Engine Matching Propeller Pada Kapal Ikan Pipa Paralon Untuk Mendapatkan Sistem Propulsi Yang Optimal

*Richki Khresna  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Untung Budiarto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Good Rindo  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: .
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Kapal Ikan pipa Paralon merupakan kapal ikan dengan lambung pipa PVC pertama di Indonesia. Dengan bentuk lambung unik, kapal tersebut  mengalami sebuah kendala berupa tidak tercapainya kecepatan dinas yang direncankan sehingga diperlukan kajian ulang dalam menentukan mesin serta karakteristik propeler yang digunakan. Perhitungan untuk menentukan sistem penggerak yang optimal dapat dilakukan dengan menghitung tahanan kapal, daya mesin yang sesuai dengan tahanan tersebut, hingga menentukan karakteristik propeller rekomendasi. Karakteristik propeller diantaranya Ae/Ao, Diameter propeller, Pitch dan lain – lain. Adapun karakteristik lainnya seperti Koefisien Advance (J), Pitch Ratio (P/D) ditentukan dengan variasi dari nilai 0,5 hingga 1,4. Dengan karakteristik tersebut dapat dihasilkan kt, kq, effisiensi, serta daya dan kecepatan propeller. Dari perhitungan didapatkan spesifikasi mesin rekomendasi kapal ikan pipa Paralon yaitu Volvo Penta D5A-TA dengan daya 102 kW/139 Hp dengan kecepatan 2300 rpm. Sedangkan karakteristik propeller yang optimal adalah dengan Ae/Ao = 0,550 ; P/D = 1,3 ; J = 0,5. Dan dari grafik Matching Point diketahui bahwa Matching Point mesin dan karakteristik propeler baru lebih baik dari mesin dan karakteristik propeler lama.

Keywords: Engine Propeller Matching; Kapal Pipa Paralon; Grafik Matching Point; Gearbox Ratio

Article Metrics:

  1. Adji,Suryo W. Engine-Propeller Matching, Surabaya, Indonesia.
  2. Aryo Subandi, Heru. 2015, Perancangan Kapal Ikan Mini Purse Seine Displacement 11 Ton Tipe Katamaran Menggunakan Pipa PVC. Teknik Perkapalan. Universitas Diponegoro.
  3. Gaafary. M. M, El-Kilani, H.S, Moustafa, M.M. 2011. Optimum Design Of B-Series Marine Propellers, Faculty of Engineering, Alexandria University, Egypt.
  4. Kristensen, Hans O. Lutzen, M. 2013. Prediction of Resistance and Propulsion Power of Ships. Technical University of Denmark, University of Southern Denmark, Denmark.
  5. Molland, Anthony F. Turnock, Stephen R. Hudson, D A. 2011, Ship Resistance and Propulsion, Practical Estimation of Ship Propulsive Power, Cambridge University Press, University of Southampton, United States.
  6. Paska, Adhi. 2016, Analisa Engine Propeller Matching Pada Kapal Perintis Baru Type 200 DWT Untuk Mendapatkan Sistem Propulsi Yang Optimal. Teknik Perkapalan. Universitas Diponegoro.