skip to main content

PENGARUH BAWANG PUTIH (Allium sativum L) TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA BAKAR DERAJAT II DANGKAL PADA TIKUS WISTAR

*Zeta Aisyah Bestari  -  , Indonesia
Indah Saraswati  -  , Indonesia
Dea Amarilisa Adespin  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang : Luka bakar merupakan salah satu jenis luka yang paling sering terjadi di masyarakat. Jenis luka bakar yang paling sering terjadi adalah luka bakar derajat II dangkal, dimana masyarakat lebih memilih untuk melakukan self medication karena biaya pengobatan relatif mahal. Kandungan alliin pada bawang putih (Allium sativum L) dipercaya dapat membantu proses penyembuhan luka bakar derajat II dangkal tersebut, dengan aktivitas biologinya sebagai anti-agregasi sel platelet, pemacu fibrinolisis, dan sebagai anti-bakteri.

Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh dari ekstrak bawang putih (Allium sativum L) pada luka bakar derajat II dangkal.

Metode : penelitian post test only control group design dengan 4 kelompok yang dibagi menjadi 2 kategori, terdiri dari kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Kelompok kontrol adalah tikus yang diberi luka bakar derajat II dangkal tanpa mendapatkan perlakuan kelompok perlakuan, yaitu kelompok tikus yang diberi luka bakar derajat II dangkal, yang dibagi menjadi 3 kelompok, diolesi krim ekstrak bawang putih 1.5%, 3.0%, dan 6.0%. Penilaian dilakukan selama 14 hari dengan menggunakan Bates Jensen Wound Assessment Tool.

Hasil : Subjek penelitian pada kelompok kontrol yaitu kelompok yang tidak mendapat perlakuan apapun mencapai kesembuhannya selama . Subjek penelitian dengan luka bakar derajat II dangkal yang mendapatkan krim esktrak bawang putih konsentrasi 1.5% sembuh dalam waktu , dengan kosentrasi 3.0% , dan dengan konsentrasi 6.0% .

Kesimpulan : Terdapat pengaruh yang dapat ditemukan dalam ekstrak  bawang putih dengan konsentrasi 1.5%, 3.0%, dan 6.0% yang dioleskan pada luka bakar derajat II dangkal.

Fulltext View|Download
Keywords: luka bakar, luka bakar derajat II dangkal, bawang putih, Allium sativum L.

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.