skip to main content

HUBUNGAN TINGKAT KECANDUAN GADGET DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA USIA 10 – 11 TAHUN

*Larasati Aurora Arifin  -  , Indonesia
Farid Agung Rahmadi  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar belakang: Belajar merupakan suatu proses perubahan sikap dan tingkah laku yang semula tidak tahu menjadi tahu setelah terjadinya interaksi dengan sumber belajar. Keberhasilan atau kegagalan seseorang siswa dalam penguasan materi pelajaran dapat digambarkan melalui prestasi belajar yang dicapai. Gadget belakangan sudah menjadi gaya hidup masyarakat modern tak terkecuali anak-anak. Kecanduan gadget memiliki konsekuensi negatif terhadap kehidupan sehari – hari dan dapat menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil prestasi belajar siswa.

Tujuan: Menganalisis hubungan tingkat kecanduan gadget dengan hasil prestasi belajar pada siswa usia 10-11 tahun di beberapa SD di kota Semarang.

Metode: Penelitian observasional analitik dengan desain belah lintang dilakukan pada siswa usia 10 – 11 tahun di beberapa Sekolah Dasar di kota Semarang selama bulan Maret – Mei 2016. Kuesioner Smartphone Addiction Scale – Short Version (SAS – SV) diisi oleh masing – masing subjek. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Chi square.

Hasil: Subjek berjumlah 49 orang terdiri dari 29 siswa dan 20 siswi. Sebanyak 19 (38,8%) siswa memiliki tingkat kecanduan gadget tinggi. Hasil uji bivariat Kai kuadrat tidak didapatkan hubungan yang bermakna antara skor tingkat kecanduan gadget dengan prestasi belajar siswa (p=0,181)

Simpulan: Tidak terdapat hubungan antara tingkat kecanduan gadget dengan prestasi belajar siswa usia 10 – 11 tahun

Fulltext View|Download
Keywords: Kecanduan gadget, prestasi belajar, SAS – SV

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.