Studi Penentuan Kekuatan Ultimat Struktur Konstruksi Kapal Sunship Eurocoaster

*Hafizh Adin Pujanto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ahmad Fauzan Zakki  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Muhammad Iqbal  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: .
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Kapal kontainer mempunyai beban yang cukup besar dan dalam pengoperasian kapal tersebut harus dirancang sedemikian rupa agar terhindar dari elastic deformation berlebihan yang dapat menimbulkan terjadinya perubahan bentuk geometri akibat beban yang kapal terima. Palkah besar tersebut sangat mempengaruhi dalam kekuatan atau momen maksimum kapal saat kapal beroperasi. Pada penelitian ini penulis membuat model kapal dalam variasi kondisi air tenang, sagging dan hogging dari kapal kontainer sunship eurocoaster yang dibangun di PT. Janata Marina Indah Semarang, jawa tengah. Model dibuat pada software Msc Patran dan dianalisa menggunakan Msc Nastran dengan analisa metode elemen hingga untuk mencari nilai momen maksimum pada konstruksi kapal. Analisa perhitungan variasi momen dilukakan dengan software Hydromax. Hasil analisa didapat momen air tenang 7695398,53 Nm, sagging -81045423,22 Nm, hogging 62124725,82 Nm, momen sagging 235 Mpa -106850016,35 Nm, hogging 235 Mpa 107106580,41 Nm, sagging 400 Mpa -181872368,26 Nm, hogging 400 Mpa 18230907304 Nm, sagging ultimat -236434078,7 Nm, hogging ultimat 236434078,7 Nm.

Article Metrics:

  1. Triono AM. 2015 Luas Perairan Indonesia
  2. Ari Wibawa Budi Santosa. 2012. Pengantar Ilmu Perkapalan, UNDIP, Semarang
  3. Joem K. Paik, Anil K. Thayamballi, dan Jung S. Che. 1996.Ultimate Strength of Ship Hull Under Combined Vertical Bending, Horizontal Bending, and Shearing Forces
  4. BKI.2013.Volume II Rules For Hull
  5. Anonymouse. (2016). Tugas Merancang Kapal V “Longitudinal Strength”. Semarang. UNDIP