaya: Mahasiswa S2, Fakultas Teknologi Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS); Staf Pengajar S2, Fakultas Teknologi Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
  6. Khoirul Arsad, Ashar., Sulisetyono, ST, MA.Sc., Ph.D, Aries. 2013. Studi Gerakan Sloshing Terhadap Tangki Kotak (Rectangular Tank) Dengan dan Tanpa Pelat Memanjang (Baffle) Akibat Gerakan Rolling Kapal Dengan Metode Computational Fluid Dynamics (CFD). Surabaya: Teknik Perkapalan, Fakultas Teknologi Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
  7. Chabibi, Erik; Yulianto, Totok; Suastika, I Ketut. 2013. Analisa Tegangan pada Cross Deck Kapal Ikan Katamaran 10 GT Menggunakan Metode Elemen Hingga. Surabaya: Teknik Perkapalan, Fakultas Teknologi Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
  8. Murtedjo, Mas. 2003. Penentuan Added Mass Hycat Akibat Gerakan Couple Heaving Pitching pada Gelombang Reguler. Surabaya: Teknik Perkapalan, Fakultas Teknologi Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)