Analisa Kekuatan Cross Deck Terhadap Perubahan Bentuk Variasi Haunch Pada Kapal Ikan Katamaran Menggunakan Metode Elemen Hingga

*Alvin Nadiyas Juneva  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ahmad Fauzan Zakki  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Muhammad Iqbal  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: 1 Jan 2017.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Kementrian Kelautan dan Perikanan indonesia (2015)  menuturkan, dalam rangka mencapai visi Poros Maritim Dunia dan menghadapi implementasi Masyarakat Ekonomi ASEAN, maka Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan berfokus pada mendorong penguatan industri perikanan nasional. Upaya ditempuh melalui pengambilan kebijakan-kebijakan yang menjamin stabilitas dan berkembangnya usaha perikanan, dan melalui investasi pemerintah berupa pembangunan infrastruktur seperti pelabuhan perikanan. Kapal yang diteliti merupakan kapal dengan ukuran kecil sehingga kurang adanya aturan khusus mengenai kapal tipe katamaran yang merupakan tipe special craft yang mengatur dari segi kekuatan struktural kapal. Sehingga dari segi kekuatan kurang diperhatikan. Analisa yang digunakan adalah analisa beban statis untuk mengetahui karakteristik dan letak tegangan terbesar pada cross deck dan perbandingan kekuatan cross deck pada kapal katamaran dengan cross deck tipe rounded haunch dan cross deck tipe chine haunch. Hasil analisa menggunakan program berbasis Metode Elemen Hingga didapatkan hasil stress kapal katamaran dengan cross deck tipe rounded haunch sebesar 155 N/mm², dan tegangan maks kapal katamaran dengan cross deck tipe chine haunch sebesar 175 N/mm². Hasil analisa dari kedua kekuatan kapal tersebut, maka bahwa kapal katamaran dengan cross deck tipe rounded haunch lebih kuat daripada kapal katamaran dengan cross deck tipe chine haunch dengan selisih tegangan sebesar 20 N/mm².

Keywords: kekuatan struktur; haunch; cross deck; katamaran; metode elemen hingga

Article Metrics:

  1. http://beritatrans.com/2015/11/14/menteri-susi-potensi-sektor-kelautan-sangat-menjanjikan/
  2. Purbayanto et al. 2004. Kajian Teknis Kemungkinan Pengalihan Pengaturan Perijinan dari GT menjadi Volume Palka pada Kapal Ikan. Makalah tentang “Paradigma baru pengelolaan perikanan yang bertanggungjawab dalam rangka mewujudkan kelestarian sumberdaya dan manfaat ekonomi maksimal” 10-11 Mei 2004
  3. Dubrovsky, V and A. Lyakhovitsky. 2001. Multi-Hull Ships. USA : Blackbone Publishing Company
  4. Couser, P R, Molland, A, F, Amstrong N and Utama, I K A P. 1997. Calm Water Powering Prediction for High Speed Catamarans, Procs. Of FAST 1997, Sydney, 21-23 July
  5. http://kapalmania.blogspot.co.id/2011/12/komponen-hambatan-catamaran-catamarans.html#more
  6. Gerhart, Philip M dan Richard J. Gross. 1985 . “Fundamentals of Fluid Mechanics”, Addison- Wesley Publishing Company, Inc., USA
  7. Popov, E P. 1996. “Mekanika Teknik”. Erlangga. Indonesia
  8. Zakki, Ahmad Fauzan. 2014. “Metode Elemen Hingga”. Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Diponegoro. Indonesia
  9. Lloyd’s Register Group. 2016. Rules and Regulations for the Classification of Ship,. United Kingdom : Lloyd’s Register Group Limited Registered office
  10. Rosyid, D. M, Setyawan, D. 2000. Kekuatan Struktur Kapal. Pradya Paramita. Jakarta
  11. Rizki Ilma, Erwina. 2010. Analisa Kekuatan Struktur Antara Deck dan Lambung Bagian Dalam Kapal Katamaran, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Kelautan, ITS: Surabaya
  12. Chabibi Erick, 2013, Analisa Tegangan Pada Cross Deck Kapal Ikan Katamaran10 GT Menggunakan Metode Elemen, ITS : Surabaya
  13. Iqbal, Muhammad, Rindo, Good. 2015. Optimasi Bentuk Kapal Katamaran Untuk Meningkatkan Kualitas Seakeeping. Kapal, Vol.12, no. 1
  14. Iqbal, Muhammad. Trimulyono, Andi. 2014. Optimization Of Catamaran Demihull Form In Early Stages Of The Design Process. Kapal, Vol.11, no. 3
  15. Brcic, David. 2004. Comparative Analysis Of Conventional and Swath Passenger Catamaran. Croatia : Rijeka University Press