skip to main content

PENGARUH PEMBERIAN ANGKAK (RED YEAST RICE) TERHADAP KADAR KOLESTEROL LDL DAN HDL PADA WANITA DISLIPIDEMIA

Published: .

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang: Dislipidemia merupakan salah satu faktor risiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah.  Monakolin K yang terdapat pada angkak (Red Yeast Rice)  dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kadar HDL dengan cara menghambat kerja HMG-KoA reduktase sehingga pembentukan kolesterol akan terhambat.

Metode: Jenis penelitian adalah true experimental dengan rancangan pre-post control group design. Subyek adalah wanita dislipidemia dengan kadar kolesterol LDL >120 mg/dl dan HDL < 50mg/dl, dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok kontrol yang diberi placebo dan kelompok perlakuan yang diberi angkak 4.8 g/hari. Intervensi dilakuan selama 14 hari. Metode phosphotungstic precipitation digunakan untuk menganalisis kadar kolestrol HDL dan metode perhitungan digunakan untuk menganalisis kadar LDL, darah diambil setelah subyek berpuasa selama 10 jam. Uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk. Analisis statistik menggunakan uji dependent t-test, Wilcoxon, independent t-test dan Mann-Whitney.

Hasil : Tidak terdapat pengaruh pemberian angkak (RYR) 4.8 g/hari pada kadar LDL dan HDL  sebelum dan sesudah intervensi 152.91 mg/dl, 163.73 mg/dl dan 43.11 mg/dl, 44.05 mg/dl . Secara  statistik menunjukkan tidak ada perbedaan penurunan kadar LDL dan peningkatan kadar HDL sebelum dan sesudah penelitian.

Kesimpulan : Konsumsi angkak dengan dosis 4.8 g/hari selama 14 hari tidak berpengaruh terhadap kadar kolesterol LDL dan HDL pada wanita dislipidemia. Tidak ada perbedaan kadar kolesterol LDL dan HDL antara kelompok kontrol dan perlakuan.

Fulltext View|Download
Keywords: angkak (red yeast rice); koleterol LDL; kolesterol HDL; dislipidemia

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.