skip to main content

Analisis Kegagalan Pada Coil Spring Depan Sepeda Motor Kapasitas 160 CC

*Dosma Ruben R Nababan  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Sri Nugroho  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Rifky Ismail  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Coil spring dalam sepeda motor merupakan komponen penting dalam sistem suspensi kendaraan, dimana coil spring digunakan di sisi depan atau belakang yang fungsinya untuk menyerap energi tumbukan yang diterima roda. Pada penelitian ini coil spring mengalami kegagalan berupa patah sehingga akan dilakukan beberapa pengujian untuk menganalisis mekanisme dan penyebab dari kegagalan tersebut. Pengujian yang dilakukan yaitu pengamatan visual, pengujian komposisi kimia, pengujian metalografi, pengujian kekerasan dan simulasi FEM. Hasil pengamatan visual menunjukkan kegagalan yang dialami coil spring berupa patah lelah yang ditandai dengan adanya crack initiation, crack propagation (beachmark) dan final rupture. Dari pengujian komposisi kimia menunjukkan bahwa material yang digunakan adalah baja SAE 9254 dimana baja ini merupakan baja paduan rendah. Struktur mikro yang terbentuk adalah fasa ferit dan perlit, dikarenakan tidak adanya proses quenching and tempering pada proses produksi coil spring. Hasil pengujian kekerasan menunjukkan jika material memiliki kekerasan rata-rata 216,6 HV hal ini membuktikan bahwa tidak adanya proses quenching and tempering pada proses produksi coil spring. Pada hasil simulasi FEM menunjukkan bahwa tegangan tidak melebihi yield strength material.

Fulltext View|Download
Keywords: coil spring; patah lelah; sae 9254
  1. Alsahlani, A., Khashan, M. K., & Khaleel, H. H., 2018. Design and analysis of coil spring in vehicles using finite elements method. International Journal of Mechanical and Production Engineering Research and Development, 8(4), 615–624
  2. Zhu, Y., Wang, Y., & Huang, Y. 2014. Failure analysis of a helical compression spring for a heavy vehicle’s suspension system. Case Studies in Engineering Failure Analysis, 2(2), 169–173
  3. Werner, B. T., Antoun, B. R., & Sartor, G. B. 2016. Thermal degradation of extension springs. In Challenges in Mechanics of Time Dependent Materials, 2(1)
  4. Liu, L., Sun, F., Liu, Z., Tian, L., Liu, C., Xu, N., Ding, N., & Zhang, M. 2023. Failure analysis and finite element assessment of a torsion spring. Engineering Failure Analysis, 146, 107096
  5. Floyd, C., Bournelis, I., & Clark, C. 2016. Use of Volute Springs in Space Applications. NASA Ames Research Center
  6. Amiruddin, A., & Alisyahnara Lubis, F. (2018). MEKANIK. In Teknik Mesin ITM, 4(2)
  7. Kurniawan, R. T., Wibisono, A. T., & Noerochim, L. (2017). Analisis Kegagalan Komponen Spring Rod dalam Spring Suspension Assembly pada Coal Mill Tuban I PT. Semen Indonesia Tbk. Jurnal Teknik ITS, 6(2), F376-F380
  8. . Wulpi DJ., 1999. Understanding How Components Fail
  9. Azwinur, A., Ismy, A. S., Nanda, R., & Ferdiyansyah, F. 2020. Pengaruh arus pengelasan SMAW terhadap kekuatan sambungan las double lap joint pada material AISI 1050. Journal of Welding Technology, 2(1), 1-7
  10. Siddiq, M., Nurdin, N., & Amalia, I. 2019. Pengaruh jenis kampuh terhadap ketangguhan sambungan pengelasan material St37 dengan AISI 1050 menggunakan proses SMAW. Journal of Welding Technology, 1(1), 11-16

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.