skip to main content

HUBUNGAN ANTARA ASUPAN ENERGI DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN PERSEN LEMAK TUBUH PADA WANITA PESERTA SENAM AEROBIK

Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 20 Jan 2014; Published: 27 Jan 2014.

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang : Lemak tubuh yang melebihi batas normal dapat meningkatkan risiko berbagai macam penyakit. Penumpukan lemak tubuh dapat terjadi akibat adanya ketidakseimbangan energi yaitu asupan energi berlebih dan aktivitas fisik  kurang yang terjadi dalam jangka waktu lama. Aktivitas fisik dapat ditingkatkan dengan melakukan olahraga. Senam aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat menurunkan lemak tubuh. Penelitian bertujuan untuk mengetahui  hubungan antara asupan energi dan aktivitas fisik dengan persen lemak tubuh  wanita peserta senam aerobik.

Metode : Penelitian observasional  dengan rancangan cross-sectional bertempat di Sanggar Senam St.Anna Kota Semarang . Sampel berjumlah 60 subjek yang merupakan wanita  peserta senam aerobik usia 20-40 tahun dan dipilih menggunakan metode consecutive sampling. Persen lemak tubuh diukur menggunakan Bioelectrical Impedence Analysis (BIA). Asupan energi dan aktivitas fisik diperoleh dengan wawancara menggunakan FFQ semi kuantitatif dan recall aktivitas fisik 2x24 jam. Data dianalisis menggunakan uji korelasi pearson dan uji regresi linier ganda.

Hasil : Asupan energi berkorelasi positif bermakna dengan persen lemak tubuh (r = 0,228 ; p = 0,080) sedangkan aktivitas fisik berkorelasi negatif bermakan dengan persen lemak tubuh  (r = -0,357 ; p = 0,005). Uji multivariat pada penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas fisik yang  paling berhubungan dengan persen lemak tubuh ( R2 = 12,8 % dan p = 0,005).

Simpulan : Asupan energi berkorelasi positif tidak bermakna dengan persen lemak tubuh sedangkan aktivitas fisik berkorelasi negatif bermakna dengan persen lemak tubuh.

Fulltext View|Download
Keywords: asupan energi, aktivitas fisik, persen lemak tubuh, senam aerobik

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.