BibTex Citation Data :
@article{JTP16287, author = {Rahmat Nurhadi and Deddy Chrismianto and Good Rindo}, title = {Analisa Bentuk Variasi Propulison Module Pada Sistem Propulsi Azipod (Azimuthing Podded Drive) Berbasis Computational Fluid Dynamic (CFD)}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {5}, number = {1}, year = {2017}, keywords = {Tegangan; Sustained Load; Expansion Load}, abstract = { Sistem propulsi adalah salah satu bagian terpenting dari kapal, khususnya yang berhubungan erat dengan kecepatan. Salah satu target optimalisasi yaitu bagaimana mendapatkan kecepatan kapal yang optimum dengan penggunaan daya mesin sekecil mungkin. Kehadiran sistem propulsi Azipod memberikan inovasi baru pada alat penggerak. Yang paling signifikan adalah kemampuannya dalam memerbaiki aliran pada bagian propulsion module. Bentuk propulsion module yang baik akan mengoptimalkan kinerja dari azipod. Maka penentuan parameter geometris perlu didukung oleh penyidikan yang rinci pada kinerja hidrodinamik dari propulsor agar memiliki nilai thrust yang besar dengan besaran nilai power sekecil mungkin. Dalam penelitian ini akan mencari bentuk yang maksimal pada sistem propulsi azipod yang dikeluarkan oleh ABB Azipod ® seri VI2300 dengan parameter perubah berupa sudut kemiringan 5 o ,10 o ,15 o ,20 o pada bagian Hub serta bagian Tapper dan juga mengunakan perbandingan D Pod /D prop 0,474, 0,536, 0,615 sehingga didapatkan bentuk propulsion module yang optimum dengan bantuan program Computational Fluid Dynamics (CFD) . }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/16287} }
Refworks Citation Data :
Sistem propulsi adalah salah satu bagian terpenting dari kapal, khususnya yang berhubungan erat dengan kecepatan. Salah satu target optimalisasi yaitu bagaimana mendapatkan kecepatan kapal yang optimum dengan penggunaan daya mesin sekecil mungkin. Kehadiran sistem propulsi Azipod memberikan inovasi baru pada alat penggerak. Yang paling signifikan adalah kemampuannya dalam memerbaiki aliran pada bagian propulsion module. Bentuk propulsion module yang baik akan mengoptimalkan kinerja dari azipod. Maka penentuan parameter geometris perlu didukung oleh penyidikan yang rinci pada kinerja hidrodinamik dari propulsor agar memiliki nilai thrust yang besar dengan besaran nilai power sekecil mungkin. Dalam penelitian ini akan mencari bentuk yang maksimal pada sistem propulsi azipod yang dikeluarkan oleh ABB Azipod® seri VI2300 dengan parameter perubah berupa sudut kemiringan 5o,10o,15o,20o pada bagian Hub serta bagian Tapper dan juga mengunakan perbandingan DPod/Dprop 0,474, 0,536, 0,615 sehingga didapatkan bentuk propulsion module yang optimum dengan bantuan program Computational Fluid Dynamics (CFD).
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License