skip to main content

Perancangan Kapal Riset Untuk Perairan Laut Nusa Tenggara Timur

*Bintang M.T Sinambela  -  Departemen Teknik Perkapalan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia
Berlian Arswendo Adietya  -  Departemen Teknik Perkapalan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia
Good Rindo  -  Departemen Teknik Perkapalan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Kurangnya kapal riset yang beroperasi diperairan Indonesia, khususnya diperairan laut Nusa Tenggara Timur yang memiliki banyak potensi untuk dilakukan penelitian menjadi pertimbangan  utama dalam mendesain kapal riset monohull ini. Desain kapal riset ini harus mampu mengangkut segala peralatan penelitian layaknya kita berada disebuah laboratorium penelitian yang lengkap dengan segala peralatan penelitiannya. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa langkah yang meliputi survey langsung ke kapal riset milik LIPI di Jakarta Utara yaitu KR.Baruna Jaya VIII untuk mendapatkan beberapa data, menghitung ukuran utama dengan metode regresi linear, membuat rencana garis dan rencana umum, hambatan kapal, analisis olah gerak dan stabilitas kapal, serta pemilihan peralatan penelitian kapal riset sesuai fungsinya. Hasil dari desain kapal riset ini mendapatkan ukuran utama LOA : 60 m, LWL : 57 m, LPP : 54,15 m, B : 10,17 m, T : 10,17 m, H : 7 m pada kapal riset monohull. Dari hasil perhitungan terhadap performance kapal, hasil menunjukkan stabilitas kapal memiliki titik M berada diatas titik G di segala kondisi. Gerak kapal terbukti tidak terjadi wettnes deck, kapasitas orang didalam kapal adalah 54 0rang dengan 24 awak dan 30 peneliti. Kapal ini menggunakan dua mesin motor penggerak dengan daya sebesar 503-567 bHP.

Fulltext View|Download
Keywords: Research Vessel; Regresi Linear; Perairan Nusa Tenggara Timur; Resistence; Motion; Stability
  1. Badan Meteorologi Dan Geofisika Wilayah III. 2004. Arah Angin Dan Karakteristik Perairan Di Kepulauan Indonesia
  2. lipi.go.id, Standar Mutu Kapal Riset Terkait Akurasi. [online]. Diakses Tanggal : 5 Juni 2016. Avalaible : http://lipi.go.id/lipimedia/standar-mutu-kapal-riset-terkait-akurasi/15475
  3. Unols.org, science mission. [online]. Diakses Tanggal : 5 Mei 2016. Avalaible : https://www.unols.org/document/regional-class-research-vessel-science-mission-requirements-2003
  4. Departemen Kelautan dan Perikanan, Dirjen Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil. 2004. Identifikasi dan Pembuatan Profil Pulau-Pulau Kecil. Nusa Tenggara Timur
  5. Wikipedia.org, Kapal riset. [online]. Diakses Tanggal : 5 Mei 2016. Avalaible : https://id.wikipedia.org/wiki/Kapal_riset
  6. Unols.org, ship classes. [online]. Diakses Tanggal : 5 Mei 2016. Avalaible : https://www.unols.org/document/revised-unols-ship-classes-2011
  7. Kurniawan Deny , 2008, ” Linear Regresion”
  8. IMO. 2002. Code On Intact Stability For All Types Of Ships
  9. Lloyd Register 1964
  10. Watson, D. , 1998, ” Practical Ship Design” , Vol.1, Elsevier Science Ltd.,Kidlington, Oxford, UK
  11. The world Meteorological Organization, “Codes for Sea state include wave height and descriptive characteristics”
  12. U.S. Department of commerce, “National Oceanic and Atmospheric Administration”
  13. NORDFORSK 1987, “The Nordic Cooperative Project, Seakeeping Performance Of Ships Assesment of a Ship’s Performance in a Seaway”, Marintek, Trondheim
  14. Bhattacharya, R., 1978. Dynamic of Marine Vehicles. New York, United State of America

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.