Analisa Kekuatan Struktur Stern Ramp Door KM.Gambolo dengan Variasi Beban Menggunakan Metode Elemen Hingga

*Nur Fajar Hidayat  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Imam Pujo Mulyatno  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Hartono Yudo  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: 1 Jan 2017.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

KM. GAMBOLO adalah kapal type (Ro  – Ro Passanger Ship) milik Direktorat Jendral Perhubungan Darat  yang memiliki rute pelayaran dari Padang-Mentawai sejauh 110 mil. Kapal ini mampu mengangkut penumpang dan kendaraan yang relatif banyak. Untuk memudahkan proses membongkar dan memuat kendaraan dari dermaga penyeberangan ke kapal, maka KM. GAMBOLO dilengkapi dengan akses keluar masuk kendaraan maupun penumpang berupa pintu rampa (ramp door). Penelitian tentang kekuatan konstruksi stern ramp door perlu diperhatikan karena jika terjadi perubahan muatan dari truk sedang diganti truk besar(tronton) struktur stern ramp door akan menerima beban yang lebih besar dari truk besar (tronton), karena awalnya stern ramp door direncanakan untuk dilewati truk sedang dan sedan. Titik tumpu pembebananyang digunakan berdasarkan dari peraturan dari Departemen Perhubungan Direktorat Jendral Perhubungan Darat tahun 2008. Analisa yang digunakan adalah analisa beban statis untuk mengetahui karakteristik dan letak tegangan terbesar pada konstruksi stern ramp door berdasarkan beberapa variasi pembebanan yaitu saat stern ramp door mengalami kemiringan 15o dan tidak mengalami kemiringan. Hasil analisa menggunakan program berbasis Metode Elemen Hingga didapatkan hasil stress terbesar sedan sebesar 15,4 N/ mm², truk sedang 43,3 N/ mm², Truk tronton 112N/ mm². Tegangan yang dihasilkan masih dalam kondisi aman, berdasarkan rules BKI yaitu 150 N/mm². Untuk sedan sf sebesar 9,74 truk sedang sf sebesar 3,46 dan truk tronton sf sebesar 1,34, sehingga jika terjadi penggantian muatan dari truk sedang ke truk tronton konstruksi ramp door K.M GAMBOLO masih dalam kondisi aman.

Keywords: kekuatan struktur; stern ramp door; metode elemen hingga

Article Metrics:

  1. Doni Setyawan,dkk. 1999. Kekuatan Struktur Kapal. Jakarta : Pradnya Paramita
  2. Khusna Djaya, Indra. 2008. Teknik Konstruksi Kapal Baja. Jilid 1.
  3. Dokkum, van Klaas. 2003. “Ship Knowledge – A Modern Encyclopedia”, Dokmar, The Netherlands.
  4. Karlson, Ulf. 2004. “ Structural Safety Analysis of Bow Doors “. Chalmers University Of Technology, Sweden
  5. Popov, E. P., 1978, Mechanics of Material, 2nd edition, Prentice-Hall, Inc., Englewoood Cliffs, New Jersey, USA.
  6. Ferdinand, P. B. et al. 2012. Mechanics of Material, sixth edition, McGraw-Hill.
  7. Biro Klasifikasi Indonesia, PT. Persero.2014. “Rules for Hull Volume II”. Jakarta: Biro Klasifikasi Indonesia.
  8. Logan, D.L. 2002. “A First Course in the Finite Element Method”, 4 edition. Brooks/ Cole Thompson Learning, Boston.
  9. Panduan Batasan Maksimum Perhi-tungan JBI dan JBKI untuk Mobil Barang, Kendaraan Khusus, Kendaraan Penarik berikut Kereta Tempelan/ Kereta Gandengan, Departemen Perhubungan Direktorat Jendral Perhubungan Darat th 2008.
  10. Febriaty K, Samuel. 2014. Analisa Kekuatan Konstruksi Internal Ramp Sistem Steel Wire Rope pada KM. DHARMA KENCANA VIII dengan Metode Elemen Hingga.
  11. Imam Pujo Mulyatno dan Ardi Septiadi. 2011. Analisa Kekuatan Konstruksi Side Ramp Door System Steel Wire Rope pada K.M DHARMA KENCANA II Akibat Beban Statis dengan Metode Elemen Hingga, Program Studi S1 Teknik Perkapalan, Undip, Semarang.