Analisa Fin Stabilizer Terhadap Rolling Pada Kapal Ferry Ro-Ro 500 GT Dengan Metode CFD (Computational Fluid Dynamic)

*Airlangga Herbowo  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Deddy Chrismianto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Muhammad Iqbal  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: 1 Jan 2017.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Potensi laut di Indonesia dapat dimanfaatkan dalam segi transportasi laut untuk menghubungkan pulau-pulau di Indonesia.Melihat meningkatnya minat masyarakat dalam menggunakan transportasi laut sebagai sarana penunjang, maka kenyamanan dan keamanan para penumpang merupakan hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kepercayaan masyarakat dalam menggunakan kapal. Salah satu cara untuk menjaga kenyamanan dan keamanan para penumpang adalah dengan memperhatikan sistem stabilitas maupun olah gerak kapal pada saat berlayar mengarungi lautan. Kemampuan olah gerak kapal (seakeeping) merupakan salah satu aspek penting yang berkaitan dengan gerakan kapal dalam merespon pengaruh gaya-gaya luar yang bekerja pada kapal. Dalam meningkatkan upaya kualitas dari olah gerak pada kapal, penggunaan sistem anti-roll pada kapal  mampu mempengaruhi  respon gerakan rolling pada kapal salah satu sistem anti-roll adalah fin stabilizer. Pada penelitian ini di ambil fin stabilizer roll royce tipe Aquarius dengan memvariasikan sudut dan luasan untuk mencari pengaruh terhadap gerakan rolling kapal setelah adanya penambahan fin stabilizer. Kemudian dilakukan analisa olah gerak kapal dengan menggunakan metode CFD pada software Tdyn SeaFEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fin stabilizer yang memiliki luasan lebih besar dan dengan sudut kemiringan fin stabilizer pada saat 00 adalah yang paling optimal dalam mengurangi gerakan rolling kapal sebesar 82% dengan RMS of Roll sebesar 0.9920.

Keywords: Fin Stabilizer; Rolling Motion; Kapal Ro-Ro; Olah Gerak; Computaional Fluid Dynamic (CFD)

Article Metrics:

  1. Karakas, Safak C. 2012. Control design of fin roll stabilization in beam seas based on Lyapunov’s direct method
  2. T Kawazoe et al., 1994. Effect of Fin Area and Control Methods on Reduction of Roll Motion with Fin Stabilizers.
  3. Manik, P. Analisa Gerakan Seakeeping Kapal Pada Gelombang Reguler, Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro.
  4. Iqbal, M., & Rindo, G. 2015. Optimasi bentuk demihull kapal katamaran untuk meningkatkan kualitas. Kapal, Vo. 12, no. 1.
  5. Hafida A, Recha. 2014. Analisa Stabilitas Kapal RORO Passanger 5000 GT Merak-Bakauheni dengan Variasi Lebar dan Panjang Bilge Keel, Jurusan Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, UNDIP. SEMARANG.
  6. Bhattacharya, R. 1978. Dynamics of Marine Vehicles. New York: John Wiley & Sons.