skip to main content

POTENSI DAN PELUANG USAHA MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA PANTAI INDRAYANTI, GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA The Potential and Community Opportunities Business in order to Develop of Indrayanti Beach Tourism Area in Gunungkidul, Yogyakarta

1Progam Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Departemen Sumberdaya Akuatik,, Indonesia

2Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: .
Open Access Copyright (c) 2019 Management of Aquatic Resources Journal under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

 

Pantai Indrayanti menjadi salah satu destinasi pilihan wisata bahari di Kabupaten Gunungkidul, D.I.Yogyakarta yang potensial untuk dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi wisata, pemahaman dan persepsi responden dalam pengembangan wisata, serta peluang usaha masyarakat di kawasan wisata Pantai Indrayanti. Penelitian dilakukan pada bulan Febuari 2019 dengan menggunakan metode studi kasus yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan secara purposive sampling dengan menyebar kuesioner dan wawancara terhadap masing-masing 30 responden wisatawan, masyarakat lokal dan pengelola. Data dianalisis secara deskriptif dengan skala Linkert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi wisata pantai Indrayanti dan wisata kuliner serta sarana prasarana dalam kategori baik. Pemahaman tentang potensi wisata pantai dan persepsi respoden terhadap pengembangan dan peran serta pemerintah termasuk dalam kategori baik. Prospek peluang usaha di Pantai Indrayanti baik dengan jenis usaha yang mempunyai prospek yaitu penyewaan tikar dan payung.

 

ABSTRACT

 

Indrayanti Beach is one of the marine tourism destinations option in the Gunungkidul Regency, D.I.Yogyakarta that potential to be developed. The research aims to find out tourism potential, respondent understanding and perception on tourism development, as well as tourism business opportunity of the residents in Indrayanti Beach. The research was conducted in February 2019 using descriptive qualitative methods. Data were collected using purposive sampling by distributing questionnaire and interviewing 30 respondents of each visitors, local resident and tourism administrator. Data was analyzed descriptively with a Likert Scale. The research showed that coastal potential tourism, culinary tourism and infrastructure can be categorized as ''Good''. Understanding of coastal tourism potential as well as perceptions of development and government participation of respondent can be categorized as ''Good''. The prospect of tourism business opportunities in the Indrayanti Beach was appropriate and the kind of business such as renting mats and umbrellas.

Fulltext View|Download
Keywords: Potensi Wisata; Peluang Usaha; Pantai Indrayanti

Article Metrics:

  1. Ahmad, H. Dan Suyono. 2000. Analisis Data Penelitian, Jakarta: PT. Gramedia
  2. Hidayat, R., dan L. Othman. 2013. Analisis Respon Pengunjung terhadap Objek Wisata CV. Taman Agrowisata Bukit Naang. [Skripsi]. Universitas Riau
  3. Janianton, D. 2005. Poverty Alleviation Through Tourism: From Concept to Implementation. Center for Tourism Study Gadjah Mada University and Coordinatoring Ministry for People’s Welfare Republic of Indonesia Keppel Press Yogyakarta
  4. Lestari, H. D., P. W. Purnomo, dan F. Purwanti. 2017. Strategi Pengmebangan Obyek Wisata Pantai Boom Tuban Berdasarkan Potensi Sosial, Ekonomi dan Ekologi. Journal of Maquares. 6 (4) : 348-347
  5. Marsum, WA. 1991. Restoran dan Segala Permasalahannya. Andi Ofset. Yogyakarta
  6. Murvianti, S. D dan N. S. Arida. 2015. Potensi Pantai Perancak sebagai Daya Tarik Wisata Desa Tebubeneng Kuta Utara Badung. Jurnal Destinasi Pariwisata, 3(2) : 1-7
  7. Pramono, A., dan I. H. Dwimawati. 2015. Strategi Pengembangan Obyek Wisata Pantai di Kabupaten Gunungkidul. Umiversitas Diponegoro
  8. Purnomo, H., B, Sulistyantara dan A, Gunawan. 2013. Peluang Usaha Ekowisata di Kawasan Cagar Alam Pulau Sempu, Jawa Timur. Jurnal Sosial dan Ekonomi Kehutanan. 10 (4) : 247 – 263
  9. Purwanti, F. 2010. Pemilihan Lokasi Untuk Pengembangan Ekowisata. Jurnal Saintek Perikanan. 5 (2) : 19 – 25
  10. Putra Adetiya P. Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Persepsi Terhadap Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Daya Tarik Wisata Air Terjun Selendang Arum, Songgon – Banyuwangi. JUMPA. 5 (1) : 171 – 192
  11. Rani D. P. M. 2014. Pengembangan Potensi Pariwisata Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, (Studi Kasus : Pantai Lombang). Jurnal Politik Muda. 3 (3) : 412-421
  12. Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D; Alfabeta.CV. Bandung
  13. Yasin, M. dan J. Priyono. 2016. Analisis Faktor Usia, Gaji, dan Beban Tanggungan terhadap Produksi Home Industri Sepatu di Sidoarjo (Studi Kasus di Kecamatan Krian). Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 1 (1) : 95-120

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.