skip to main content

Studi Karakteristik Getaran Global Kapal Supply Vessel 70 m dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga

*Zaenal Arifin  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ahmad Fauzan Zakki  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Muhammad Iqbal  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Getaran yang terjadi pada kapal memiliki efek samping yang berpengaruh cukup besar terhadap ketahanan kontruksi kapal itu sendiri. Kontruksi kapal yang secara terus-menerus mengalami getaran beresiko besar mengalami kegagalan struktur karena getaran itu sendiri bersifat merusak. Setiap benda pasti memiliki frekuensi natural yang menyebabkan resonansi bila nantinya terpengaruh dari adanya gaya eksitasi dari luar sistem tersebut. Agar menghindari adanya resonansi pada sistem, frekuensi natural haruslah dihindari. Pada penelitian ini ditunjukan nilai dari frekuensi alami yang dimiliki oleh hull kapal supply vessel tersebut. Dalam proses analisa menggunakan software MSC/NASTRAN proses meshing sengaja diperbesar dimensi dari tiap elemen untuk memudahkan penyebaran gaya. Dari 20 hasil frekuensi yang ditunjukan terdapat 3 hasil frekuensi yang menunjukan respon sebagai global vibration, yaitu 4,7158 Hz menunjukan 2-node vertical vibration mode ; 6,0581Hz menunjukan 1-node torsional vibration mode ; 6,672 Hz menunjukan 3-node vertical vibration mode ; 9,1766 Hz menunjukan Predominant 1st mode shapes of the coupled horizontal-torsional.

Fulltext View|Download
Keywords: Getaran; Getaran Global; FEM (Finite Element Metodh); Metode Elemen Hingga
  1. Iwer Asmussen, Wolfgang Menzel, Holger Mumm (2011). GL-Technology Ship Vibration. Germanischer Lloyd (GL) Germany
  2. Razvan Ionas, Ionel Chirica (2009) Global Ship Vibration Analysis. University of Galati, Romania
  3. International Standard ISO 6954 (1984): Mechanical Vibration and Shock – Guidelines for Overall Evaluation of Vibration in Merchant Ships
  4. Ahmad Fauzan Zakki, Cao Bo, Chen Tuo Han (2012). Full Ship’s Vibration Analysis of DWT 1000 Ton Class Ocean Research Vessel. Pukyong National University, South Korea

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.