skip to main content

ANALISIS RANGKA MOBIL GOLF DENGAN MATERIAL KOMPOSIT KARBON MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA KAPASITAS 4 PENUMPANG

*Daniel Sihombing  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Djoeli Satrijo  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Ojo Kurdi  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Mobil listrik merupakan salah satu sarana transportasi yang bisa memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat namun tetap ramah lingkungan karena tidak memiliki polusi atau emisi gas buang.Rangka mempunyai peranan yang sangat vital khususnya sebagai bagian yang paling dasar dari kendaraan yang berfungsi sebagai penopang, terutama pada mobil listrik Garnesa yang termasuk mobil golf. Simulasi modal analysis yang dilakukan pada model rangka mobil bertujuan untuk mengidentifikasi frekuensi pribadi dan modus getar yang dimiliki oleh masing- masing model rangka yang akan dijadikan acuan untuk melakukan simulasi dinamik selanjutnya menggunakan Software Altair Hyperworks 2019. Kriteria ketidaknyamanan dan kesehatan memberikan batas getaran dalam standar ISO 2631. Analisis modal pada penelitian ini dilakukan dengan kondisi bebas free-free (tanpa tumpuan) untuk 10 modus pertama dari rangka mobil. Nilai frekuensi pribadi yang terjadi pada rangka adalah 9.8 Hz. Perhitungan nilai RMS acceleration dengan persamaaan tersebut menggunakan aturan frekuensi sentral 1/3 oktaf. Dari hasil perhitungan nilai RMS tegangan E10101 untuk material composite diperoleh nilai tegangan normal x maksimum sebesar 5,02 MPa pada frekuensi 12,5 Hz. Kemudian nilai tegangan normal y maksimum sebesar 2,71 MPa pada frekuensi 6.3 Hz. Nilai keamanan yang didapatkan dari hasil simulasi statik pada arah longitudinal sebesar 11,28.
Fulltext View|Download
Keywords: altair; mobil listrik; model rangka; simulasi dinamtik
  1. Bahri, S. (2017) ‘Analiisa Peirlakuan Panas Teirhadap Baja Karbon Ns 1045’, Buleitiin Utama Teikniik, 3814
  2. Efendi A. Rancang Bangun Mobil Listrik Sula Politeknik Negeri Subang. J Pendidik Teknol dan Kejuru. 2020;17(1):75
  3. Jazar RN. Vehicle Dynamics Theory and Applications. Springer, New York, NY;
  4. Kaya, , Ö. eit al. (2022) ‘Eileictriic car shariing statiions siitei seileictiion from thei peirspeictiivei of sustaiinabiiliity: A GIiS-baseid multii-criiteiriia deiciisiion makiing approach’, Sustaiinablei Eineirgy Teichnologiieis and Asseissmeints, 52(January). doii: 10.1016/j.seita.2022.102026
  5. Prasad, S. U. eit al. (2020) Automotiivei Chassiis Deisiign Mateiriial Seileictiion for Road and Race Veihiicleis, Journal of Meichaniical Eingiineieiriing Reiseiarch and Deiveilopmeints
  6. Rahman,M. A. (2013) ‘Peimbuatan mobiil liistriik untuk solusii transportasii ramah liingkungan (mobiil baskara)’, Jurnal Riiseit Daeirah, XIiIi(2), pp. 1819–1837
  7. Respati, S. M. B., Katsiir, Ii. and Dzulfiikar, M. (2020) ‘Bodii Mobiil deingan Komposiit Matriiks Fiibeir Carbon-Honeiycomei dan Peinguat Reisiin Lycal’, Jurnal Teikniik Meisiin, 17(2), pp. 29–33. doii: 10.9744/jtm.17.2.29-33
  8. Setyono B, Setiawan Y. Rancang Bangun Sistem Transmisi, Kemudi dan Pengereman Mobil Listrik “Semut Abang.” Semin Nas Sains dan Teknol Terap III 2015. 2015;89–96
  9. Toteileis, A. and Alhaffiis, F. (2021) ‘Analiisiis Mateiriial Kontruksii Chasiis Mobiil Liistriik Laksamana V2 Meinggunakan Softwarei Autodeisk Iinveintor Program Studii Sarjana Teirapan Teikniik Meisiin Produksii dan Peirawatan , Jurusan Teikniik Meisiin , Poliiteikniik Neigeirii Beingkaliis
  10. Wong JY. Theory of Ground Vehicles. John Wiley & Sons, Inc; 2001

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.