Analisa Bentuk Variasi Propulison Module Pada Sistem Propulsi Azipod (Azimuthing Podded Drive) Berbasis Computational Fluid Dynamic (CFD)

*Rahmat Nurhadi  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Deddy Chrismianto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Good Rindo  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: 1 Jan 2017.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Sistem propulsi adalah salah satu bagian terpenting dari kapal, khususnya yang berhubungan erat dengan kecepatan. Salah satu target optimalisasi yaitu bagaimana mendapatkan kecepatan kapal yang optimum dengan penggunaan daya mesin sekecil mungkin. Kehadiran sistem propulsi Azipod memberikan inovasi baru pada alat penggerak. Yang paling signifikan adalah kemampuannya dalam memerbaiki aliran pada bagian propulsion module. Bentuk propulsion module yang baik akan mengoptimalkan kinerja dari azipod. Maka penentuan parameter geometris perlu didukung oleh penyidikan yang rinci pada kinerja hidrodinamik dari propulsor agar memiliki nilai thrust yang besar dengan besaran nilai power sekecil mungkin. Dalam penelitian ini akan mencari bentuk yang maksimal pada sistem propulsi azipod yang dikeluarkan oleh ABB Azipod® seri VI2300 dengan parameter perubah berupa sudut kemiringan 5o,10o,15o,20o pada bagian Hub serta bagian Tapper dan juga mengunakan perbandingan DPod/Dprop 0,474, 0,536, 0,615 sehingga didapatkan bentuk propulsion module yang optimum dengan bantuan program Computational Fluid Dynamics (CFD).

Keywords: Tegangan; Sustained Load; Expansion Load

Article Metrics:

  1. Islam, M. F., Taylor, R., Quinton, J., Veitch, B., Bose, N., Colbourne, B. And Liu, P., “Numerical investigation of propulsive characteristics of podded propeller”, Proceedings of the 1st International Conference on Technological Advances in Podded Propulsion, Newcastle
  2. M.Moreno, Victor ; Pigazo, Alberto. (2007). Journal of Maritime Research: Future trends in electric propulsion systems for commercial vessels, p.84
  3. Ghassemi, H. and Ghadimi, P.”Computational Hydrodynamic Analysis of the Propeller-Rudder and The AZIPOD System”. Ocean Engineering 35 (2008) 117 -130
  4. Harvald, Sv, Aa. 1992. Tahanan dan Propulsi Kapal. Surabaya : Airlangga University Press
  5. Handayani, 2011. “Penggunaan Azimuth Podded terhadap Kemampuan Maneuver Kapal”. UNHAS, Makasar
  6. Islam M. F, Veitch B, Bose N, and Liu P.”Study of Puller Podded Propulsor with Tapered Hub Propellers in straight course and Azimuthing Conditios”.
  7. Huda,Nurul, 2013, Analisa pengaruh Energy Saving Device pada Propeller dengan Metode CFD, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Perkapalan, UNDIP: Semarang
  8. Ship Hydrodynamics, Lecture Notes of Propulsion Part.
  9. Cai Hao-peng1 , MA Cheng1, CHEN Ke1, QIAN Zheng-fang1, YANG Chen-jun2. “ An Integrative Design Method of Propeller and PBCF”.
  10. ABB AZIPOD® VI Series Poduct Introduction
  11. Mohammed F. Islam, Brian Veitch, Susan Molloy, Neil Bose, and Pengfei Liu “Effects of Geometry Variations on the Performance of Podded Propulsors” To be appeared in SNAME Trans, Florida, USA, 17p, November 2007.
  12. Kleppner, Daniel; Kolenkow, Robert (1973). An Introduction to Mechanics. McGraw-Hill. pp. 267–68