skip to main content

PENINGKATAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU PENCEGAHAN GIZI LEBIH MELALUI EDUTAINMENT “CERITAKAN GIZI SERUKAN SEHAT” PADA REMAJA DI SEKOLAH

Departemen Ilmu Gizi, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia

Received: 14 Nov 2024; Revised: 12 Feb 2025; Accepted: 17 Feb 2025; Available online: 30 Jul 2025; Published: 30 Jul 2025.

Citation Format:
Abstract

ABSTRACT                                                                                   

Background: The prevalence of overweight status among adolescents in Banten reaches 15.8%, indicating a very high public health problem based on WHO indicators. An unbalanced diet and low nutritional knowledge will affect the risk of overweight status. To prevent overweight, nutritional interventions are needed through the implementation of a balanced diet and changes in snacking habits as well as healthy living. Edutainment media is believed to support nutritional interventions because it combines learning with entertainment.

Objectives: The purpose of this research is to examine the influence of the Edutainment program "CERITAKAN GIZI SERUKAN SEHAT" on the improvement of knowledge, attitudes, and behaviors in preventing overnutrition among adolescents in schools.

Methods: The type of this research is quasi-experimental with a non-equivalent control group design. Purposive sampling with a sample size of 76 respondents divided into 2 groups. Knowledge and attitude data regarding the prevention of overnutrition were measured using a structured questionnaire. Behavioral data were determined by the ability to read food labels and the consumption habits of packaged snacks, measured using case studies and FFQ. Data analysis used Wilcoxon, Independent T-test, and Mann Whitney.

Results: The results of the study showed that there are differences in knowledge, attitudes, and behavior regarding the prevention of overnutrition between before and after the intervention (P <0.005) in both the experimental and control groups. There is an influence of edutainment provision evident in the increase in knowledge (P=0.000), attitudes (P=0.003), and food label reading skills (P=0.040), although different results were observed in the consumption habits of packaged snacks (p>0.05). The combination of edutainment media in the form of videos and games can enhance knowledge by presenting information in an engaging manner and involving more than one sense, making it easier for respondents to remember the information conveyed.

Conclusion: Edutainment media has a greater influence on changes in knowledge, attitudes, and skills in reading food labels regarding the prevention of overnutrition among adolescents in schools.

 

ABSTRAK

Latar belakang: Prevalensi status gizi lebih pada remaja di Banten mencapai 15,8%, yang menunjukkan masalah kesehatan masyarakat sangat tinggi berdasarkan indikator WHO. Pola makan yang tidak seimbang serta pengetahuan gizi yang rendah akan mempengaruhi risiko terjadinya status gizi lebih. Untuk mencegah gizi lebih, intervensi gizi diperlukan melalui penerapan gizi seimbang, dan perubahan kebiasaan jajan serta hidup sehat. Media edutainment diduga dapat mendukung intervensi gizi karena menggabungkan antara pembelajaran dengan hiburan.

Tujuan: Tujuan dari penelitian ini untuk melihat pengaruh pemberian Edutainment “CERITAKAN GIZI SERUKAN SEHAT” terhadap peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku pencegahan gizi lebih pada Remaja di Sekolah.

Metode: Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan rancangan non-equivalent control group design. Purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 76 responden dibagi dalam 2 kelompok. Data pengetahuan dan sikap mengenai pencegahan gizi lebih diukur menggunakan kuesioner terstruktur. Data perilaku ditentukan dengan keterampilan membaca label pangan dan kebiasaan konsumsi jajanan kemasan yang diukur menggunakan studi kasus dan FFQ.  Analisis data menggunakan Wilcoxon, Independent T-test dan Mann Whitney.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan, sikap, dan perilaku pencegahan gizi lebih antara sebelum dan sesudah intervensi (P <0,005) baik pada kelompok eksperimen maupun kontrol. Terdapat pengaruh pemberian edutainment yang terlihat pada peningkatan pengetahuan (P=0,000), sikap (P=0,003), dan keterampilan membaca label pangan (P=0,040), meskipun hasil yang berbeda terlihat pada kebiasaan konsumsi jajanan kemasan (p>0,05). Penggabungan media edutainment berupa video dan permainan dapat meningkatkan pengetahuan dengan menyajikan informasi secara menarik dan melibatkan lebih dari satu panca indra, sehingga memudahkan responden mengingat informasi yang disampaikan.

Simpulan: Media edutainment lebih berpengaruh terhadap perubahan pengetahuan, sikap, dan keterampilan membaca label pangan mengenai pencegahan gizi lebih pada remaja di sekolah.

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  common.other
PENINGKATAN PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU PENCEGAHAN GIZI LEBIH MELALUI EDUTAINMENT “CERITAKAN GIZI SERUKAN SEHAT” PADA REMAJA DI SEKOLAH
Subject
Type Other
  Download (172KB)    Indexing metadata
Keywords: edutainment; gizi lebih; pengetahuan; perilaku; sikap

Article Metrics:

  1. Kemenkes Ri. Laporan Provinsi Banten Riset Kesehatan Dasar 2018. Jakarta: Kementerian Kesehatan Indonesia; 2018
  2. Who. Interpretation Guide. Nutrition Landscape Information System (Nlis) Country Profile; 2018
  3. Khusun, H. et al. Breakfast Consumption and Quality Of Macro- And Micronutrient Intake in Indonesia:A Study from the Indonesian Food Barometer. Nutrients. 2023; 15: 1-16: https://doi.org/10.3390/ nu15173792
  4. Ikrima, I. R., Giriwono, P. E. & Rahayu, W. P. Pemahaman dan Penerimaan Label Gizi Front Of Pack Produk Snack Oleh Siswa SMA di Depok. J. Mutu Pangan. 2023; 10: 42–53
  5. Hanani, R., Badrah, S. & Noviasty, R. Pola Makan, Aktivitas Fisik dan Genetik Mempengaruhi Kejadian Obesitas pada Remaja. Jurnal Kesehatan Metro Sai Wawai. 2021; 14(2): 120 - 129: http://dx.doi.org/10.26630/jkm.v14i2.2665
  6. Dewita, E. Hubungan Pola Makan dengan Kejadian Obesitas pada Remaja di SMA Negeri 2 Tambang. J.Kesehatan Tambusai. 2021; 2 (1): 7-14
  7. Cahyaningtyas, M. D. Hubungan Frekuensi Konsumsi Minuman Berkalori Dengan Status Gizi Pada Siswa Di Sma Negeri 5 Surakarta. [Skripsi]. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2018
  8. Rany, E. A. Hubungan Asupan Energi, Pengetahuan Gizi dan Aktifitas Fisik dengan Kejadian Overweight pada Anggota Polisi di Polsek Tampan Pekanbaru Tahun 2017. J. Kesehat. Komunitas. 2018; 4(2): 1 - 6: https://doi.org/10.25311/keskom.Vol4.Iss2.234
  9. Fitriani, R., Dewanti, L. P., Kuswari, M., Gifari, N. & Wahyuni, Y. Hubungan antara Pengetahuan Gizi Seimbang, Citra Tubuh, Tingkat Kecukupan Energi dan Zat Gizi Makro dengan Status Gizi pada Siswa. J. Heal and Sci Community. 2020; 4(1): 29 - 38
  10. Haryono, S. G., Maulida, N. R. & Ashari, C. R. Pengaruh Emo Demo terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Serta Keragaman Makan Balita Di Desa Langensari, Banten. JGPS. 2023; 7 (2): 164–179: 10.20884/1.jgipas.2023.7.2.8933
  11. Pratama, L. D., Lestari, W. & Astutik, I. Efektifitas Penggunaan Media Edutainment di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 2020: 9 (2); 413 - 423: https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2783
  12. Kusumastuty, I. et al. Pemanfaatan Video Edukasi dalam Perbaikan Pengetahuan Gizi pada Remaja. Smart Soc. Empower. J. 2021: 1 (3); 76–80
  13. Anugrah, R. M., Kartika, W. D. & Fatkhis, A. Y. The Effect Of Nutritional Education Through Ladder Snake Game On Nutritional Knowledge Of Adolescent. JGK. 2018: 10 (24); 212–218
  14. Wijayanti, T. S., Fayasari, A. & Khasanah, T. A. Permainan Edukasi Ular Tangga Meningkatkan Pengetahuan dan Konsumsi Sayur Buah pada Remaja di Jakarta Selatan. J. Nutr. Coll. 2021: 10 (1); 18–25
  15. Safitri, N. R. D. & Fitranti, D. Y. Pengaruh Edukasi Gizi dengan Ceramah dan Booklet terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Gizi Remaja Overweight. J. Nutr. Coll. 2016: 5 (4); 374–380
  16. Sakinah, I. & Nurdianty, M. I. Konsumsi Minuman dan Makanan Kemasan serta Aktivitas Fisik dengan Kejadian Gizi Lebih pada Remaja Di Jakarta. Nutr. Diaita. 2022: 14 (1); 8–14
  17. Isnawan, M. G. Kuasi-Eksperimen: Pemahaman Prasyarat Singkat (Sebelum Teknik Analisis Data) pada Desain Penelitian Kuasi-Eksperimen [E-book]. Nashir Al-Kutub Indonesia;2020 (Diunduh 15 Juli 2024)
  18. Lestari, W. A. & Iswahyudi. Upaya Pencegahan Obesitas Remaja Melalui Pendampingan dan Edukasi Label Gizi Serta Penerapan Kunci Jajan Sehat Bergizi. J. Pengabdi. dan Pemberdaya. Masy. 2024: 8 (1); 177–184; DOI: 10.30595/jppm.v8i1.14483
  19. Maulida, N. R. et al. Hubungan Pengetahuan Gizi dan Kebiasaan Sarapan Dengan Asupan Energi pada Siswa SMAN 81 Jakarta Timur. Binawan Student J. 2024: 6 (4); https://doi.org/10.54771/14y8xk37
  20. Sekti, R. M., Fayasari, A., Edukasi Gizi dengan Media Audiovisual terhadap Pola Konsumsi Sayur Buah pada Remaja SMP di Jakarta Timur. J. Ilmiah Kesehatan. 2019: 1 (2); 77 - 88; https://doi.org/10.36590/jika.v1i2.15
  21. Tambunan, G. N., Syamsul, D. & Asriwati. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Jajan Anak di SD Wilayah Kerja Puskesmas Matiti Kecamatan Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan. Promotif. J. Kesehat. Masy.2019: 9 (1); 65–75
  22. Fridayanti, D. V. & Prameswari, G. N. Peran UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) dalam Upaya Penanggulangan Obesitas pada Anak Usia Sekolah. J. Heal. Educ. 2016: 1 (2); 8 - 14
  23. Fadila, A. R. & Kurniasari, R. Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Media Terhadap Peningkatan Pengetahuan dalam Upaya Pencegahan Obesitas pada Remaja di MTs Al-Khairiyah. J. Utuk Masy. Sehat. 2022: 6 (2); 113–119
  24. Mukhniyati, A. M., Yusuf, K., Mashithah, S., Musdalifah & Mustary, M. Pengaruh Edukasi Gizi Berbasis Edutainment Terhadap Pengetahuan dan Perilaku Konsumsi Sayur dan Buah pada Siswa SDN 5 Barandasi. J. Gizi Komunitas. 2021: 13 (2); 57–65
  25. Farhan, K., Maulida, N. R. & Lestari, W. A. Pengaruh Edukasi Anemia Melalui Media Video Terhadap Pengetahuan , Sikap , Serta Keberagaman Konsumsi Makanan Remaja. J. Nutr. Coll. 2024: 13 (2); 127–138
  26. Septiana, P. & Suebah. Edukasi Media Kartu Bergambar Berpengaruh Terhadap Pengetahuan dan Sikap Dalam Pemilihan Jajanan Sehat di SD Negeri Pontianak Utara. Pontianak Nutr. J. 2018: 1 (2); 50–59
  27. Safitri, Y. L., Sulistyowati, E. & Ambarwati, R. Pengaruh Edukasi Gizi Dengan Media Puzzle Terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Sayur dan Buah pada Anak Sekolah Dasar. J. Nutr. Coll. 2021: 10 (2); 100–104
  28. Iklima, N. Gambaran Pemilihan Makanan Jajanan Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Keperawatan BSI. 2017: 5 (1); 8–17
  29. Yuliana, I., Sari, I. P. & Febry, F. Peningkatan Keterampilan Mahasiswa Dalam Membaca Label Informasi Nilai Gizi Menggunakan Media Booklet Digital. J. Pkm; Pengabdi. Kpd. Mayarakat. 2023: 06 (03); 312–318

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.