skip to main content

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN SIRIH MERAH (PIPER CROCATUM) DOSIS BERTINGKAT TERHADAP PROLIFERASI LIMFOSIT LIMPA MENCIT BALB/C YANG DIINFEKSI SALMONELLA TYPHIMURIUM

*Asevano Christobed  -  , Indonesia
Ratna Damma Purnawati  -  , Indonesia
Neni Susilaningsih  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang: Salah satu tanaman obat keluarga yang terdapat di Indonesia adalah sirih merah (Piper crocatum). Piper crocatum mengandung alkaloid, flavonoid, dan tannin yang merupakan antioksidan. Pemberian alkaloid dalam jangka waktu panjang menunjukkan peningkatan jumlah leukosit total, sel darah merah, dan hemoglobin. Flavonoid dapat meningkatkan pertumbuhan sel-sel limfosit meskipun dalam dosis rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak daun Piper crocatum terhadap respon imun mencit dalam melawan infeksi Salmonella Typhimurium dengan proliferasi limfosit sebagai parameternya.

Tujuan: Mengetahui pengarh pemberian ekstrak daun sirih merah dosis 10, 30, 100 mg/hari/mencit terhadap proliferasi limfosit pada limpa mencit Balb/c yang diinfeksi Salmonella Typhimurium.

Metode:  Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan pendekatan Post Test Only Control Group Design.  Sampel merupakan mencit Balb/c jantan yang berumur 8-12 minggu, berat 20-25 gram, dan tidak terdapat kecacatan anatomis.  Sampel dibagi ke dalam 5 kelompok yaitu kelompok kontrol yang terdiri dari K1 yang hanya diberi ekstrak daun Piper crocatum 10 mg/hari/mencit dan K2 yang hanya diinfeksikan Salmonella Typhimurium dengan injeksi intraperitoneal. Kelompok perlakuan (P1, P2, P3) yang diinfeksikan Salmonella Typhimurium dan diberi ekstrak daun Piper crocatum dosis bertingkat (10, 30, 100 mg/mencit/hari).

Hasil: Rerata indeks proliferasi limfosit pada limpa mencit masing-masing kelompok adalah K1=0,264; K2=0,222; P1=0,292; P2=0,339; dan P3=0,158. Perbedaan indeks proliferasi limfosit bernilai signifikan antara K1-P3, K2-P2, P1-P3, dan P2-P3.

Simpulan: Pemberian ekstrak daun Piper crocatum memberikan peningkatan proliferasi limfosit pada dosis 30 mg/mencit/hari.

Fulltext View|Download
Keywords: Piper crocatum, indeks proliferasi, Salmonella Typhimurium

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.