skip to main content

Analisa Pengaruh Variasi Penambahan Fin pada Centerbulb terhadap Hambatan Kapal Katamaran MV. Laganbar menggunakan Metode Computational Fluid Dynamic (CFD)

*Yosafat Nugraha Putra  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Parlindungan Manik  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Muhammad Iqbal  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Kapal katamaran merupakan kapal yang menarik untuk dikaji, stabilitas kapal katamaran memang lebih baik, namun muncul permasalahan lain yaitu hambatan. Hambatan kapal katamaran lebih kompleks karena efek interaksi komponen hambatan dengan gelombang laut pada lambung kapal. Hal tersebut mengakibatkan bertambahnya hambatan gelombang akibat hempasan badan kapal oleh gelombang laut. Dari permasalahan tersebut munculah percobaan untuk menambahkan fin pada centerbulb kapal katamaran. Centerbulb berfungsi mengurangi hambatan gelombang yang terjadi pada lambung kapal katamaran, serta penambahan fin pada centerbulb dapat mengoptimalkan pengurangan hambatan tersebut. Analisa perhitungan hambatan total kapal katamaran dihitung menggunakan software CFD yaitu Tdyn 12.2.3.0 dan  menggunakan variasi kecepatan (Fn = 0,15; Fn = 0,20; Fn = 0,25; Fn = 0,30; Fn = 0,35), jumlah dan ukuran fin pada centerbulb. Hasilnya, nilai hambatan total kapal bertambah pada Fn 0,15 sampai dengan Fn 0,30, dan mengurangi hambatan total pada kecepatan tertinggi dengan Fn = 0,35 yaitu sebesar 1% sampai 20% pada keseluruhan model. Model terbaik terdapat pada model 11 dengan jumlah fin 6 dan ukuran lebar fin 0,13m yaitu pada Fn = 0,35 dapat mengurangi hambatan total sebesar 20%.

Fulltext View|Download
Keywords: hambatan; katamaran; centerbulb; fin; CFD.
  1. Samuel. Iqbal.M and I.K.A.P Utama, “An Investigation Into The Resistance Components OF Converting A Traditional Monohull Fishing Vessel Into Catamaran Form,” Int. J. Technol., 2015
  2. Amriardi, Ulil. 2015. Analisa Hambatan Kapal Ikan Tradisional Catamaran di Perairan Cilacap Karena Perubahan Bentuk Lambung Dengan Pendekatan Lattice Boltzmann Method (LBM.)Skripsi Sarjana FT UNDIP Semarang :Vol.3,No.3, Juli 2015
  3. D. B. Danışman, “Reduction of demi-hull wave interference resistance in fast displacement catamarans utilizing an optimized centerbulb concept,” Ocean Eng., vol. 91, pp. 227–234, 2014
  4. Adib, Grafian. 2015. Analisa Penambahan Centerbulb terhadap Hambatan Total Kapal Catamaran menggunakan Software Berbasis CFD.Skripsi Sarjana FT UNDIP Semarang :tidakditerbitkan
  5. Kurniawan, Asep 2016.Analisa Peningkatan Performa Hambatan Kapal Katamaran MV. Laganbar Menggunakan Centerbulb dan Bulbous Bow Dengan Metode Computational Fluid Dynamic (CFD).SkripsiSarjana FT UNDIP Semarang :tidakditerbitkan
  6. Ludi dan Ketut. 2012. Perhitungan Wave Making Resistance pada Kapal Katamaran dengan Menggunakan CFD. Jurnal Teknik ITS Vol. 1, No. 1Fakultas Teknologi Kelautan – Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  7. Sobirin, Yusup. 2013. Analisa Pengaruh Variasi Bentuk Hull Terhadap Hambatan Total Kapal Catamaran untuk Penyeberangan di Kepulauan Seribu Dengan CFD. Skripsi Sarjana pada FT UNDIP Semarang :tidakditerbitkan
  8. Zotti, I. 2007. Medium Speed Catamaran With Large Central Bulbs : Experimental Investigation on Resistance and Vertical Motions. In Proceedings of ICMRT’07, 167–74. Ischia, Naples, Italy
  9. Molland, A.F. 2008. A Guide to Ship Design, Construction and Operation. Butterworth - Heinemann : Elsevier
  10. Jamaluddin, A., et al., “Experimental and Numerical Study of the Resistance Component Interactions of Catamarans,” Proc. Inst. Mech. Eng. Part M J. Eng. Marit. Environ., vol. 227(1), pp. 51–60, 2012
  11. Couser, P R, Molland, A F, Armstrong N and Utama, I K A P. 1997. Calm Water Powering Predictions for High Speed Catamarans.Procs.Of International Conference on Fast Sea Transportation, FAST 1997, Sydney, 21-23 July
  12. Molland, A.F., Wellicome, J.F., Couser, P.R. 1996. Resistance Experiments on a Systematic Series of High-Speed Displacement Catamaran Forms : Variations of Length-Displacement Ratio and Breadth-Draugh Ratio. Transaction RINA, 138A

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.