skip to main content

PENAMBAHAN GEMBILI PADA FLAKES JEWAWUT IKAN GABUS SEBAGAI ALTERNATIF MAKANAN TAMBAHAN ANAK GIZI KURANG

*Bernadheta Gisca I.D  -  , Indonesia
Arintina Rahayuni  -  , Indonesia
Published: .

Citation Format:
Abstract

Latar belakang : Angka prevalensi gizi kurang, dari tahun 2007 sampai 2010 tidak mengalami penurunan. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah pada anak gizi kurang adalah dengan pemberian makanan tambahan (PMT). Salah satu jenis makanan yang dapat dijadikan makanan tambahan anak gizi kurang adalah flakes dengan bahan jewawut, ikan gabus, dan gembili. 

Tujuan : Menganalisis pengaruh penambahan tepung gembili terhadap kadar protein, Fe, nilai Kalori, tingkat kerenyahan dan tingkat penerimaan flakes jewawut ikan gabus.       

Metode : Penelitian merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan acak lengkap menggunakan 3 penambahan tepung gembili 5%, 10%, 15% dan satu kontrol. Analisis statistik dari kadar  protein, Fe, nilai Kalori dan tingkat kerenyahan diuji dengan one Way Anova sedangkan analisis data hasil tingkat penerimaan diuji menggunakan Friedman

Hasil : Perbedaan persentase penambahan tepung gembili secara bermakna berpengaruh terhadap peningkatan kadar protein dan kadar Fe, tetapi tidak berpengaruh terhadap nilai kalori dan tingkat kerenyahan flakes. Penambahan tepung gembili berpengaruh nyata terhadap tingkat penerimaan warna dan teksture, tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap rasa dan aroma flakes.

Simpulan : Berdasarkan kadar protein, Fe, nilai kalori, tingkat kerenyahan,dan tingkat penerimaan flakes yang direkomendasikan adalah flakes dengan penambahan tepung gembili 10%.

Fulltext View|Download
Keywords: Tepung gembili; flakes; kadar protein; kadar Fe; nilai Kalori; tingkat kerenyahan

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.