skip to main content

Efektivitas Eceng Gondok (Eichhornia crassipes (Mart.) Solm) sebagai Fitoremediator pada Limbah Cair Produksi Tahu Effectiveness of Eceng Gondok (Eichhornia crassipes (Mart.) Solm) as Phytoremediator for Tofu Production Liquid Waste

*Yulita Dwi Ningrum  -  Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Departemen Sumberdaya Akuatik, Indonesia
Abdul Ghofar  -  Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Departemen Sumberdaya Akuatik, Indonesia
Haeruddin Haeruddin  -  Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Departemen Sumberdaya Akuatik, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2020 Management of Aquatic Resources Journal (MAQUARES) under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

 

Industri tahu saat ini berkembang pesat dan tersebar luas dan rata-rata masih dilakukan dengan teknologi yang sederhana, sehingga pengolahan limbah belum optimal. Akibatnya limbah hasil pengolahan tahu yang dibuang ke perairan belum sepenuhnya sesuai dengan baku mutu yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kemampuan eceng gondok dalam mereduksi bahan pencemar organik limbah cair tahu dengan perlakuan pemberian aerasi dan non aerasi . Penelitian ini dilaksanakan pada 9 Juli – 5 Agustus 2019 di Laboratorium Biologi Manajemen Sumberdaya Perairan, FPIK Universitas Diponegoro, Semarang. Untuk mengetahui pengaruh enceng gondok dalam mereduksi bahan organik dilakukan dengan pemberian aerasi dan non aerasi terhadap limbah dan air kontrol dengan konsentrasi yang telah diperoleh dari hasil uji pendahuluan (6,25%) selama 5 hari dan diulang tiga kali. Variabel yang diamati adalah penurunan amonia, nitrit, COD dan BOD serta variabel pendukung yaitu temperatur, pH dan DO. Hasil penelitian menunjukkan bahwa enceng gondok dengan aerasi mampu mereduksi NH3 95,14%, NO2 29,90%, COD 70,83% dan BOD 29,18%. Sedangkan tanpa aerasi dapat mereduksi NH3 97,07%, NO2 72,47%, COD 63,32% dan BOD 52,12%. Pemberian aerasi tidak berpengaruh secara nyata terhadap penurunan amonia, nitrit, dan COD namun berpengaruh terhadap penurunan BOD. Enceng gondok memiliki efektivitas yang baik untuk mereduksi bahan pencemar pada limbah cair industri tahu.

 

Fulltext View|Download
Keywords: Aerasi; Eceng Gondok; Fitoremediasi; Limbah Cair Tahu

Article Metrics:

Last update: 2021-06-23 10:12:20

No citation recorded.

Last update: 2021-06-23 10:12:20

No citation recorded.