Analisa Perbandingan Ekonomis Kapal Ikan PVC “Baruna Fishtama” Dengan Kapal Ikan Tradisional (Kayu)

*Reyhan Ardeo Nasution  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Wilma Amiruddin  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Ari Wibawa Budi Santosa  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: .
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Penggunaan bahan PVC sebagai bahan alternatif pembuatan kapal ikan merupakan inovasi terbaru di Indonesia dan sedang dikembangkan di Pekalongan. Oleh karena itu, dibutuhkan analisa lebih lanjut untuk membantu pengembangan ini. Penelitian ini membahas tentang perbandingan analisa ekonomis antara kapal ikan PVC dengan kapal ikan tradisional (kayu) dengan variable terikatnya adalah Gross Tonnage (GT) dan juga jumlah trip dari kedua kapal yang sama antara kedua kapal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui biaya investasi awal atau pembangunan kapal, biaya pengeluaran per trip, pendapatan nelayan per tahun, dan mengetahui kapal mana yang lebih layak untuk diinvestasikan. Dalam melaksanakan penelitian ini dilakukan beberapa tahapan, yaitu menghitung biaya pembangunan kapal, kemudian menentukan fixed dan variable cost sehingga diketahui pendapatan dari operasional kapal, kemudian dilakukan analisa profitabilitas. Penelitian dilakukan dengan 3 kondisi sebagai variabel bebas, dimana kondisi tersebut merupakan hasil tangkapan yang variatif yang didapat dari kapal kedua kapal. Hasil dari analisa ekonomis ini menunjukan bahwa kapal PVC mempunyai biaya investasi awal yang relatif lebih murah dibandingkan dengan kapal ikan tradisional dan juga berdasarkan nilai dari Internal Rate of Return (IRR), kapal ikan PVC lebih ekonomis atau menguntungkan untuk diinvestasikan bila dibandingkan dengan kapal ikan kayu.

Keywords: Kapal Ikan PVC; Kapal Ikan Kayu; Analisa Ekonomis; Analisa Investasi

Article Metrics:

  1. http://nasional.sindonews.com/read/1029961/149/kapal-ikan-paralon-tingkatkan-kehidupan-nelayan-1438824789 22.50, 12 April 2016
  2. http://www.radarpekalongan.com/7365/menrstek-resmikan-nama-kapal-paralon-baruna-fishtama/ 23.04, 12 April 2016
  3. ] http://teknik-uh.blogspot.co.id/23.33, 14 April 2016
  4. Fyson, John. 1985. “Design Of Small Fishing“. England: News Books Ltd.
  5. Panduan teknik dan katalog produk pipa PVC Wavin. Jakarta: PT. Wavin Duta Jaya.
  6. Pamungkas, Wihandaru Sotya. 2015. Penganggaran Modal (Capital Budgeting). Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
  7. Samuel, dan Jowis Novi B.K. 2013. “Analisa Ekonomis Pembangunan Kapal Ikan Fiberglass Katamaran Untuk Nelayan di Perairan Pantai Teluk Penyu Kabupaten Cilacap”. Semarang: Kapal, Vol 9, No 1, Februari 2013 Fakultas Teknik- Universitas Diponegoro- Indonesia.