skip to main content

KESESUAIAN METODE PENGUKURAN PERSENTASE LEMAK TUBUH SKINFOLD CALIPER DENGAN METODE BIOLECTRICAL IMPEDANCE ANALYSIS

*Dwi Nina Wijayanti  -  , Indonesia
Hermina Sukmaningtyas  -  , Indonesia
Deny Yudi Fitranti  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang: Pengukuran persentase lemak tubuh yang akurat merupakan hal yang diperlukan untuk memonitor lemak tubuh, obesitas dan untuk rencana pengaturan diet dalam program pelayanan kesehatan. Lemak tubuh memiliki hubungan dengan beberapa faktor risiko kesehatan. Bioelectrical Impedance Analysis dan Skinfold Caliper dapat memperkirakan persentase lemak tubuh. Kedua alat tersebut mudah, murah dan tidak invasif.

Tujuan: Mengetahui kesesuaian Bioelectrical Impedance Analysis dengan Skinfold Caliper terhadap pengukuran persentase lemak tubuh pada wanita dewasa muda.

Metode: Penelitian dilakukan terhadap 33 wanita dewasa muda dengan tinggi badan 155 – 165 cm dan berat badan 45 – 55 kg. Pada semua subyek dilakukan pengukuran lemak menggunakan Bioelectrical Impedance Analysis dan Skinfold Caliper pada 4 lokasi (trisep, bisep, subskapula dan suprailiaka). Data selanjutnya dianalisis menggunakan uji intraclass correlation coefficient (ICC) absolut agreement.

Hasil: Pada pengukuran persentase lemak tubuh menggunakan Bioelectrical Impedance Analysis didapatkan rerata 20,31 ± 3,13 %, sedangkan Skinfold Caliper didapatkan 23,50 ± 1,51 %. Terdapat perbedaan antara pengukuran Bioelectrical Impedance Analysis dan Skinfold Caliper. Uji kesesuaian menunjukkan kesesuaian derajat sedang (ICC=0,42).

Kesimpulan: Terdapat kesesuaian dengan derajat sedang antara pengukuran persentase lemak tubuh yang diukur menggunakan Bioelectrical Impedance Analysis dan Skinfold Caliper pada wanita dewasa muda.

Fulltext View|Download
Keywords: Lemak tubuh, Bioelectrical Impedance Analysis (BIA), Skinfold Caliper.

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.