BibTex Citation Data :
@article{JTP16274, author = {Afif Aziz and K Kiryanto and Ari Santosa}, title = {Analisa Kekuatan Tarik, Kekuatan Tekuk, Komposisi dan Cacat Pengecoran Paduan Aluminium Flat Bar dan Limbah Kampas Rem dengan Menggunakan Cetakan Pasir dan Cetakan Hidrolik sebagai Bahan Komponen Jendela Kapal}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {5}, number = {1}, year = {2017}, keywords = {Aluminium; Kekuatan Tarik; Kekuatan Tekuk; Cetakan Hidrolik; Cetakan Pasir}, abstract = { Aluminium merupakan logam ringan yang mempunyai ketahanan korosi yang baik, hantaran listrik yang baik dan salah satu bahan yang mempunyai cadangan berlimpah di dunia. Dalam dunia industri pengecoran, aluminium biasa digunakan sebagai bahan baku jendela kapal, seringkali industri tersebut memanfaatkan limbah-limbah aluminium sebagai bahan campuran aluminium agar menghemat biaya produksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sifat mekanis, komposisi dan juga cacat pengecoran dari aluminium paduan aluminium flat bar dan limbah aluminium kampas rem. Spesimen dibuat menggunakan cetakan hidrolik dan cetakan pasir dengan perbandingan bahan baku 50:50 untuk bahan baku jendela kapal. Hasil dari uji tarik, spesimen cetakan hidrolik mempunyai hasil yang lebih baik dari cetakan pasir dengan rata-rata kekuatan tarik sebesar 12,86 kg/mm 2 . hasil uji tekuk menunjukan spesimen cetakan hidrolik mempunyai rata-rata defleksi 2,71mm berbanding cetakan pasir yang mempunyai rata-rata defleksi 2,12 mm. kemudian hasil dari komposisi aluminium paduan ini mengandung kadar Al sebesar 65,89%. Dan dari uji radiography spesimen cetakan pasir lebih banyak terjadi porositas dibandingkan degan cetakan hidrolik. }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/16274} }
Refworks Citation Data :
Aluminium merupakan logam ringan yang mempunyai ketahanan korosi yang baik, hantaran listrik yang baik dan salah satu bahan yang mempunyai cadangan berlimpah di dunia. Dalam dunia industri pengecoran, aluminium biasa digunakan sebagai bahan baku jendela kapal, seringkali industri tersebut memanfaatkan limbah-limbah aluminium sebagai bahan campuran aluminium agar menghemat biaya produksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sifat mekanis, komposisi dan juga cacat pengecoran dari aluminium paduan aluminium flat bar dan limbah aluminium kampas rem. Spesimen dibuat menggunakan cetakan hidrolik dan cetakan pasir dengan perbandingan bahan baku 50:50 untuk bahan baku jendela kapal. Hasil dari uji tarik, spesimen cetakan hidrolik mempunyai hasil yang lebih baik dari cetakan pasir dengan rata-rata kekuatan tarik sebesar 12,86 kg/mm2 . hasil uji tekuk menunjukan spesimen cetakan hidrolik mempunyai rata-rata defleksi 2,71mm berbanding cetakan pasir yang mempunyai rata-rata defleksi 2,12 mm. kemudian hasil dari komposisi aluminium paduan ini mengandung kadar Al sebesar 65,89%. Dan dari uji radiography spesimen cetakan pasir lebih banyak terjadi porositas dibandingkan degan cetakan hidrolik.
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License