skip to main content

VALUASI EKONOMI OBJEK WISATA PANTAI WEDIOMBO KABUPATEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN TRAVEL COST Economic Valuation of Tourism Destination of Wediombo Beach Gunungkidul Regency Yogyakarta with Travel Cost Approach

*Theresia Panjaitan  -  Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Departemen Sumberdaya Akuatik,, Indonesia
Suradi Wijaya Saputra  -  Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Departemen Sumberdaya Akuatik,, Indonesia
Siti Rudiyanti  -  Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Departemen Sumberdaya Akuatik,, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2019 Management of Aquatic Resources Journal under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Pantai Wediombo terletak di  Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Pantai Wediombo merupakan salah satu ekosistem perairan yang memiliki daya tarik untuk dapat dijadikan objek wisata. Manfaat yang diberikan oleh pantai Wediombo belum terukur secara ekonomi sehingga penting untuk dilakukan studi tentang besarnya nilai ekonomi kawasan wisata. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui potensi dan nilai ekonomi Pantai Wediombso. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2019 di Pantai Wediombo. Penelitian menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara kepada 100 wisatawan dan 1 pengelola wisata menggunakan kuisioner dengan teknik sampling accidental sampling. Analisis valuasi ekonomi wisata menggunakan pendekatan Travel Cost Method. Potensi yang dimiliki oleh Pantai Wediombo mencakup keindahan dan kondisi daya tarik pantai termasuk dalam  kategori sangat baik, sarana dan prasarana yang sudah memadai, pelayanan pengelola yang cukup baik serta potensi budaya masyarakat seperti Upacara Ngalangi. Nilai ekonomi Pantai Wediombo sebesar Rp.52.787.622.096,00/tahun dengan rata-rata biaya perjalanan individu sebesar Rp. 208.296,00/kunjungan.

 

ABSTRACT

Wediombo Beach located in Jepitu Village, Girisubo District, Gunungkidul Regency. Wediombo Beach is one of the aquatic ecosystems which has attraction that can be a good tourist destination. The benefits from Wediombo Beach were not yet measure in economic terms and it is important to study the magnitude of the economic value of tourist areas. The purpose of this research is to find out the potential and economic value of the beach. The research held on March at Wediombo Beach. The study used descriptive methods. Data obtained through interviews with 100 tourists and 1 tourism manager using questionnaires with accidental sampling. Analysis of tourism economic valuation using Travel Cost Method approach. The potential of Wediombo Beach including the beauty and conditions of coastal appeal is in a very good category, adequate facilities and infrastructure, good management services and potential cultural communities such as the Ngalangi ceremony. The economic value of Wediombo Beach based on tourist travel cost is about Rp.52.787.622.096.00 / year and average individual travel cost about Rp.208.296 / visit.

Fulltext View|Download
Keywords: Valuasi Ekonomi; Potensi Wisata; Travel Cost Method; Pantai Wediombo

Article Metrics:

  1. Arlius, U. Bulanin, L. Mayasari. 2017. Kajian Kesesuaian Lahan Wisata Pantai di Pulau Angso Duo Kota Pariaman, Sumatera Barat. Dalam: Prosiding Seminar Nasional Kelautan dan Perikanan III di Universitas Trunojoyo Tanggal 7 September 2017. Madura. 1-12
  2. Idris. 2013. Estimasi Nilai Ekonomi Total (Total Economic Value) Sumberdaya Alam dan Lingkungan Danau Singkarak. Jurnal Bumi Lestari. 13(2):355-365
  3. Khoirudin, R., U. Khasanah. 2018. Valuasi Ekonomi Objek Wisata Pantai Parangtritis, Bantul Yogyakarta. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia. 18(2) : 152-166
  4. Margareta, S. 2013. Hubungan Pelaksanaan Sistem Kearsipan Dengan Efektivitas Pengambilan Keputusan Pimpinan. [Skripsi]. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia
  5. Mayasari, C.U. 2017. Strategi Pengembangan Pantai Wediombo Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Khasanah Ilmu. 8(1) : 65-71
  6. Pradana, M. 2016. Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Customade. Jurnal Manajemen. 6(1) : 1-10
  7. Prayudha, A.B., F, Purwanti., dan D, Wijayanto. 2017. Potensi Pengembangan Wisata Air di Waduk Jatibarang, Semarang Berbasis Nilai Ekonomi. Journal of Maquares. 6(2):103-110
  8. Putera, F.H.A., A.E. Sallata. 2015. Valuasi Ekonomi Sumberdaya Di Teluk Palu, Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah. Jurnal Kebijakan Sosek KP. 5(2) : 83-87
  9. Rif’an,A.A. 2018. Daya Tarik Wisata Pantai Wediombo Sebagai Alternatif Wisata Bahari Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Geografi. 10(1): 63-73
  10. Setiawan, L., I.A. Suryasih. 2016. Karakteristik dan Persepsi Wisatawan Terhadap Daya Tarik Wisata Pantai Kata di Kota Pariaman, Sumatera Barat. Jurnal Destinasi Pariwisata. 4(1) : 1-6
  11. Subardin, M., M.K. Yusuf. 2011. Valuasi Ekonomi Menggunakan Metode Travel Cost Pada Taman Wisata Alam Punti Kayu Palembang. Jurnal Ekonomi Pembangunan. 9(2) : 81-89
  12. Sulistyono, N. 2007. Pengantar Ekoturisme: Editor Buku Oding Affandi. Buku Panduan Praktik Pengenalan dan Pengelolaan Hutan Departemen Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara. Medan
  13. Tambunan,E., S.Latifah, P. Patana.2013. Analisis Nilai Ekonomi Obyek Wisata Alam di Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara (Studi Kasus Pemandian Air Panas di Kelurahan Siogung-Ogung, Kecamatan Pangururan). Jurnal Bidang Kehutanan. 2(2) : 81-84

Last update: 2021-06-21 07:32:16

No citation recorded.

Last update: 2021-06-21 07:32:16

No citation recorded.