skip to main content

HUBUNGAN PENGETAHAN GIZI DENGAN ASUPAN ENERGI, PROTEIN, PHOSPHOR, DAN KALIUM PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK DENGAN HEMODIALISIS RUTIN DI RSUD TUGUREJO SEMARANG

Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 22 Jan 2014; Published: 27 Jan 2014.

Citation Format:
Abstract

Latar belakang: Asupan makan pasien Penyakit Ginjal Kronik (PGK) cenderung rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi asupan makan adalah pengetahuan gizi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan gizi dengan asupan energi, protein, phosphor, dan kalium pasien PGK dengan HD rutin di RSUD Tugurejo Semarang.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian crossectional. Subjek penelitian adalah pasien PGK dengan hemodialisis rutin. Jumlah subjek sebanyak 27 pasien, yang diambil secara quota sampling. Data umur, tingkat pendidikan, pekerjaan, riwayat mual/muntah, lama hemodialisis dan pengetahuan gizi diperoleh dari kuesioner. Data asupan energi, protein, phosphor, dan kalium diukur dengan food record 3 hari. Analisis data menggunakan uji Pearson dan Spearman.

Hasil: Subjek, terdiri atas 59,3% laki-laki, pendidikan subjek 55,6% SMA, 33,3% subjek bekerja sebagai pegawai swasta, dan 96,3% subjek tidak mempunyai riwayat mual/muntah. Sebanyak 96,3% subjek asupan energi dan proteinnya tidak baik, 55,6% asupan kaliumnya baik, 88,8% asupan phospornya tidak baik, dan 92,6% subjek mempunyai pengetahuan gizi yang rendah. Ada hubungan antara pengetahuan gizi dengan asupan protein (p=0,026). Tidak ada hubungan antara pengetahuan gizi dengan asupan energi (p=0,871), asupan phosphor (p=0,250), dan asupan kalium (p=0,901).

Kesimpulan: Pengetahuan gizi berhubungan dengan asupan protein, tapi tidak berhubungan dengan asupan energi, phosphor, dan kalium

Fulltext View|Download
Keywords: Pengetahuan gizi; energi; protein; phosphor; kalium; penyakit ginjal kronik

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.